10 Cara Diet Dengan Teh Hijau Yang Benar dan Paling Cepat (#Teruji)

Cara diet dengan Teh hijau merupakan salah satu tanaman teh yang sedang populer di Indonesia. Menurut sejarahnya teh ini sudah ada di negeri ini semenjak belanda menjajah dan memaksa masyarakat Indonesia menanam the hijau untuk diekspor ke daerah asal mereka. Sedangkan di negara  Jepang the ini sudah ada semenjak abad ke-6 masehi dibawah pengaruh Cina.

ads

baca juga :

Cara Diet Dengan Teh Hijau

Cara Diet Dengan Teh HijauSeperti tanaman teh lainnya, the hijau merupakan tanaman yang diambil daunnya dan di seduh untuk disajikan dalam bentuk minuman. Teh hijau mampu menggantikan minuman kopi atau the lainnya karena kandungan kafein yang lebih sedikit dan lebih sehat. Teh hijau sangat terkenal di bagian Asia Tenggara, Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Jepang, Timur Tengah dan sekarang semakin populer negara bagian Barat. Salah satu kandungan yang terkenal dari the hijau adalah Gugus Katekin, yang berkhasiat menghambat tumorgenesis pada tahap inisiai, promosi, dan progresi.

Penggunaan teh hijau ini juga semakin beragam, tidak hanya untuk minuman tetapi sudah digunakan masyarakat untuk pewarna dan perasa alami dari kue, campuran kosmetik, hingga dijadikannya suplemen makanan. Khasiat teh hijau itu sendiri diantaranya untuk kesehatan, keindahan kulit, bagi ibu hamil, menjaga tekanan darah, hingga menjaga berat badan tubuh. Nah, salah satu masalah yang sering dialami oleh masyarakat adalah berat badan yang berlebihan. The hijau yang memiliki kandungan antioksidan serta mampu membakar lemak menjadikannya sebagai salah satu obat diet yang digemari masyarakat.

baca juga :

Agar diet menggunakan teh hijau ini berhasil ada 10 Cara diet dengan Teh hijau yang dapat kita gunakan, diantaranya :

1. Meminum Teh Hijau sebagai Kebiasaan

Seperti di Jepang mereka memiliki tradisi meminum teh hijau di beberapa kesempatan. Hal ini juga bisa kita terapkan agar diet kita berhasil. Biasakanlah mengganti minuman kita ketika sarapan, gunakan teh hijau sebagai asupan cairan kedalam tubuh. Selain waktu tersebut, siang hari dan malam sebelum tidur juga waktu yang pas untuk meminum teh hijau sebagai obat diet.

2. Konsumsi Teh Hijau sebanyak 3-6 Kali Sehari

Seperti yang dijelaskan diatas ada tiga waktu yang tepat untuk meminum teh hijau sebagai obat diet yang tepat. Pada pagi hari, siang, dan malam hari. Selain di waktu tersebut, meminum teh di sore hari ketika kita duduk-duduk santai juga menjadi alternative waktu yang tepat meminum teh dari negeri sebrang ini.

Namun untuk kita perhatikan, mengkonsumsi teh hijau secara berlebihan juga tidak bagus untuk kesehatan kita. Salah satu dampak yang akan kita alami jika mengkonsumsi secara berlebihan adalah terganggunya penyerapan zat besi pada tubuh sehingga mengakibatkan kita menderita Anemia. Mengkonsumsi paling banyak enam gelas perhari adalah batas maksimal yang bisa diterima tubuh kebanyakan masyakarat Indonesia.

3. Minumlah Teh Hijau Sebagai Pengganti Lapar

Ini salah satu cara yang ampuh untuk program diet yang kita jalani. Nafsu makan yang kurang terkontrol dan bukan pada waktunya bisa mengakibatkan berat badan yang berlebihan, ketika hal ini terjadi kita bisa menggantikan rasa lapar tersebut dengan mengkonsumsi teh hijau. Setiap kita merasa lapar, konsumsilah segelas teh hijau untuk menahan rasa lapar lebih lama sampai waktu makan datang. Untuk pertama kali kita melakukan program diet, ini mungkin akan terasa berat, namun dengan membiasakan makan di waktu yang telah ditentukan, lama-lama kita akan terbiasa.

baca juga :

4. Mengkonsumsi Teh Hijau Tanpa Menggunakan Campuran

Ada beberapa bahan campuran yang bisa merusak kegunaan teh hijau sebagai obat diet. Diantaranya yaitu gula dan krim. Jangan campurkan gula dan krim ketika mengkonsumsi teh hijau, karena akan merusak kasiat teh hijau sebagai obat diet. Selain itu, ada bahan campuran yang mampu menambah kasiat teh hijau tersebut, yaitu perasan air jeruk nipis. Ketika kita akan mengkonsumsi segelas teh hijau, kita bisa menambahkan satu sendok perasan jeruk nipis. Karena dari beberapa penelitian telah membuktikan perasan jeruk nipis dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Menambahkan perasan jeruk nipis mungkin akan menganggu pengguna yang memiliki riwayat sakit mag, untuk penderita penyakit tersebut tidak dianjurkan untuk mengkonsumsin perasan jeruk nipis, karena mengkonsumsi teh hijau saja tanpa perasan sudah terasa enak.

5. Meminum Teh Hijau Sebelum Makan

Setelah menerapkan minum teh sebagai kebiasaan, hal yang harus kita perhatikan lagi adalah jam ketika kita mengkonsumsi teh tersebut. Saat yang paling tepat kita mengkonsumsi teh hijau adalah sesaat sebelum makan. Selain dapat mengontrol nafsu makan kita, teh hijau juga dapat sebagai alat penunda lapar sehingga makanan yang masuk kedalam tubuh kita tidak berlebihan. Usahakanlah kita menghabiskan satu gelas teh hijau sesaat sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam.

6. Pilihlah Teh Hijau Yang Tepat

Selain memperhatikan bagaimana cara kita mengkonsumsi teh hijau tersebut, kita juga harus memperhatikan jenis teh hijau yang bagus untuk mendukung program diet kita. Sebenarnya teh hijau yang ada di pasaran memiliki khasiat yang sama untuk menjaga berat badan kita. namun merk yang bagus untuk diet adalah teh hijau dengan jenis Matcha. Teh matcha lebih berkhasiat daripada jenis teh lain karena memiliki 137 kali lebih antioksidan dibandingkan dengan teh jenis lain.

7. Konsumsi Teh Dalam Keadaan Hangat Lebih Baik

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal minumlah teh hijau dalam keadaan hangat. Karena ada beberapa orang percaya teh yang dingin malah dapat mendatangkan bahaya bagi tubuh kita, alih-alih mendatangkan manfaat. Kita bisa menyeduh teh dalam kondisi suhu air 80-90 derajat celsius, dan mendiamkannya beberapa menit lalu konsumsi sebelum dingin. Selain teh hijau dalam keadaan hangat lebih berkhasiat, teh hijau yang hangat juga mampu mendatangkan kenyamanan didalam tubuh kita.


8. Pilihlah Teh Hijau Herbal Tanpa Campuran

Cara diet dengan Teh hijau yang selanjutnya adalah memilih dengan cermat teh hijau tanpa campuran bahan kimia lainnya. Banyaknya jenis teh yang ada ditengah-tengah masyarakat mengharuskan kita harus lebih jeli untuk meningkatkan keberhasilan program diet  kita. Banyak teh hijau yang ditawarkan sudah tercampur dan terkadang memiliki kafein lebih tinggi. Kita harus jeli memilih agar teh yang kita konsumsi adalah teh herbal yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu teh herbal tanpa kafein juga aman dikonsumsi di penghujung hari ketika kita akan berangkat tidur. Teh dengan campuran kafein akan mengganggu waktu tidur kita, dan tidak baik dikonsumsi sebelum tidur, berbeda dengan teh herbal tanpa kafein.

9. Cari Teh Dengan Kualitas Terbaik

Selain jenis teh yang harus kita perhatikan adalah kualitas teh tersebut. Pilihlah teh yang terjamin bahannya sehingga kualitas teh tersebut juga terjamin. Tidak ada salahnya sebelum kita membeli teh hijau kita melakukan riset kecil-kecilan terhadap produk-produk teh yang ada di pasaran.

      10. Menjaga Motivasi Dan Jangan Sampai Bosan

Indra pengecap kita memiliki titik jenuh terhadap satu rasa tertentu. Agar hal tersebut tidak terjadi ketika kita menjalakan program diet menggunakan teh hijau, variasikan rasa yang kita konsumsi. Ini dapat kita akali dengan bahan tambahan yang kita sebut diatas. Bisa terkadang kita hanya meminum teh hijau tanpa tambahan apapun, atau bisa kita menambah satu sendok jeruk nipis.

baca juga :

Selain itu menjaga motivasi juga harus kita lakukan, agar kita tetap pada niat awal ketika ingin menjalankan program diet. Ingat dan jika perlu tulis agar motivasi kita tetap terjaga seperti semula.

Tips Menyimpan Teh Hijau Untuk Diet

Setelah mengetahui beberapa cara yang dapat kita gunakan sebagai program diet menggunakan teh hijau, kita juga harus tau cara penyimpanan yang baik agar khasiat teh hijau tetap terjaga. Beberapa tips yang harus kita perhatikan dalam menyimpan teh hijau sebagai berikut :


1. Simpanlah ditempat yang kering

Pertama hal yang harus kita perhatikan adalah tempat penyimpanan teh harus kering dan tidak lembab. Karena tempat yang lembab lebih rentan terkena bakteri daripada tempat yang kering. Menyimpan teh hijau tidak dianjurkan  didalam kulkas. Daun teh yang lembab sebelum di seduh akan merubah rasanya menjadi kurang enak dan mempercepat proses pembusukan.

Baca Juga :

2. Gunakan wadah tertutup

Untuk menjaga khasiat daun teh hijau lebih baik, gunakan wadah tertutup secara keseluruhan. Jangan gunakan wadah yang bening karena wadah bening akan mudah ditembus oleh sinar matahari langsung. Selain tidak menggunakan wadah bening, pastikan wadah yang kita gunakan bisa tertutup rapat. Ini berfungsi sebagai pencegahan udara masuk secara bebas sehingga mengurangi khasiat dari teh hijau itu sendiri.

3. Hindari dari bau yang menyengat

Bau yang menyengat seperti durian, bensin, dan jenis parfum akan merusak rasa dari teh hijau.  Walaupun teh sudah dalam keadaan tertutup atau telah dibungkus dengan kertas khusus, teh tetap bisa menyerap bau yang ada disekelilingnya. Tentu bau lain yang tercium ketika kita menyeduh teh membuat kita tidak nyaman dan mengurangi nikmat teh hijau itu sendiri.

4. Gunakan Aluminium Foil

Memastikan teh kita tersimpan rapi, tidak lembab dan berbau alangkah baiknya jika kita menggunakan Aluminium foil terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam wadah. Aluminium foil juga menjaga teh hijau dari terpaan sinar matahari langsung sehingga teh hijau kita lebih awet dibandingkan teh hijau yang disimpan secara langsung di wadah.

Baca Juga :

Jangan sampai karena kelalaian kita dalam menyimpan teh hijau secara baik, sehingga teh yang kita konsumsi tidak bermanfaat bagi tubuh. Meminum teh hijau tidak hanya sebagai tren saja, tetapi didalam seduhan teh hijau tersimpan manfaat yang banyak untuk kesehatan. Rutin minum teh hijau selain menjaga tubuh kita tetap ideal juga akan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit.


, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan