5 Khasiat Susu Kedelai untuk Diet yang Wajib Anda Ketahui

manfaat susu kedelaiKedelai merupakan salah satu tanaman berjenis kacang-kacangan yang mengandung banyak protein, mineral, vitamin dan asam lemak esensial yang sangat diperlukan dan penting bagi tubuh. Pemanfaatan kedelai sekarang ini sangatlah luas, tidak hanya dijadikan sebagai makanan populer seperti tempe yang menjadi menu utama dalam hidangan bagi sebagian besar rakyat Indonesia, namun juga dijadikan minuman sehat yang disebut sebagai susu kedelai.

ads

Ada beberapa manfaat susu kedelai yang diyakini para ahli, berbeda dengan susu hewani diantaranya adalah meningkatkan kerja sistem pencernaan (metabolisme) tubuh, sangat baik diminum sebagai pengganti susu bagi penderita penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, hingga dapat menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan bagi Anda yang sedang dalam masa program diet. Oleh karena itulah, kedelai termasuk dalam makanan sehat untuk diet begitu pula susu kedelai sebagai minuman sehat untuk diet yang wajib ada dalam daftar program diet Anda.

Cara diet dengan susu kedelai sendiri sebenarnya bukanlah hal yang tidak lazim atau jarang dilakukan oleh masyarakat, karena sebenarnya sudah banyak orang yang menjadikan susu kedelai sebagai minuman konsumsi utama menggantikan susu yang berasal dari hewan, seperti susu sapi. Berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan saat diet ada dalam kedelai sehingga dapat menjadikan program menurunkan berat badan Anda berhasil. Berikut beberapa khasiat susu kedelai untuk diet yang wajib Anda ketahui.

          1. Mengandung protein tinggi

Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin akan membantu Anda mencukupi asupan protein tubuh setiap hari yang hilang akibat diet. Protein yang terkandung di dalamnya merupakan protein yang memiliki lemak kadar rendah, dan termasuk kedalam asam lemak tak jenuh. Anda tidak usah khawatir bila melakukan diet dengan susu kedelai, karena kebutuhan protein Anda akan tetap terpenuhi bahkan sama dengan jumlah protein daging merah dan ikan. Oleh karena itu, diet susu kedelai juga sangat cocok dengan cara diet vegetarian seorang vegan.

          2. Mengandung asam lemak tidak jenuh

Fungsi utama kandungan asam lemak tidak jenuh dalam kedelai adalah memperlambat proses penyerapan lemak dan kolesterol dari makanan yang dimakan dalam usus. Tentu saja khasiat ini sangat bermanfaat bagi diet Anda.

          3. Mengandung karbohidrat kompleks

Jenis karbohidrat yang terkandung dalam susu kedelai bukanlah karbohidrat sederhana yang mudah dicerna sehingga menyebabkan rasa lapar lebih cepat timbul, namun termasuk kedalam golongan polisakarida dan oligosakarida. Kedua jenis karbohidrat ini tidak larut dalam air sehingga lambung Anda lebih cepat kenyang, telat lapar, dan proses pencernaan makanan dalam usus menjadi lebih lama sehingga dapat menjauhkan Anda dari masalah kegemukan.

          4. Mengandung kadar gula rendah

Gula kadar tinggi merupakan “ancaman” tersendiri bagi Anda yang ingin sukses dalam melakukan diet. Bagaimana tidak?! Selain dapat memicu diabetes dan penyakit komplikasi berbahaya lainnya, makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi dipastikan akan membuat program diet Anda menjadi berantakan. Oleh karena itu, mengkonsumsi menu sehari-hari yang memiliki kadar gula rendah sangatlah penting. Dibandingkan dengan susu biasa, susu kedelai lebih aman untuk dikonsumsi apalagi Anda masih dalam masa-masa diet. Kadar gula-nya yang rendah dapat menurunkan berat badan serta menjaga kesehatan tubuh Anda dari kemungkinan serangan diabetes. Anda harus mengatur pola makan dengan selalu mengkonsumsi sayur dan buah disamping susu kedelai sebagai sumber protein nabati yang sehat dan aman.


          5. Mengandung serat alami

Salah satu khasiat susu kedelai untuk diet adalah mengandung serat yang banyak. Seperti telah diketahui sebelumnya, serat alami yang berasal dari makanan serta minuman yang dikonsumsi setiap hari memiliki manfaat yang banyak, yaitu menurunkan jumlah kolesterol berlebih, mengendalikan gula darah, membersihkan saluran pencernaan Anda, membantu proses detoksifikasi, memperlambat penyerapan zat-zat seperti glukosa, mencegah terjadinya timbunan lemak, menurunkan berat badan berlebih, hingga melancarkan metabolisme tubuh sehingga perut lebih cepat kenyang dalam durasi waktu yang lumayan lama. Hal ini tentu sangat penting bagi kelancaran program diet.

Untuk cara diet yang baik dan cara diet alami, Anda dapat meminum susu kedelai maksimal tiga cangkir sehari. Ada baiknya Anda mengkonsumsi susu kedelai saat sarapan di pagi hari sebagai pengganti susu biasa sebagai pelengkap menu sehat Anda yang lain. Selain itu, waktu tepat lainnya untuk mengkonsumsi susu kedelai adalah setiap sebelum makan siang dan makan malam. Cara ini sangat baik untuk menekan nafsu makan Anda dan tentu saja lebih aman dan sehat bila dibandingkan dengan bahaya minum obat pelangsing yang marak dilakukan oleh para wanita dan pria yang ingin langsing secara instan.

Mungkin hasil yang nampak bila melakukan diet dengan susu kedelai lebih lama dibandingkan jika dilakukan secara instan, namun hasilnya sehat dan aman bagi tubuh Anda. Terpenting, nikmatilah prosesnya! Selalu waspada terhadap bahaya diet ekstrim. Dan jangan lupa untuk memperhatikan faktor yang mempengaruhi pola diet Anda misalnya dengan melakukan aktivitas olahraga ringan yang rutin dan teratur agar khasiat susu kedelai untuk diet Anda menjadi lebih maksimal.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!