Beginilah 5 Akibat Kelebihan Kalori Bagi Tubuh Yang Patut Diwaspadai

Akibat Kelebihan KaloriKalori merupakan takaran atau ukuran energi yang terkandung dalam suatu jenis makanan yang butuhkan oleh tubuh supaya dapat melakukan aktivitas.

ads

Kebutuhan akan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh masing-masing orang berbeda dan dipengaruhi oleh banyak faktor seperti jenis aktivita, usia, dan jenis kelamin.

Mengkonsumsi makanan mengandung kalori memang diperlukan tubuh sebagai salah satu sumber energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari. Namun kita juga perlu perhati-hari apabila jumlah kalori tersebut berlebihan masuk ke dalam tubuh kita bisa memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa efek yang bisa ditimbulkan sebagai akibat kelebihan kalori yang perlu untuk diwaspadai.

  1. Meningkatknya kadar kolestrol

Kalori berlebihan yang dihasilkan, terutama dari karbohidrat sederhana berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat yang bisa menjadi awal timbulnya berbagai macam penyakit. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan dan penurunan kadar gula dalam tubuh secara signifikan dalam waktu yang cepat dan juga melambatnya metabolisme tubuh akibat kelebihan kalori.

Maka dari itu, para ahli menganjurkan agar lebih baik mengkonsumsi makanan rendah kalori dan karbohidrat supaya tubuh menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Berat Badan sulit turun

Mengkonsumsi makanan mengandung kalori yang tinggi secara berlebihan bisa membuat kaloti tersebut menumpuk menjadi lemak dan tentu bisa menambah berat badan. Salah satu zat gizi yang menyumbang kalori yang paling besar adalah karbohidrat, terutama karbohidrat sederhana.

Kebiasaan mengkonsumsi kalori secara berlebihan setiap hari, terlebih jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik bisa salah satu penyebab berat badan sudah turun padahal sudah diet. Maka dari itu untuk menurunkan berat badan ini selain dengan menghindari atau mengurangi konsumsi makanan berkalori tinggi, imbangi juga dengan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan.

  1. Rentan terkena penyakit

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa kelebihan kalori yang menumpuk di tubuh bisa menjadi salah satu sumber penyakit. Salah satu akibat kalori yang menumpuk tersebut bisa menaikkan kadar gula darah dan bisa menimbulkan penyakit seperti diabetes. 


  1. Mood mudah berubah dan gampang stress

Kadar gula darah yang tidak stabil akibat kelebihan kalori tersebut juga bisa memicu perubahan mood dan juga bisa menimbulkan frustasi. Tentu dampak perubahan mood dan stress ini juga bisa juga mempengaruuhi kondisi kesehatan tubuh kita dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari.

  1. Sering merasa lapar

Salah satu dampak lainnya akibat kelebihan kalori dalam tubuh yang juga bisa kita rasakan  adalah menjadi mudah atau sering merasa lapar. Hal ini bisa terjadi karena dampak dari perubahan kadar gula yang tidak stabil akibat kelebihan kalori tersebut seakan memberi sinyal bahwa tubuh kita merasa lapar.

Maka dari itu dibandingkan dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai sumber karbohidrat kompleks seperti gandum yang merupakan salah satu makanan rendah kalori yang mengenyangkan karena mempunyai serat yang bisa membuat tubuh kenyang lebih lama dan lebih menyehatkan tentunya.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga menginspirasi untuk melakukan hidup sehat, dan terimakasih juga sudah membaca artikel ini. Sampai bertemu di artikel berikutnya.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet