6 Cara Diet Saat Puasa Tanpa Olahraga Paling Mudah Dilakukan

Sebenarnya, bulan puasa adalah waktu yang cocok dan pas jika ingin melakukan aktifitas diet. Bahkan ada banyak cara diet saat puasa tanpa olahraga yang bisa dipraktekan dan menjadi panduan dalam mendapatkan tubuh idaman. Seperti cara turunkan berat badan di bulan puasa, kali ini kita akan membahas beragam cara diet saat puasa tanpa olahraga.

ads

Karena seperti yang kita ketahui, bulan puasa adalah waktunya untuk membatasi makanan harian. Namun, banyak yang salah mengartikan pembatasan konsumsi makanan tersebut hingga berujung penambahan berat badan yang tak terkontrol. Untuk itu sangat dibutuhkan tips diet dengan puasa agar hasil yang didapat bisa lebih optimal.

1. Perbanyak Serat dan Protein

Hal pertama yang harus diperhatikan saat mulai menjalani diet di bulan puasa tanpa bantuan olahraga adalah pengaturan konsumsiserat dan protein. Seperti halnya menu buka puasa yang sehat, harus tersokong dengan jumlah asupan serat maupun protein yang adekuat. Seperti yang kita ketahui serat akan melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi sembelit.

Sedangkan masalah protein diperlukan untuk pembentukan dari otot-otot tubu. Dimana otot inilah yang nantinya akan mengontrol jumlah lemak tubuh. Bagaimana caranya? seperti yang tercantum di menu diet saat puasa ramadhan sehat dan mengenyangkan, massa otot yang terbentuk akan mengalahkan dan memakan kadar lemak tubuh yang melebihi porsi seharunya.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi banyak dan cukup serat maupun protein disaat sahur dan berbuka akan membuat kamu merasa lebih “kenyang”. Ini akan berbeda ketimbang kamu mengkonsumsi karbohidrat sederhana yang hanya akan menguraikan zat gula dan menyebabkan kadar insulin darah meningkat, hingga menyebabkan perasaan mudah lapar yang memicu kegemukan.

2. Jauhi Minuman dan Makanan Manis

Jika kamu ingin mengkonsumsi karbohidrat selama berpuasa seperti yang terkandung di dalam menu buka puasa rendah kalori, maka cobalah mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Karena saat berpuasa kadar insulin di dalam darah tidak sebanyak biasanya atau sedang menurun. Jadi ini hanya akan menyebabkan timbunan lemak di tubuh jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis.

Memang kita ketahui bahwasanya makanan dan minuman manis diperlukan tubuh untuk mengembalikan energi yang terkuras selama berpuasa. Namun, jika terlalu banyak maka hanya akan disimpan dalam bentuk lemak di tubuh lho! oleh kaera itu, cobalah hindari mengkonsumsi makanan maupun minuman manis agar lemak dibadan tidak semakin menumpuk dan membuatmu menjadi kian gemuk.

Jadi cobalah cari alternatif lain untuk mengembalikan energi dengan kadar insulin yang turun selama berpuasa seperti nasi merah, buah buahan dan lemak baik seperti alpukat. Ini juga tercantum di dalam menu buka puasa debm. Oleh karena itu, tubuh tidak akan menyimpan kelebihan gula sebagai lemak lagi.


3. Jangan Lupa Untuk Bergerak

Walaupun pada judul kita menyatakan cara diet saat puasa tanpa olahraga, namun tidak berarti kamu bisa bermalas-malasan seharian lho! Tubuh kita memerlukan gerakan yang cukup agar tidak mudah terserang penyakin dan menjadi lebih sehat. Memang tidak memerlukan sebuah olah raga khusus apalagi harus pergi ke tempat gym untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan indah.

Kamu hanya perlu selalu bergerak. Misalnya saja tetap menyapu rumah, mencuci piring, memasak dan mencuci di saat siang hari. Dimana ini merupakan pengganti olah raga formal yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang deang menjalankan prosedur diet seperti tips diet setelah berpuasa ramadhan. Dengan memperbanyak gerakan maka gula yang berlebih ditubuh akan dibakar menjadi energi oleh tubuh.

4. Tetap Terhidrasi

Jangan sampai puasa malah membuat kamu menjadi dehidrasi. Maka cobalah untuk mengatur porsi minum saat sahur dan setelah berbuka puasa. Karena setidaknya anjuran minum yang diperlukan tubuh dalam sehari adalah 8 gelas. Kekurangan air atau cairan tubuh bisa dengan mudah dideteksi melalui warna urine, jika bewarna kuning pekat maka kamu kurang cairan atau kurang minum.

Nah, saat puasa kamu bisa menggunakan teori minum dengan rumus 2-2-2-2 yakni 2 gelas kala sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat atau sebelum tarawih dan sebelum tidur juga 2 gelas. Air bisa mempercepat metabolisme tubuh hingga 30 %. Jadi semakin banyak kita minum maka semakin baik metabolisme tubuh dan semakin banyak energi yang terbentuk dari penguraian lemak dan gula berlebih.


5. Hindari Gorengan

Seperti menu diet mayo saat puasa, kamu harus mengontrol nafsu makan yang biasanya akan lebih meningkat daripada hari-hari biasa. Karena saat berpuasa, kita mungkin akan mudah tergoda dengan banyaknya makanan lezat yang bisa disantap saat berbuka. Gorengan adalah salah satu cemilan yang menggiurkan bukan? Namun jangan tergoda oleh pesona cemilan yang satu ini.

Tidak hanya akan menambah persentase lemak jahat yang menyebabkan kegemukan. Mengkonsumsi gorengan akan membuat kadar kolesterol kian naik dan menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya. Jadi siasatilah dengan menu berbuka yang lebih baik seperti menu buka puasa yang sehat ini. carilah lemak yang lebih baik seperti buah alpukat, ikan dan kacang-kacangan.

6. Jangan Abaikan Waktu Tidur

Kamu harus tahu bahwasanya penting untuk menjaga kebutuhan tidur. Kurang tidur akan menurunkan laju metabolisme tubuh yang berdampak pada penumpukan lemak tubuh.  Seperti cara diet saat bulan puasa yang dianjurkan maka harus memenuhi kebutuhan tidur yang cukup.

Demikianlah cara terbaik untuk berpuasa selama puasa. Dengan mengatur pola makan dan mengikuti menu buka puasa yang sehat maka berat badan yang ideal bukanlah hal yang sulit didapatkan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!