11 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Diet Wajib Dipatuhi

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat DietPuluhan jenis buah di sekitar Anda memiliki khasiat dan rasa yang unik. Buah untuk diet menjadi salah satu manfaat yang banyak digunakan untuk mencapai target berat badan.

ads

Setiap jenis buah memiliki nutrisi yang berbeda sehingga berpengaruh baik maupun buruk bagi metabolisme tubuh.

Dalam bahasan kali ini akan dijelaskan buah yang kurang baik bagi metabolisme sehingga harus dijauhi untuk diet tertentu. Adapun 11 buah yang tidak boleh dimakan saat diet beserta jenisnya dapat dibaca dari informasi di bawah ini:

1. Durian

Menjadi pantangan makanan diet herbalife, durian mengandung banyak kalori dari karbohidrat dan lemak. Buah kaya serat ini pun akan memicu kenaikan gula darah sehingga jumlahnya harus dibatasi selama diet. Perlu diketahui juga bahwa durian masih mengandung nutrisi yang baik seperti beta karoten dan vitamin C sebagai penangkal radikal bebas.

2. Avokad

Buah berwarna hijau ini terkenal dengan rasa lezat dan aneka olahan produk yang bermanfaat seperti produk perawatan kulit dan jus. Tetapi kandungan lemaknya mencapai 30 gram sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Cukup dengan 1 buah per hari saja sudah cukup untuk mendapat khasiat alpukat untuk diet seperti vitamin A, vitamin C, asam lemak omega 9, dan lain-lain.

3. Mangga

Buah mangga berguna untuk melawan radikal bebas dari kandungan beta karoten seperti buah durian. Tetapi buah ini tergolong dalam pantangan diet golongan darah AB jika dimakan melebihi batas wajar. Ada pula kasus perut sakit atau mulas karena terlalu banyak memakan mangga. Hal ini ditinjau dari kandungan gula yang cukup tinggi pada mangga sehingga memperlambat pembakaran lemak dan mengembalikan rasa lapar. Maka pelaku diet OCD juga harus membatasi asupan mangga.

4. Pisang

Bagi kalangan atlet, pisang merupakan buah yang digemari karena mengandung kalori tinggi dan mengandung kalium serta fosfor untuk menyehatkan tulang. Tetapi pisang memiliki kadar gula tinggi dan senyawa yang mampu menurunkan kinerja sel yang bertugas memecah lemak. Maka lemak dalam tubuh Anda akan lebih lama menumpuk sehingga perlu mengurangi konsumsi pisang tepatnya cukup 1 buah per hari.

5. Nanas

Nanas tergolong ke dalam buah dengan gula yang cukup banyak yaitu 17 gram per secangkir porsi sehingga jumlahnya harus dikurangi ketika menjalani diet. Banyak pula orang yang mengalami sakit perut ketika mengonsumsi nanas dalam keadaan perut kosong karena kandungan asamnya.

Tetapi Anda boleh menerapkan khasiat jus nanas untuk diet asal tidak terlalu banyak. Anjuran ini semata-mata diberikan untuk mencegah efek samping buah yang masuk dalam 11 buah yang tidak boleh dimakan saat diet ini seperti kerusakan gigi, alergi, dan rematik.


6. Apel

Sebagai pantangan dalam diet OCD, apel banyak mengandung gula yang menghambat metabolisme bahkan merusak gigi. Penderita diabetes yang ingin melakukan diet sebaiknya tidak memilih diet apel. Selain itu, buah ini bisa menimbulkan rasa kembung jika dimakan dalam keadaan perut kosong sehingga tidak baik untuk penderita maag. Untuk menghindari efek samping diet apel, Anda perlu mengetahui batas wajar dalam mengonsumsi apel.

7. Sawo

Sama halnya dengan pisang, sawo juga mengandung banyak kalori dan serat. Tetapi Anda tidak boleh terlalu banyak mengonsumsinya karena alasan yang terkait dengan gula darah. Buah musiman ini memiliki nilai indeks glikemik tinggi yang menunjukkan kenaikan gula darah setelah mengonsumsi sawo. Meningkatknya gula darah secara drastis membuat penderita diabetes harus menjauhi sawo ketika diet.

8. Anggur Merah

Buah yang kaya antioksidan dan baik untuk pembuluh darah ini tidak baik dikonsumsi dalam jumlah banyak terutama ketika perut kosong. Hal ini karena anggur mengandung gula yang tinggi selain memiliki kulit dan biji yang sulit dicerna. Namun khasiat anggur untuk diet misalnya sebagai antioksidan tetap dapat dicoba dalam jumlah yang terbilang aman.


9. Aprikot

Dengan biji yang mengandung zat penyebab pusing, mual, bahkan pingsan ini membuat aprikot tidak cocok untuk pelaku diet. Banyak studi juga menjelaskan bahwa aprikot kurang baik untuk sistem pencernaan. Buah yang sering menjadi bahan baku selai ini dapat dijadikan contoh menu diet 1200 kalori asalkan kadar konsumsinya sedikit saja misalnya 3-4 buah.

10. Pir

Tidak banyak orang yang tahu bahwa pir dapat membuat sulitnya buang air besar atau efek konstipasi. Buah ini juga menjadi penghambat pencernaan, kram, dan diare sehingga kurang baik dikonsumsi selama diet. Tetapi ada juga khasiat pir untuk diet seperti rendah lemak dan efek rasa kenyang yang lama.

Namun ingat bahwa Anda sebaiknya tidak terlalu banyak makan pir sekaligus dengan kulitnya terutama bagi orang yang sudah memiliki asam lambung tinggi.

11. Semangka

Terdapat 17 gram gula dalam secangkir porsi semangka dimana jumlah ini membuat semangka tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan ketika diet. Mengonsumsi semangka terlalu banyak dapat menyebabkan diare, meningkatkan glukosa, inflamasi hati, hingga gangguan jantung.

11 buah yang tidak boleh dimakan saat diet pada penjelasan di atas dapat membantu menjaga tubuh Anda selama diet. Tetapi intinya efek samping berbahaya karena buah hanya terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan atau di atas batas wajar untuk diet. Maka Anda perlu mengontrol diri sebelum memilih asupan yang tepat untuk setiap jenis diet.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan