7 Aturan Makan Saat Diet yang Harus Kalian Ikuti

Berdasarkan wikipedia bahasa Indonesia diet dapat diartikan sebagai jenis makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme. Sedangkan berdasarkan beberapa ahli diet dapat diartikan sebagai pengaturan pola makan bedasarkan porsi, jenis, dan nilai gizinya. Alasan Orang Melakukan Diet dengan mengatur pola makan biasanya berkaitan dengan kondisi kesehatan atau untuk melangsingkan badan.

ads

Namun untuk para wanita dan pria usia muda, biasanya diet lebih identic sebagai cara paling ampuh untuk melangsingkan badan. Apapun alasan melakukan diet, aturan makan saat diet sangat penting diikuti untuk mendapatkan hasil secara maksimal. Namun sebelum anda melakukan diet ada baiknya anda mengetahui tentang Fakta Dan Mitos Diet terlebih dahulu.

Diet untuk tujuan menjaga kesehatan dan melangsingkan tubuh biasanya berbeda. Namun Cara Diet Yang Baik tetap dengan mengatur pola hidup termasuk pola makan yang sehat. Atau, tidak melakukan cara-cara instan seperti mengkonsumsi obat pelangsing. Bahaya Minum Obat Pelangsing tidak hanya dapat mengagalkan diet anda namun juga membahayakan kondisi kesehatan tubuh anda.

Kini juga sudah banyak cara diet sehat yang lebih aman dilakukan baik untuk menjaga kesehatan tubuh ataupun menurunkan berat badan. Contohnya, Cara Diet Dengan Buah Buahan, Cara Diet Dengan Nasi Jagung, Cara Diet Dengan Teh Hijau, serta Cara Diet Dengan Sayuran secara alami. Semua cara diet itu menganjurkan pelaku dietnya untuk mengkonsumsi makanan sesuai dengan cara diet yang dipilih. Namun tidak asal makan. Ada beberapa aturan makan saat diet yang perlu anda ikuti, seperti:

  1. Jam makan

Jam atau jadwal makan menjadi hal yang sangat penting saat melakukan diet. Itu karena tubuh juga memiliki waktu atau jam biologis tertentu yang harus anda ikuti. Termasuk juga jam untuk mencerna makanan secara maksimal. Idealnya anda sarapan pada pukul 07.00 hingga jam 08.00. Di atas jam itu sudah dapat dikatakan terlambat sehingga tubuh akan lebih lama memproses makanan anda.

Sementara itu jam makanan siang tepat pada jam 11.00 hingga 12.00. Anda bisa memilih menu Makan Siang Yang Baik Untuk Diet seperti makanan tinggi protein. Sedangkan sore hari sekitar jam 15.00 hingga 16.00 anda diperbolehkan mengkonsumsi camilan sehat, seperti buah atau kacang almond. Manfaat mengkonsumi kacang almon juga sanagt banyak untuk membantu proses diet anda. Lalu makan malam sebelum jam 20.00 atau lebih baik jam 07.00.

  1. Berhenti sebelum kenyang

Aturan makan saat diet selanjutnya adalah berhenti makan sebelum kenyang. Untuk para pemeluk agama islam, berhenti makan sebelum makan menjadi ajaran Nabi SAW yang sangat baik untuk diikuti. Begitu juga dengan pendapat para ahli kesehatan. Berhenti makan sebelum merasa kenyang dapat membantu anda terhindar dari rasa tidak nyaman akibat terlalu banyak makanan yang masuk ke dalam lambung.

Konsumsi makanan yang berlebihan juga akan membuat makanan tidak dapat dicerna secara keseluruhan. Itu karena enzim yang diproduksi tubuh untuk membantu mencerna makanan lebih sedikit dibandingkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya nutrisi makanan tidak dapat terserap secara sempurna.


  1. Kunyah hingga sempurna

Mengunyah makanan dengan sempurna dapat membantu dan mempercepat proses penyerapan nutrisi di dalam lambung. Anjuran cara dan jumlah mengunyah yang baik menurut  para ahli di Ohio State University adalah 5 sampai 10 kali untuk makanan lembut dan 10 sampai 30 kali untuk makanan keras sebelum di telan.

  1. Hindari makanan yang menjadi pantangan

Hampir semua Jenis Diet Yang Efektif memiliki Pantangan Dalam Diet. Pantangan itu biasanya adalah makanan yang tidak boleh atau hanya boleh dikonsumsi dalam porsi yang sedikit saat melakukan diet tertentu. Aturan makan dalam diet itu harus diikuti agar hasilnya terlihat maksimal.

  1. Pilih jenis makanan sesuai diet yang diikuti

Konsumsi makanan sesuai dengan yang dianjurkan. Jika anda sedang melakukan diet makanan tinggi protein maka adna harus memilih menu makanan seperti ikan laut, kacang-kacangan, dan makanan tinggi protein lainnya.


  1. Kurangi porsi makan

Kebanyakan orang menganggap karena sudah memilih jenis makanan sesuai dengan yang dianjurkan maka porsi makananya bisa sesuai keinginan. Padahal aturan makan dalam diet salah satunya adalah dengan mengurangi porsi makanan. Beberapa diet justru memperbolehkan anda mengkonsumsi makanan secara sering namun dengan porsi yang sedikit.

  1. Tidak tidur setelah makan

Langsung tidur setelah makan memang sangat nikmat. Namun itu sangat dilarang, bukan hanya untuk anda yang sedang melakukan diet namun untuk semua orang. Langsung tidur setelah makan tidak hanya dapat meingkatkan resiko penyakit obesitas namun juga penyakit berbahaya lainnya seperti stroke dan jantung.

Itulah setidaknya tujuh aturan makan dalam diet yang harus anda ikuti. Sebelum memilih cara diet ada baiknya anda konsultasikan kesehatan tubuh anda ke dokter. Dengan begitu diet yang anda pilih akan lebih tepat dan hasilnya akan terlihat lebih nyata.

, ,




Oleh :
Kategori : Panduan