6 Tips Diet Ketika Puasa Sangat Mudah dan Aman

Puasa adalah salah satu hal menarik yang bisa mengoptimalkan proses diet. Jika kamu sedang melakukan diet saat berpuasa maka sangat diperlukan tips diet ketika puasa yang bisa dipraktekkan dengan mudah agar semua rencana berjalan dengan lancar seperti cara diet saat puasa tanpa olahraga.

ads

Karena dengan berpusa tanpa mengetahui tips diet ketika puasa yang benar tidak akan menghasilkan hasil yang optimal. Seperti halnya mengetahui diet puasa dengan WRP. Karena kita memerlukan beragam panduan praktis agar semua rencana berhasil dengan baik.

Berikut ini beberapa tips diet ketika puasa yang sehat:

1. Jangan Melewatkan Sahur (makan sebelum fajar)

Kita tahu bahwasanya ada pepatah yang menyatakan bahwa melewatkan sarapan adalah hal yang salah dan ini akan membuat kita kekurangan tenaga di pagi menjelang siang hari. Bahkan ini sangat berlaku ketika berpuasa. Karena saat kita berpuasa maka tubuh tidak bisa mendapatkan asupan gizi sama sekali oleh karena itulah mengapa sahur sangatlah penting dalam berpuasa.

Mengetahui beberapa menu makanan sahur sehat sangat penting agar nanti kita bisa menyantap makanan apa saja yang bergizi dan bisa memberikan nutrisi selama berpuasa. Karena adanya variasi dalam makan sahur akan menurunkan rasa malas dan bosan karena kantuk dan masalah lain.

 2. Jangan makan berlebihan saat buka puasa (makan malam)

Ketika berbuka kita juga harus mengetahui beragam menu buka puasa yang sehat. Ini snagat dianjurkan agar nantinya kita tidak melewatkan berbuka yang merupakan periode untuk kembali mengisi tenaga dimana kita akan terasa sangat lelah setelah seharian berpuasa.

Namun, ada beberapa aturan saat berbuka, yakni jangan makan terlalu cepat, jangan terburu nafsu ingin menyatap banyak makanan namun minumlah air terlebih dahulu. karena rasa dehidrasi atau haus yang berlebihan selama berpuasa bisa disalah artikan sebagai rasa lapar oleh otak.

3. Hindari makan makanan yang asin tinggi gula dan gorengan

Banyak sekali orang yang tiba-tiba memanjakan diri mereka karena alasan berpuasa. Kebanyakan orang ini meyatakan bahwa baik-baik saja memakan apa saja selama mereka sedang berpuasa karena mereka tidak makan seharian. Jadi tak jarang banyak yang berasumsi boleh memakan apa saja. Padahal ini adalah asumsi yang salah.

Dimana berat badan akan menjadi kian naik tanpa anda memahami cara turunkan berat bdan di bulan puasa yang benar. Karena siapapun yang sedang berpuasa sebaiknya tetap menajaga pola makan dan memperhatikan apa yang dimakan. Apalagi sedang melakukan diet. Karena tingkat keberhasilan sebuah proses hanya akan terjadi jika kita melakukan tanpa ada cela.

Makanan yang digireng memiliki banyak kandungan jahat seperti menambahkan angka nilai kolesterol, menjadikan tumpukan lemak tubuh kian naik. Ini juga berlaku bagi makanan manis. karena nantinya bisa menyebabkan insulin melonjak naik dan makanan asin bisa menyebabkan retensi air. 


4. Minum air lebih banyak

Seperti tips diet setelah berpuasa ramadhan maka sangat disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dimana tubuh sangat memerlukan asupan cairan yang cukup. Pada saat berpuasa tentunya kita tidak bisa meminum air di pagi dan siang hari. Maka usahakan meminum cairan pas 8 gelas (minimal) diantara berbuka hingga sahur.

5. Perhatikan jenis makanan

Menu yang digunakan untuk makan sahur akan menyebabkan anda nantinya kuat berpuasa seharian. Jadi perhatikan dengan baik menu yang dikonsumsi, sebaiknya mengandung hal-hal berikut ini :

  • Buah dan sayuran

Memakan buah-buahan juga tercantum di dalam menu buka puasa rendah kalori. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan buah-buahan selama bulan puasa adalah hal yang snagat dianjurkan untuk emmberikan serat dan gizi yang seimbang.

  • Beras dan alternatif

Untuk mendapatkan energi yang tahan seharian maka cobalah memilih menu yang memiliki karbohodrat kompleks seperti beras merah atau roti gandum. Ini akan dicerna lebih lama daripada karbohidrat sederhana.


  • Daging dan alternatif

Seperti halnya contoh menu makanan 500 kalori, memasukan daging dan alternatif lainnya sangat penting untuk mensiasati kebutuhan protein tubuh. Beberapa alternatif tersebut seperti susu rendah lemak, ikan maupun produk olahan daging.

Protein akan membuat tumpukan lemak menjadi berkurang. Selain itu, protein juga dibutuhkan jika ada jaringan tubuh yang rusak dan harus diganti dengan jaringan baru. Juga akan membuat tubuh lebih fit dan sehat. Karenanya jangan mengabaikan kebutuhan protein harian tubuh.

6. Olahraga

Berpuasa bukanlah alasan untuk tidak berolahraga sama sekali. Kamu bisa mengatur jadwal olah raga sebelum sahur atau sesudah ashar atau beberapa jam sebelum berbuka agar tidak terlalu tersiksa karena dehidarasi selama berolahraga. Terutama jika melakukan jenis olahraga berat yang menguras keringat seperti olah raga untuk diet sehat. Jadi selalu aktif bergerak akan membuat tubuh lebih produktif dan mudah melancarkan masalah proses diet.

Diet yang seimbang adalah kunci untuk berpuasa sehat selama berpuasa dan ini akan memberikan kemudahan dalam memberikan energi dan cara terbaik selalu menstabilkan metabolisme tubuh sekalipun sedang berpuasa. Jadi semua hal yang penting saat berpuasa adalah dengan mengontrol nafsu makan, mengubah pola makan dan menu makanan yang sehat hingga selalu beraktifitas agar tubuh fit dan bugar.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!