20 Menu Buka Puasa Rendah Kalori untuk Low Budget

Bulan puasa identik dengan tidak teraturnya pola makan ataupun asupan yang masuk ke dalam tubuh kita. Biasanya jika tiba saat berbuka, kita suka lupa diri atau bisa dibilang tidak dapat mengkontrol makanan yang masuk dalam tubuh kita.

ads

Banyak diantara orang – orang yang mengeluhkan mengapa pasca bulan puasa berat badan menjadi naik?, jawabannya adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu suka lupa diri atau tidak bisa mengkontrol makanan yang masuk. Jika anda tidak ingin pasca bulan ramadhan ini berat badan menjadi naik, ada baiknya anda membuat menu buka puasa rendah kalori agar asupan makanan tidak melebihi batasnya.

Apa sih yang dimaksud rendah kalori itu?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas ada baiknya kita mengetahui kebutuhan kalori yang kita butuhkan. Sebetulnya kebutuhan kalori tiap orang berbeda – beda tergantung dengan beberapa faktor, yaitu antara lain :

  • Aktifitas yang dilakukan sehari – hari
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Berat badan

Namun, rata – rata kebutuhan kalori pada seorang pria dalam satu hari adalah 2500 kal dan pada seorang wanita adalah sebesar 2000 kal dalam satu hari. Jika dalam sehari kita membutuhkan kalori seperti yang telah disebutkan, dengan otomatis jika kita pasca bulan ramadhan tidak ingin menambah berat badan, maka menu buka puasa rendah kalori akan sangat direkomendasi agar tidak terjadi lonjakan berat badan.

Jika anda sudah bertekad untuk menyantap menu buka puasa rendah kalori tetapi anda masih bingung menu apa saja ya?? Berikut akan kami sajikan beberapa menu buka puasa rendah kalori.

1. Menu buka puasa rendah kalori di hari pertama

6 sendok makan nasi merah + semangkok sup ayam 150 gr + semangkok kolak

Keterangan :
Khasiat nasi merah untuk diet terbukti memiliki kandungan kalori lebih rendah daripada nasi putih, lalu untuk selanjutnya yaitu semangkok sup ayam, karena bagaimanapun juga anda sedang berpuasa tentunya harus mendapat asupan protein, dan yang terakhir adalah kolak, anda tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi yang manis – manis agar mendapat asupan kalsium

2. Menu buka puasa rendah kalori di hari ke dua

6 sendok makan nasi merah + semangkok sayur bayam kurang lebih 2 ikat bayam + segelas susu rendah lemak

Keterangan :
Khasiat bayam untuk diet selain memiliki banyak sekali gizi yang terkandung didalamnya seperti zat besi, juga mengandung protein, dll. Diusahakan ketika memasak sayur bayam jangan terlalu banyak memberikan garam, karena garam lebih mengikat air, dan yang terakhir adalah susu rendah lemak agar tubuh tetap mendapat kalsium. Cara diet dengan susu sangat bermanfaat.


3. Menu buka puasa rendah kalori di hari ke tiga

6 sendok makan nasi merah + semur telur rebus + semangkok sayuran capcay + segelas jus apel

Keterangan :
Semur telur rebus yang dikonsumsi sebaiknya 1 butir saja, dan sayuran capcay terdiri dari berbagai macam sayuran seperti wortel, buncis, sawi, boleh ditambah dengan bakso atau ayam secukupnya.

4. Menu di hari ke empat

6 sendok makan nasi merah +  semangkok sayuran capcay + ikan tuna 150 gr + segelas jus alpukat

Keterangan :
ikan tuna diperuntukkan agar tubuh mendapat protein lebih banyak, selain protein ikan tuna juga memiliki omega 3 yang tinggi.

5. Menu di hari ke lima

6 sendok makan nasi merah +  pepes ikan pindang + semangkok sup kacang merah + segelas susu rendah lemak

Keterangan:
sup kacang merah membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan memiliki antioksidan yang tinggi, berguna untuk mencegah penuan dini dan mencegah kanker.

6. Menu di hari ke enam

Ketupat 160 gr + semangkok sayur lodeh + dada ayam kukus + buah pepaya 100 gram

Keterangan :
buah pepaya memiliki anti flamasi, memperlancar pencernaan, dan memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin E.

7. Menu di hari ke tujuh

Ketupat 160 gr + semangkok sayur asam + pepes ikan pindang + buah pisang 2 buah

Keterangan :
Buah pisang dapat melancarkan peredaran darah dan dapat membantu pencernaan pada usus.

8. Menu di hari ke delapan

Ketupat 160 gr + semangkok sop kentang dan buncis + dada ayam kukus 160 gr + segelas susu rendah lemak

Keterangan :
Khasiat buncis untuk diet sangat terbukti, dan anda dapat menambahi dengan kubis ataupun di dalamnya ditambahi dengan makaroni agar lebih bervariasi isi di dalam sop.

9. Menu di hari ke sembilan

Ketupat 160 gr + semangkok sop daging 150 gr  + segelas susu rendah lemak

Keterangan :
Sop daging dapat ditambahkan dengan berbagai macam sayuran seperti buncis ataupun wortel secukupnya.

10. Menu di hari ke sepuluh

Ketupat 160 gr + semangkok sop ayam  + segelas jus buah naga

Keterangan :
Sop ayam dapat ditambahkan dengan berbagai macam sayuran seperti buncis ataupun wortel dan makaroni secukupnya.

11. Menu di hari ke sebelas

Ketupat 160 gr + semangkok soto daging  + telur rebus 1 butir + segelas jus buah naga

Keterangan :
Selain memiliki berbagai vitamin, khasiat buah naga untuk diet sangat terbukti. Telur rebus dapat menjadi pelengkap pada saat menyantap soto daging agar tidak terlalu bosan. Yang perlu anda ketahui adalah terdapat cara memasak telur untuk diet

12. Menu di hari ke dua belas

6 sendok makan nasi merah +  semangkok sayuran capcay + tempe bacem 4 buah + segelas jus alpukat

Keterangan :
Sayuran capcay boleh dicampur dengan telur orak arik ataupun suwiran ayam secukupnya sebagai pelengkap.Khasiat alpukat untuk diet sudah cukup terbukti.

13. Menu di hari ke tiga belas

Ketupat 160 gr + sate ayam 10 tusuk  + segelas jus buah naga

Keterangan :
Sate ayam boleh diganti dengan sate kambing, sesuaikan selera anda.

14. Menu di hari ke empat belas

6 sendok makan nasi merah + tempe bacem 4 buah +telur rebus 1 butir + semangkok sayur bayam + segelas jus apel

Keterangan :
tempe bacem dapat diganti dengan tahu bacem, sesuaikan selera anda.

15. Menu di hari ke lima belas

6 sendok makan nasi merah + telur rebus 1 butir + semangkok sayur asem + ikan bandeng 100 gram + segelas jus apel

Keterangan :
Jika anda merasa bosan dengan jus, anda bisa mengganti dengan puding buah. 


16. Menu di hari ke enam belas

6 sendok makan nasi merah + ayam kecap 160 gram + semangkok sayur bayam + ikan bandeng 100 gram + youghurt satu cup

17. Menu di hari ke tujuh belas

6 sendok makan nasi merah + daging panggang 160 gram + semangkok sop kentang +  semangkok kolak

18. Menu di hari ke delapan belas

6 sendok makan nasi merah + ayam bakar 200 gram + semangkok sop kerang + segelas susu rendah lemak

19. Menu di hari ke sembilan belas

6 sendok makan nasi merah + semangkok cumi saos asam manis 150 gram + tumis kangkung + segelas jeruk nipis

Keterangan:
Khasiat jeruk nipis untuk diet sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

20. Menu di hari ke dua puluh

6 sendok makan nasi merah + ikan bandeng 150 gram + semangkok sayur asem + segelas susu rendah lemak

Untuk hari selanjutnya anda dapat mix sendiri sesuai selera. Anda juga bisa mengganti minuman yang lain dengan menggunakan kangen water, khasiat kangen water untuk diet cukup menjanjikan. Jika anda merasa berat menggunakan menu diatas, anda dapat membuat daftar menu diet sehat dan murah. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Menu