Begini Bunda 7 Cara Cepat Kurus Saat Menyusui dan Aman Bagi Ibu dan Bayi

Cara Cepat Kurus Saat MenyusuiAnda mungkin tidak percaya diri karena berat badan yang berlebih setelah melahirkan. Banyak ibu yang berusaha untuk menurunkan berat badannya dengan cara diet. Namun, Anda perlu mengetahui cara cepat kurus saat menyusui yang tidak merusak kesehatan Anda.

ads

Apabila Anda ingin melakukan diet saat menyusui, Anda harus memperhatikan asupan nutrisi yang Anda peroleh. Anda harus memperhatikan apakah menu diet ibu menyusui atau menu diet setelah melahirkan dapat memenuhi kebutuhan bayi Anda yang masih bergantung pada ASI.

Ada berbagai macam cara diet ibu menyusui ataupun cara diet setelah melahirkan diantaranya adalah diet gm untuk ibu menyusui. Bagi Anda pelaku diet mayo, Anda perlu mengetahui efek samping diet mayo bagi ibu menyusui.

Cara cepat kurus saat menyusui diantaranya adalah:

  1. Makan sedikit tetapi sering

Anda mungkin berpikir untuk mengurangi porsi makan saat ingin menguruskan badan. Namun, makan sedikit tetapi sering adalah cara terbaik yang membuat Anda selalu merasa kenyang. Apabila Anda sengaja mengurangi porsi makan dengan jarang makan, maka Anda akan merasa terlalu lapar. Hal ini akan mendorong Anda untuk makan lebih banyak, sehingga menyebabkan efek hormonal yang dapat mempengaruhi produksi ASI.

  1. Tetap menyusui tanpa ada batasan

Sebenarnya saat Anda sedang menyusui, Anda tidak perlu melakukan diet secara ketat. Aktivitas menyusui sudah memotong kalori sebanyak 500 kalori. Jadi berikan bayi Anda ASI secara rutin, karena tanpa disadari hal ini sudah membantu proses diet Anda.

  1. Banyak minum air putih

Khasiat air putih untuk diet sudah tidak diragukan lagi. Minum banyak air putih saat menyusui dapat mencegah Anda dari dehidrasi dan sembelit. Asupan air yang cukup dapat membantu mempercepat proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme tubuh yang baik dibutuhkan untuk keberhasilan diet Anda. Minumlah air 8 gelas sehari atau lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Warna urine yang pekat menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan.

  1. Berolahraga secara teratur

Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara teratur. Anda dapat memanfaatkan manfaat olahraga pagi untuk menghilangkan stress. Anda tidak harus melakukan olahraga berat untuk menurunkan berat badan. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai. Setidaknya lakukan olahraga 30 menit setiap harinya.

  1. Istirahat dan tidur yang cukup

Istirahat dan tidur yang cukup penting untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat saat sedang menyusui. Anda perlu mendapatkan tidur malam setidaknya 7 – 8 jam setiap harinya. Saat bayi Anda rewel saat tengah malam, Anda dapat mengatasinya dengan tidur lebih awal.


  1. Hindari stress

Saat anda kelelahan, tubuh akan melepaskan hormon kortisol dan hormon stress yang lain. Hormon ini ternyata dapat mendorong peningkatan berat badan. Oleh karena itu, hindari stress dan jangan merasa tertekan akibat bentuk tubuh Anda yang gemuk pasca melahirkan.

  1. Selalu sarapan pagi

Anda mungkin sibuk mengurusi si kecil pada pagi hari, tetapi jangan sampai Anda melewatkan sarapan pagi. Sarapan membantu Anda untuk memiliki cukup energi agar dapat menjalani aktifitas seharian. Perhatikan menu sarapan pagi Anda dengan mengetahui jenis makanan diet ibu menyusui yang baik bagi kesehatan Anda dan si kecil. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau oatmeal untuk diet Anda saat sedang menyusui.

Inilah penjelasan mengenai cara cepat kurus saat menyusui. Anda dapat mempraktekkannya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pasca melahirkan. Namun, tetap perhatikan kesehatan Anda dan si buah hati. Lakukan tips diet ibu menyusui yang telah diberikan dengan sabar dan telaten untuk mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips