40 Makanan Sehat Untuk Diet Cepat dan Alami Super Ampuh

Makanan yang sehat untuk tubuh adalah makanan yang memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna. Nah tentu didalam kategori tersebut ada banyak makanan sehat untuk diet. Standar ini juga berlaku bagi kamu yang sedang diet tapi dengan membatasi beberapa kandungan zat yang ada dalam makanan.

ads

Sehingga kelebihan lemak dalam tubuh bisa terbakar dan menjadi energi secara alami akibat kekurangn beberapa zat yang dibutuhkan untuk membakar kalori menjadi energi. Makanan yang paling cocok buat kamu iya kamu yang pengen langsing  yang ga mau di bilang gemuk. Beberapa makanan yang sehat untuk kamu yang lagi dalam program diet :

Makanan Dengan Kadar Karborhidrat Rendah

Kalau dengar kata karbohidrat pasti yang terlintas di pikiran adalah nasi putih. Memang benar nasi putih kaya akan karbohidrat.Sayangnya jenis karbohidrat yang terkandung di dalamnya sangat cepat di serap tubuh dan dalam beberapa saat kamu bakalan merasa laper lagi. Makanan pengganti nasi putih buat kamu yang lagi diet adalah :

1. Beras Merah

Di dalam beras merah mengandung serat yang tinggi cocok banget nih buat kamu yang lagi diet. Kadungan karbohidrat kompleksnya juga berbeda dengan beras putih. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama merubah kalori menjadi energi ini bakalan bikin kamu kenyang lebih lama. Makan satu mangkuk beras merah sebagai pengganti makan malam agar kamu tetap sehat dan gak susah tidur karna lapar atau sebagai pengganti makan siang.

Kelebihan : 

  • Mengenyangkan lebih lama
  • Sehat
  • Memiliki kandungan gizi lengkap
  • TIdak mengemukkan

Selain itu beras merah bisa melawan radikal bebas, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolestrol, menguatkan tulang, melawan penyakit kangker, mengotrol gula darah, dan menjaga sistem syaraf agar tetap sehat. kandungan yang ada dalam beras merah yaitu vitamin A dan B, selium, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan masi banyak lagi.

 2. Gandum ( Roti Gandu/Oatmeal )

Gandum sebagai sumber karbohidrat kompleks akan membuat kamu meras kenyang lebih lama. Sangat bagus untuk memperbaiki sitem metabolisme. Menurut salah satu penelitian gandum dapat mengontrol berat badan bila di konsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Gandum juga ampuh memenuhi asupan gizi kamu yang lagi diet tanpa menaikan berat badan bila di konsumsi.

Ganti sarapan nasi putih kamu dengan gandum ketika diet di jamin hasilnya bakalan bikin kamu puas. Selain itu gandum juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menyehatkan jantung, mencegah diabetes, melawan kangker payu darah, mencegah asma, mengurangi peradangan, mencegah penyakit batu empedu, mencegah anemia, dan baik untuk perkembangan otak.

Gandum juga mengandung unsur katalitik, mineral, kalsium, magnesium, potasium, vitamin B, vitamin E, dan masih banyak lagi. Sekarang banyak olahan gandum  yang praktis seperti oatmeal dan roti gandum yang dapat kamu makan secara mudah.

3. Singkong

Singkong adalah sumber karbohidrat yang normal olahan yang paling cocok utuk kamu yang lagi diet adalah singkong rebus. Kandungan serat dalam singkong akan membuat kamu kenyang lebih lama. Jadi kamu tidak khawatir bakal merasa lapar biarpun cuma makan singkong.

Pencernaan kita juga akan lancar, ketika kita makan singkong kandungan seratnya akan menyerap racun yang ada di dalam usus karena serat dalam singkong tidak akan larut dalam air. Selain itu singkong juga untuk mengatasi berbagai penyakit srperti anemia, mencegah kangker, dan daunya dapat mengatasi stroke.

Kandungan dalam singkong yang menyehatkan tubuh anatara lain serat, protein, vitamin K dan B, kalium, magnesium, dan tembaga. ketika diet sebaiknya makan singkong sebagai pengganti sarapan.

4. Jagung

Makan jagung itu lebih sehat ketimbang kamu makan nasi bahkan di beberapa negara jagung di jadikan sebagai bahan makanan pokok. Karbohidrat yang di miliki jagung cukup untuk memenuhi karbohidrat yang di butuhkan oleh tubuh. Rasa lapar akan hilang dan merasa kenyang lebih lama selain itu mengkonsumsi jagung dapat menurunkan berat badan, memperkuat tulang, menyehatkan otot, menjaga sistem syaraf, dan kesehatan otak.

lahan jangung yang paling cocok untuk kamu yang sedang diet adalah nasi jangung. Janagan mengolah jagung dengan cara lain kecuali di rebus dan di jadikan sebagai nasi karena bila salah mengelolah jagung malah akan membuat kamu menjadi gemuk dengan memakannya.

Manfaat lain dari jagung adalah melancarkan percernaan, mengobati diare, menjaga kesehatn ginjal, antioksidan, mencegah anemia, menyehatkan tulang dan mata, dan dapat mencegah kangker. kandungan yang ada di dalam jagung vitamin A B dan C, kalium, serat, protein, dan masih banyak lagi.

5. Kentang

Kandungan dalam kentang ada yang bisa menyerap lemak dalam tubuh makanya kentang pas banget buat kamu yang lagi diet. Kadar karbohidrat kentang yang cukup membuat kamu kenyang dan gak bakal bikin kamu amabil makanan lain lagi karna sari patih kentang udah menuhin perut kamu.

Untuk menu diet sebaiknya konsumsi kentang rebus atau kentang yang sudah di olah menjadi bubur agar kandunagan gizi tidak berkurang. Manfaat lain yang bisa kamu dapat dari mengkonsumsi kentang adalah mengurangi kadar korestrol, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kangker, menguatkan tulang, menyehatkan jantung, dan memperkecil resiko terkena batu ginjal.

Kandungan zat yang ada di dalam kentang selain karbohidrat sebagai berikut zat besi, fosfor, protein, kalsium, vitamin, dan mineral-mineral lain.

6. Talas

Talas merupakan umbian yang bisa menurunkan berat badan kamu. Kandungan kalori yang rendah dan karbohidrat akan membuat perut kamu kenyang dan ga melirik makan lain. Mengkonsumsi talas sebagai sumber karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi sangat ampuh untuk menurunkan berat badan.

Selain sebagai makanan pokok talas juga bisa di jadikan cemilan hal ini juga dapat menurunkan berat badan kamu yang lagi diet. Makan talas sebagai pengganti nasi selama 1 bulan akan membuat berat badan kamu turun hingga 2-4 kg.

Manfaat lain dari talas adalah mecegah penyakit diabetes, memperkuat daya tahan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kadar kolestrol, dan mencegah penyakit jantung. Kandungan dalam talas yaitu serat, vitamin A dan B, fosfat, zat besi, dan lain lain.

7. Ubi Jalar

Makanan sehat untuk diet lainnya adalah ubi jalar. Ubi sudah sangat terkenal di indonesia sebagai cemilan yang menyehatkan dan rasanya yang manis dan lembut ketika dimakan. Kandungan pada ubi cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh selain itu memiliki efek yang cepat mengenyangkan dalam waktu lama.

Selain itu ubi jalar dapat mencegah diabetes, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan mata, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Zat gizi yang ada dalam ubi jalar yaitu serat, vitamin A/C/B6, protein, zat besi, air, kalium, dan lain- lain

8. Buah Sukun

Buah ini memiliki rasa yang manis dan gurih dengan memakan buah buah ini kamu bisa merasa cepat kenyang ketika diet. Biasanya buah ini di jadikan sebagai keripik atau di goreng karena memiliki kadar karbohidrat yang cukup buah ini pas untuk kamu yang sedang diet karena tidak akan membuat kamu gemuk seperti memakan nasi. Buah ini juga bermanfaat mempercantik kulit, melancarkan BAB, sebagai anti oksidan, dan membantu perkembangan otak.

Buah sukun mengandung omega 3, omega 6, serat, protein, sodium, kalium, kalsium, vitamin A/C/E/K,dan masih banyak lagi kandungan buah ini yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

9. Pasta

Bila dalam satu porsi nasi mengandung 250 kalori di dalam pasta hanya mengandung 100 kalori perporsi. Hal ini yang membuat pasta menjadi salah satu makanan yang cocok kamu konsumsi ketika diet dan tidak akan menaikan berat badan.

Pasta juga memiliki efek mengenyangkan ketika makan pasta sebaiknya jangan di tambahkan saus yang belemak dan garam. Kandungan karbohidrrat pada pasta merupakan jenis yang kompleks sehingga lama di serap oleh tubuh. Selain karbohidrat pasta juga mengandung serat dan protein.

Makanan sehat untuk diet kategori buah buahan

1. Jeruk Lemon

Untuk diet kita menggunakan perasan air jeruk lemon. Minum perasan jeruk lemon yang di campur dengan air hangat ketika pagi hari di percaya oleh para ahli gizi dapat menurunkan berat badan secara nyata. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemonakan memicu reaksi kimia dalam tubuh yang dapat membakar lemak. Sebagai obat pencahar alami lemon akan membuat usus kamu menjadi sehat. Selain itu ada kandunagn serat dan zat yang dapat membuat kamu jadi kenyang dan mepengaruhi lemak yang ada di tubuh sehingga berat badan kamu jadi turun.

2. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan serat yang tinggi hal ini akan membuat pencernaan kamu lancar ketika diet. Buah pepaya yang rendah kalori cocok di jadikan sebagai makanan pendamping ketika kamu lagi diet. Komsumsi Buah ini selama 2 hari sebagai makanan pokok juga akan langsung menujukan hasil yang memuaskan.

3. Pear

Kandungan serat dalam buah pear membuat kita merasa kenyang dalam waktu lama. Selain itu dapat menghambat penyerapan gula sehingga menja gula darah anda tetap stabil. Kadar kalori dalam buah pear sangat rendah sehingga cocok bagi kamu yang lagi diet dan gak boleh mengkonsumsi terlalu banyak kalori.

4. Apel

Sama seperti pear kandungan serat pada buah apel membuat kita merasa kenyang ketika sudah mengkonsumsinya. Sebaiknya pilih makan apel hijau ketika diet karna lebih tinggi serat dan tekstur buahnya yang halus. Kandungan air dalam buah ini akan membuat lambung anda menjadi lebih renggang sehingga tidak mudah lapar. Telebih apel rendah kalori, natrium , dan lemak kandungan ini yang membuat kamu harus memilih apel sebagai menu diet.

5. Pisang

Dalam buah ini mengandung zat pati resisten yang membuat tubuh harus membakar lemak untuk membuat energi. Buah pisang juga bisa menurunkan nafsu makan karena kamu akan merasa kenyang dengan asupan gizi yang di dapat setelah memakan buah pisang. Banyak hasil memuaskan dari mereka yang telah melakukan diet ini manfaat lain pisang juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Alpukat

Makanan yang sehat untuk diet kategori buah buahan salah satunya adalah alpukat. Mengandung lemak baik, komsumsi buah ini ketika makan siang menurut parah ahli bisa menghilangkan lemak jenuh yang berada di dalam perut. Mengandung serat yang akan membuat tubuh menjadi tidak mudah lapar. Kalium yang ada di dalam alapukat juga bagus buat kamu yang lagi diet karena dapat menurunkan berat badan. Kadar gula yang ada pada alpukat lebih sedikit di bandingakan dengan buah lainnya sehingga kamu tidak mudah gemuk.

7. Blueberry

Kandungan khusus dalam buah blueberry dapat membantu tubuh dalam proses pembakaran lemak. salah satu penelitian di texas menyatakan bila blueberry dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh hingga 73 % bila diberikan pada kadar yang maksimal dan dapat mengontrol rasa lapar juga nafsu makan. Blueberry sangat di saran bagi kamu yang lagi diet karena rasanya yang enak dan kandungan zat yang sangat bermanfaat di dalamnya.

8. Tomat

Buah tomat dapat membuat perut kita menjadi ramping. Likopen yang ada dalam buah tomat akan memicu rasa kenyang sekaligus menekan hormon ghlerin yang memicu rasa lapar. Kandungan vitamin C yang di miliki oleh tomat juga lebih besar di bandingkan dengan jeruk. Konsumsi buah tomat dalam jangka panjang akan menjaga bentuk tubuh anda sehingga menjadi ramping.


9. Mangga

Kandungan zat dalam buah mangga dapat mencukupi energi yang di butuhkan oleh tubuh tanpa membuat kamu menjadi gemuk. Beta-karotin yang ada dalam mengga juga dapat menangkal radikal bebas dan mencegah kangker. Kolestrol dalam tubuh juga dapat turun dengan menjadikan buah mangga sebagai menu tambahan ketika diet. Selain bermanfaat untuk diet kandungan buah mangga juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

10. Kelapa

Air kelapa yang kamu konsumsi secara rutin ketika diet di percaya secara alami akan menurunkan berat badan kamu. Kadar gula, lemak, dan kalori yang terkandung dalam kelapa sangat rendah selain itu mengakonsumsi air kelapa secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sehat. Kelapa dapat menurunkan kolestrol dan menjaga tekanan darah kamu stabil ketika masa diet.

11. Bit

Belum yang banyak masyarakat yang mengenal buah ini mungkin karna sangat jarang di temukan. Padahal mengkonsumsi buah bit dapat menjaga stamina kamu yang lagi diet ketika sedang melakukan olahraga untuk menglangsingkan tubuh. Manfaat lain ketika diet dengan mengkonsumsi buah ini adalah mencerahkan kulit wajah gunakan juga sebagai masker untuk menghilangkan noda hitam yang ada pada wajah kamu.

Jenis Sayur Untuk Diet

  1. Brokoli -> Sayuran ini merupakan sayuran utama yang harus konsumsi ketika kamu lagi diet karna dapat menurunkan kadar kolestrol  dan asam dalam  empedu akan keluar bila mengkonsumsi sayuran ini. Terdapat kandunagan Indole-3-Carbinol dengan kadar yang tinggi yang melawan zat xenoestrogen sehingga mencegah tubuh kembali gemuk dan dpat membakar lemak dengan cepat.
  2. Wortel -> Kamu bisa menggunakan wortel sebai menu pendukung ketika diet sebaiknya konsumsi jus wortel ketika sarapan da malam sebelum tidur. Kandungan betakarotin pada wortel akan membantu tubuh lebih cepat membakar lemak dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Kesehatan kulit juga akan terjaga dengan rajin mengkonsumsi wortel pastinya buat kamu kalangan wanita ingin diet plus dapat kulit sehat dan cantik wajib mengkonsumsi wortel ketika diet.
  3. Bayam -> Sayuran kesukaan popeye ini selain bisa menguatkan otot tubuh juga bisa di gunakan sebagai menu diet kamu. Kandungan antioksida dapat membanti melawan radikal bebas selain itu ada zat anti kangker yang ada di dalam bayam. Bagi kamu yang sedang diet di sarankan memilih bayam karna menurut ahli gizi bayam dapat memenuhi nutrisi yang di perlukan tubuh ketika diet.
  4. Asparagus -> Kandungan folat yang tinggi dalam asparagus dapat menurunkan resistensi insulin pada tubuh. Gula darah pada tubuh akan mudah terbakar menjadi energi sehingga pembakaran lemak akan meningkat sewaktu kita memakan asparagus sebagai menu diet. Rasa kembung karena kelebihan cairan juga dapat hilang dengan meamakan asparagus. Sayur ini sangat bagus bagi kamu yang diet karana bisa menghilangkan rasa lapar dan membuat rasa kenyang bertahan lama.
  5. Kacang-kacangan -> Jenis sayur seperti kacang panjang atau jenis kacanga lainnya dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama ketika melakukan diet karena zat tepung yang ada di dalam kacang akan diserap tubuh secara perlahan. Kandungan lemak tinggi protein dan rasa yang guruh akan menjadi manfaat tambahan utuk kesehatan kamu yang sedang diet.
  6. Cabe -> Siapa si orang di dunia ini yang ga tau cabe makanan yang terkenal akan rasa khasnya yang membakar lidah ternyata cabe juga bisa digunakan sebagai menu penurun berat badan. Senyawa capsaicis yang memberi rasa pedas yang bersifat termogenik akan menaikan suhu tubuh kamu secara alami akan mempercepat pembakaran lemak dan metabolisme tubuh akan meningkat
  7. Buncis -> Merupakn jenis polong-polongan yang mengandung serat tinggi sehingga melancarkan pencernaan kamu yang sedang diet. Bucis juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat kandungan kalorinya yang rendah juga membuat buncis menjadi makanan sehat yang baik untuk tubuh.
  8. Kubis -> Kadungan vitamin, nutrisi, dan mineral dalam kubis dapat membantu memnuhi nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh. Kadar kalori yang rendah juga tidak akan membuat kamu menjadi gemuk mengkonsumsi sayur ini. Diet kubis memang sudah terkenal sangat ampuh hasilnya dapat langsung di raskan dengan hanya mengosumsi kubis tanpa tambahan makanan lain selama 2 hari. Sebaiknya jangan terlalu lama ketika melakukan diet kubis karena kubis tidak mengandung beberapa zat yang di butuhkan tubuh.
  9. Kela -> Kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada kela sangat tinggi dan lengkap bahkan para ahli sering menyebut kela sebagai ratu sayuran. Mungkin taman ini masih asing di telinga kamu tapi di luar negri taman ini sangat terkenal. Seperti brokoli kela juga dapat menjaga postur tubuh anda agar tidak kembali gemuk. Karena ada zat Indole 3 carbinol sehingga tubuh dapat membakar lemak lebih cepat.

Makanan Sehat lainnya
  1. Telur, Di dalam telur mengandung protein yang tinggi dan lemak sehat yang baik untuk nutrisi tubuh serta tidak akan menambah kolestrol kamu ketika mengkonsumsinya. Kuning telur dapat membuat kamu menahan lapar lebih lama jika di konsumsi.
  2. Ikan salmon, sama seperti telur salmon memiliki protein dengan kadar tinggi dan mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi salmon biasa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Merupakan salah satu jenis ikan yang dapat menurunkan lemak dalam tubuh.
  3. Ikan Tuna, Mengandung kadar kalori yang cukup untuk tubuh, serta protein yang tinggi, omega 3 pada ikan tuna bisa menurunkan lemak dalam tubuh dengan merubah kadar trigliserida dalam darah.
  4. Dada Ayam Tanpa Kulit, Daging ayam juga boleh kita konsumsi ketika diet tapi sebaiknya yang tanpa kulit.  Terdapat protein dan kalori yang cukup dan dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.
  5. Daging Merah Tanpa Lemak, Jenis daging ini penting bagi kamu yang sedang diet bila di olah secara benar karena mengandung protein yang mengandung asam amino bermanfaat menjaga kesehatan tubuh, menuhbuhkan sel kulit, dan membangun massa otot.
  6. Jamur Matsutake, Jamur ini bisa menurunkan kolestrol dan gula darah. Memiliki kemampuan khusus untuk mengontrol nafsu makan kamu ketika diet.
  7. Kerang Tiram, Di dalam tiram mengandung lemak baik yang yang akan mengatur kadar kolestrol dalam tubuh. dan tidak akan membuat anda gemuk ketika diet.
  8. Yougurt, Menuru salah satu penelitian makan yougurt dapat menurunkan lemak pada bagian perut dan pinggang. Karna kandungan kalsiumnya bisa menekan pertumbuhan lemak baru pada bagian tersebut.

Artikel terkait : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi Bahaya Diet Ekstrim

Susu dan keju juga bisa di gunakan untuk menu sehat diet tapi hanya sebagai sumber energi. Sebaiknya sebelum diet konsultasikan jenis makanan apa yang cocok kamu konsumsi ketika diet pada pakar gizi atau dokter. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak, pilih cemilan sehat, dan konsumsi air putih 2 liter perhari agar tetap sehat sewaktu menjalankan diet.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan