4 Cara Diet Dengan Kurma Secara Alami dan Terbukti Paling Efektif

Cara diet dengan kurma merupakan salah satu jenis buah yang cukup banyak digemari oleh masyarakat. Buah dengan nama latin Phoenix Dactylifera ini akan sangat mudah kita temukan saat bulan Ramadhan tiba, dimana para kaum muslim melaksanakan ibadah puasa di bulan tersebut. Namun meski begitu, tidak menutup kemungkinan juga kita bisa menemukan buah kurma di luar bulan ramadhan.

ads

Baca Juga :

Cara Diet Dengan Kurma

Cara Diet Dengan KurmaBuah kurma biasanya banyak dikonsumsi saat berbuka dan juga saat sahur. Buah ini memiliki rasa yang manis sehingga sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain itu, buah ini juga cukup kaya akan kandungan serat sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

Namun, selain baik dikonsumsi saat berbuka puasa dan saat sahur, ternyata buah kurma juga sangat baik untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang diet. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan sajian informasi tentang cara diet dengan buah kurma.

1. Menjadikan Kurma Sebagai Menu Sahur dan Berbuka

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan buah kurma adalah dengan menjadikan buah kurma sebagai menu sahur dan juga menu berbuka. Hal ini memang sudah lumrah di lakukan ketika bulan ramadhan, namun tetap perlu diingat, jika ingin diet berhasil kita tidak boleh makan terlalu banyak saat berbuka. Cukup makan kurma beberapa buah saja lalu minum air kelapa muda beserta dengan daging kelapa mudanya. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak.

Dengan mengkonsumsi kurma saat berbuka dan juga saat sahur, tubuh kita akan tetap berenergi meski sedang berpuasa dan juga sedang diet. Selain itu pencernaan kita juga akan tetap lancar karena adanya kandungan serat yang terdapat pada kurma. Dan jika bulan Ramadhan sudah lewat, kita bisa mencoba metode ini di setiap hari senin dan kamis atau bisa juga dengan puasa sunnah yang lainnya.

2. Mengkonsumsi Kurma Saat Sarapan

Cara kedua yang dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan buah kurma adalah dengan mengkonsumsinya saat sarapan. Cara ini sangat cocok dilakukan bagi anda yang tidak berpuasa dan tidak bisa melakukan cara yang pertama di atas. Saat mengkonsumsi kurma saat sarapan kita juga bisa mengkombinasikan dengan meminum susu dan juga mengkonsumsi buah. Hal ini sangat baik di lakukan karena kita tetap bisa mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh meski tidak mengkonsumsi nasi.

Cara ini cukup efektif dilakukan bagi orang yang sedang diet karena dengan mengkonsumsi kurma di pagi hari, kita bisa mendapatkan cukup banyak energi untuk beraktifitas. Selain itu, kita juga bisa merasakan rasa kenyang yang lebih lama dengan adanya kandungan serat yang terdapat pada buah kurma.

Baca Juga :

3. Menjadikan Kurma Sebagai Camilan

Cara diet dengan kurma selanjutnya yang juga dapat kita lakukan untuk bisa melakukan diet dengan kurma adalah dengan menjadikan kurma sebagai camilan. Cara ini terbilang sangat mudah karena kita tidak perlu melakukan pengolahan pada buah kurma. Selain itu cara ini juga cukup efektif  karena dengan menjadikan kurma sebagai camilan, kita bisa terhindar dari berbagai camilan lainnya yang kurang sehat seperti gorengan dan juga yang lainnya.

4. Mengkonsumsi Kurma Ketika Lapar

Cara berikutnya yang juga dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan kurma adalah dengan mengkonsumsi kurma ketika kita merasa lapar. Cara ini sangat baik dilakukan bagi orang yang sedang diet karena buah kurma bisa kita jadikan sebagai makanan penunda lapar. Kandungan serat dan juga gula yang terdapat pada buah kurma akan memberikan rasa kenyang pada tubuh kita sehingga nafsu untuk makan pun bisa berkurang. Dengan begitu, kemungkinan untuk bisa berhasil dalam program diet pun semakin besar.

Baca Juga :

Kandungan gizi kurma

Sebelum kita membahas bagaimana cara diet dengan kurma, akan sangat baik jika kita tahu dulu apa saja kandungan gizi yang terdapat pada buah tersebut. Karena dengan begitu, kita juga akan tambah yakin kalau buah kurma benar – benar dapat dimanfaatkan untuk diet. Dan berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang dapat kita temukan pada buah kurma.

1. Kaya Akan Kandungan Gula

Kandungan gizi pertama yang dapat kita temukan pada buah kurma adalah kandungan gula. Kandungan gula yang terdapat pada kurma ini umumnya berasal dari jenis glukosa dan juga fruktosa. Kandungan gula ini terbentuk secara alami sehingga sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan gula yang terdapat pada buah kurma dapat kita jadikan sebagai sumber energi instan yang mampu mengembalikan energi yang hilang selama beraktifitas. Karena dapat dijadikan sebagai sumber energi cadangan ini lah kurma banyak dikonsumsi saat berbuka puasa dan juga saat sahur. Selain itu, kandungan gula yang terdapat pada buah kurma ini juga sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedang diet karena mampu memberikan energi tambahan untuk melakukan aktivitas sehari – hari.

Baca Juga :

2. Kaya Akan Kandungan Serat

Selain kaya akan kandungan gula, kurma juga kaya akan kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat yang terdapat pada kurma ini sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedang dalam masa diet dan juga bagi orang yang sedang berpuasa karena bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga nafsu makan pun bisa berkurang. Selain itu kandungan serat pada buah kurma juga mampu secara efektif melancarkan sistem metabolisme tubuh sehingga bisa melancarkan pencernaan. Selain itu, serat yang terdapat pada buah kurma juga mampu menurunkan kadar gula darah sehingga mampu mengurangi resiko diabetes.

3. Kaya Akan Kandungan Nutrisi Lainnya

Selain kaya akan kandungan serat dan juga gula, buah kurma juga masih mengandung cukup banyak kandungan nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kurma ini adalah vitamin A, B, C, E, Kalsium, Mineral, magnesium, fosfor, kalim, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kandungan vitamin A yang terdapat pada kurma ini mampu secara efektif menjaga kesehatan mata kita dan juga mencegah berbagai penyakit mata. Sementara vitamin B pada kurma ini mampu menenangkan sistem syaraf dan mampu berperan sebagai relaksan sehingga bisa menambah mood dan juga membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

Baca Juga :


Manfaat Lain Dari Buah Kurma

 

Selain sangat baik kita konsumsi untuk melancarkan program diet, ternyata buah kurma juga masih memiliki cukup banyak manfaat lainnya. Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari kurma diantaranya adalah mampu melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi sembelit, mampu menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit stroke, menambah energi, menjaga kesehatan mata, dan juga yang lainnya.

Baca Juga :

Well, demikian tadi sajian informasi tentang cara diet dengan kurma yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Selain dengan beberapa cara yang telah kami sebutkan di atas, sebenarnya masih ada cukup banyak cara lain yang juga dapat kita lakukan untuk bisa diet dengan buah kurma. Namun, hanya ini saja yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini.

Perlu di ingat, kita juga bisa mengolah kurma menjadi berbagai macam bentuk makanan dan mengombinasikannya dengan makanan lain. Hal ini bertujuan untuk mengatasi rasa bosan karena mengkonsumsi kurma yang begitu – begitu saja. Sekian dulu informasi yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini, semoga sajian informasi ini dapat berguna bagi kita semua, terutama bagi anda yang saat ini sedang dalam masa diet. Terimakasih.


, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan