8 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Barbel Efektif Membentuk Ototmu

Cara Mengecilkan Lengan Dengan BarbelLengan menjadi salah satu bagian tubuh yang mampu meningkatkan kepercayaan diri bagi kebanyakan orang. Hal ini dibuktikan dengan tren upaya mengecilkan lengan supaya terlihat ideal salah satunya melalui olahraga dengan memanfatkan barbel.

ads

Cukup dengan satu atau dua buah barbel saja, Anda dapat melakukan aneka gerak yang bertujuan untuk mengecilkan lengan. Barbel yang digunakan khusus untuk mengecilkan lengan ialah barbel berukuran kecil atau dumbel yang biasa dipakai dalam program fitnes untuk pemula.

Berikut ini 8 cara mengecilkan lengan dengan barbel yang praktis bagi Anda:

1. Weight lift

Angkat beban atau weight lift merupakan cara membakar lemak sehingga mengecilkan lemak untuk menjadi otot. Gerak yang membutuhkan dua dumbel ini dilakukan dengan cara duduk bersila dengan mengangkat dumbel dengan masing-masing tangan ke arah samping hingga sejajar dengan bahu. Posisi ini ditahan sejenak sebelum dinaik turunkan beberapa kali secara perlahan. Untuk menguatkan otot bahu yang terlibat dalam weight lift Anda dapat memeroleh manfaat abdominal crunch yang dilakukan secara rutin.

Perlu diketahui bahwa gerakan yang diulang sebanyak dua puluh kali atau lebih ini membutuhkan matras. Selain dimanfaatkan dalam macam-macam senam kebugaran, benda ini berperan sebagai alas duduk, membantu keseimbangan, maupun melindungi lantai dari dumbel jika terjatuh.

2. Shoulder press

Sama halnya dengan weight lift, gerakan olahraga mengecilkan lengan ini memerlukan dua buah dumbel. Caranya adalah berdiri sambil menaikkan dumbel dari posisi di samping bahu hingga di atas kepala dengan arah telapak tangan ke depan. Gerak mengangkat dumbel dilakukan dengan tangan lurus, dada membusung, serta kepala menghadap depan.

Gerak yang memanfaatkan barbel ini memerlukan tekad kuat karena lebih memakan waktu daripada olahraga yang tidak membutuhkan bantuan alat. Misalnya ialah menerapkan manfaat push up sebelum tidur yang juga mampu membakar lemak tetapi tidak sebanyak berolahraga dengan barbel.

3. Weight punch

Gerak weight punch berprinsip serupa dengan shoulder press. Akan tetapi gerak ke atas dan ke bawahnya bergantian antara tangan kanan dan tangan kiri bukan bersamaan seperti shoulder press. Perlu diketahui bahwa berat dumbel atau barbel kecil baik untuk mengecilkan lengan maupun cara mengecilkan betis kaki sebaiknya menyesuaikan dengan kemampuan Anda. Jangan gunakan yang berukuran terlalu ringan bagi Anda karena tujuan melatih otot menjadi sia-sia.

4. Altering curls

Menjadi salah satu gerak yang sederhana, altering curls cukup efektif mengecilkan lengan. Untuk melakukannya pertama-tama Anda harus menggenggam dumbel pada kedua tangan. Lalu mulailah melakukan gerak dengan berdiri sambil bergantian menekuk siku kanan dan kiri untuk menaik sehingga diarahkan ke arah dada. Tidak hanya secara bergantian saja, Anda dapat mencoba menggerakkan kedua tangan bersamaan.


5. Memutar pergelangan tangan

Gerak yang tergolong dalam 8 cara mengecilkan lengan dengan barbel ini mirip seperti arm circle tetapi terdapat dumbel di tangan. Caranya adalah merentangkan tangan kemudian menggerakkan pergelangan tangan yang memegang dumbel secara memutar. Arahnya bebas dipilih baik searah maupun berlawanan arah jarum jam. Gerakan menurut acuan jarum juga terdapat dalam olahraga mengecilkan perut di rumah untuk wanita sehingga aturan arah gerak ini tidak sembarangan ditentukan.

6. Tricep kickbacks

Sebagai tempat yang menjadi penumpukan lemak, otot belakang lengan atau trisep menjadi fokus gerak yang satu ini. Adapun cara melakukannya ialah posisi membungkukkan badan ke depan dengan lutut kanan diangkat untuk ditekuk 90 derajat hingga menyentuh kursi atau penahan.

Sementara posisi tangan yang sejajar dengan lutut yang ditekuk haruslah lurus dan menyentuh kursi. Lalu, gerakkan tangan lain yang menggenggam dumbel ke belakang dari posisi siku tertekuk. Gerak pengayunan tangan sebagai cara membakar 1000 kalori dalam sehari ini perlu diulang hingga hitungan tertentu.


7. Standing V Raise

Standing V raise merupakan gerak untuk mengecilkan lengan yang memanfaatkan dua dumbel. Kedua dumbel dilegenggam oleh kedua tangan yang berada di kedua sisi tubuh. Lalu angkat tangan untuk membentuk huruf V di depan dada serta jangan lupa untuk mengunci posisi perut, dada membusung, dan kepala menghadap depan. Bentuk membentuk huruf V juga terdapat dalam jenis-jenis sit up selain hanya gerak sebagai gerak dengan barbel untuk mengecilkan lengan.

8. Rotating tricep kickbacks

Gerakan ini mirip dengan tricep kickbacks hanya saja kedua kaki menjejak tanah sehingga tidak membutuhkan kursi atau pegangan lain. Pertama-tama, Anda perlu membuka kaki selebar bahu serta posisi membungkuk. Untuk memulai gerakan, Anda harus menarik dumbel ke atas hingga sejajar dengan pinggang lalu tangan ditarik ke arah belakang hingga lurus. Gerak ini seperti membentuk lingkaran dan dilakukan bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Sebagai bentuk gaya hidup sehat, menerapkan 8 cara mengecilkan lengan dengan barbel akan lebih baik jika didampingi dengan melakukan cara diet mengecilkan lengan. Hal ini akan memberikan hasil yang maksimal asalkan Anda senang dan bersungguh-sungguh dalam berolahraga. Selamat mencoba!

, , , ,




Oleh :
Kategori : Panduan