Inilah 6 Efek Tidak Makan Karbohidrat Saat Diet Yang Sangat Berbahaya

Efek Tidak Makan Karbohidrat Saat DietKarbohidrat sudah banyak dikenal orang sebagai salah satu zat yang dibutuhkan tubuh sebagai salah satu sumber energi yang digunakan tubuh untuk melakukan beragam aktivitas.

ads

Namun beberapa tahun terahir zat ini sering dipandang sebagai salah satu biang penyebab naiknya berat badan sehingga banyak dihindari banyak orang.

Beberapa program diet memang menganjurkan untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat karena bisa menyebabkan berat badan naik. Namun ada baiknya kita juga harus memperhatikan efek tidak makan karbohidrat berikut yang bisa berdampak tidak baik bagi tubuh akibat kekurangan karbohidrat, karena pada dasarnya karbohidrat tetaplah salah satu zat yang juga dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Berat Badan tidak stabil

Mungkin beranggapan dengan menghindari untuk karbohidrat bisa membuat berat badan turun, karena saat tubuh tidak mengkonsumsi karbo, tubuh akan “mengeluarkan” air yang menyebabkan berat badan menjadi turun. Namun ternyata turunnya ini hanya bersifat sementara saja karena berat badan juga bisa naik , terutama jika pengganti sumber karborhidrat untuk diet tersebut mempunyai jumlah kalori yang tinggi.

  1. Sembelit dan susah buang air besar

Dalam karbohidrat, terutama yang berasal dari sumber karbohidrat kompleks, seperti gandum, mempunyai kandungan serat yang mempu memperlancar buang air dan juga membuat kita juga merasa kenyang lebih lama.

Karena itulah salah satu hal yang mungkin juga bisa terjadi sebagai efek tidak makan karbohidrat adalah bisa mengakibatkan sembelit atau susah buang air karena kurangnya asupan serat tersebut. Jadi, sebaiknya jika ingin melakukan diet karbo jangna lupa juga untuk memasrtikan asupan kebutuhan serat di dalam tubuh juga cukup.

  1. Menjadi lebih mudah lelah

Karena salah satu fungsi karbohidrat bagi tubuh adalah sebagai salah satu sumber energi untuk beraktivitas, maka otomatis salah satu efek tidak makan karbohidrat yang terutama adalah tentu tubuh akan menjadi tidak bertenaga karena kurangnya asupan energ yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengalami sakit kepala

Ya, karbohidrat memang merupakan salah satu zat yang penting yang selain diperlukan asupannya bagi tubuh untuk sumber energi ternyata juga dibutuhkan oleh otak. Kekurangan ataupun tidak adanya asupan karbohidrat ke otak tersebut juga bisa tengggangu yang bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala.

  1. Nafas menjadi Bau

Salah satu efek tidak makan karbohidrat lainnya yang juga bisa dirasakan adalah bau nafas yang tidak sedap yang pasti membuat kita menjadi tidak percaya diri. Karena jika tidak mendapat asupan karbohidrat yang cukup, tubuh akan berada pada kondisi ketosis yang menyebabkan ketika  bernafas mengeluarkan bau yang tidak sedap.


  1. Insomnia

Efek tidak makan karbohidrat yang juga bisa berdampak bagi kesehatan tubuh lainnya adalah insomnia atau sulit tidur pada saat malam hari. Hal ini dikarenakan tubuh merasa lapar di malam hari karena kurangnya asupan karbohidrat pada tubuh yang membuat orang sulit tidur di malam hari.

Demikianlah beberapa efek tidak makan pada karbohidrat bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya perlu untuk diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjalani diet. Ada baiknya jika ingin melakukan diet karbohidrat ada baiknya melakukan cara diet karbohidrat yang baik dan juga memperhatikan juga nutrisi yang dibutuhkan saat diet agar hasilnya bisa sesuai yang diharapkan.

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terimakasih banyak sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet