12 Pantangan Dalam Diet OCD Yang Wajib Untuk Dihindari

Pantangan Dalam Diet OCD perlu anda perhatikan demi kelancaran dan juga keberhasilan dari diet tersebut. Diet OCD atau yang dikenal juga dengan istilah Obsessive Corbuzier’s Diet, pertama kali dikenalkan oleh seorang magician yang pada masa sekarang ini lebih dikenal sebagai presenter di salah satu televisi swasta. Sejak pertama kali diperkenalkan sistem diet Deddy Corbuzier ini menarik perhatian banyak orang yang ingi melakukan diet secara sehat. Metode ini menarik perhatian banyak orang mungkin dikarenakan metode diet ini tergolong unik dan bertentangan dengan metode-metode diet yang sudah terkenal sebelumnya, jika diet pada umumnya adalah pantang memakan makanan yang tidak sehat dan mengurangi porsi makan. (Baca juga: Cara diet dengan buah buahan)

ads

Baca juga:

Pantangan Dalam Diet OCD

Untuk mensukseskan program diet OCD yang sedang dijalani, tidak ada salahnya demi kelancaran program diet dan keberhasilannya, setidaknya memiliki pengetahuan mengenai makanan apa saja yang tidak disarankan untuk banyak dikonsumsi ketika sedang menjalani diet OCD, dan berkut merupakan beberapa tips sukses menjalani OCD dengan memperhatikan makanan apa saja yang seharusnya kita kurangi atau hindari. (Baca juga: Pola yang mempengaruhi pola diet seseorang)

Maka dalam OCD aturan ini sama sekali tidak berlaku, diet OCD memperbolehkan orang yang melakukan program diet makan sesuai keinginannya tanpa ada pantangan tertentu, hanya saja pengaturan dalam program diet ini adalah menghentikan kegiatan makan pada waktu tertentu. Perbedaan yang paling menonjol dari program diet ini adalah pada penerapannya yang terkenal yaitu sering diesbut jendela makan atau pengaturan waktu dimana diperbolehkan makan apapun dalam waktu yang ditentukan dan berhenti melakukan kegiatan makan dalam waktu selanjutnya. Dan dalam pembahasan kali ini, akan menjabarkan apa saja pantangan dalam menjalankan program diet OCD.

1. Hindari Memakan Buah Secara Berlebihan

Pada dasarnya buah adalah sumber nutrisi bergizi yang paling baik diserap oleh tubuh, akan tetapi kandungan gula yang terdapat dalam buah-buahan juga tidak serta merta dapat dihindari. Menurut penelitian setidaknya 10% dari berat buah adalah mengandung gula, seperti pada saat kita memakan apel, anggur, jeruk, mangga, dan lainnya akan sangat terasa manisnya bukan. (Baca juga: Tips diet tanpa makan nasi)

Gula dalam buah memang baik untuk kesehatan tubuh, namun sangat dianjurkan untuk mengurangi porsi konsumsi buah dalam keseharian ketika sedang manjalani program diet OCD. Karena kebaikan kandungan dalam buah sebenarnya ada juga sisi negatifnya, gula yang terkandung dalam buah juga dapat menghambat pembakaran lemak dalam tubuh dan dapat meningkatkan rasa lapar, sehingga kelancaran dari program diet OCD yang sedang dijalankan terancam gagal. (Baca juga: Nutrisi yang dibutuhkan saat diet)

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan Ringan

Sebenarnya masalah yang ditimbulkan dari kebanyakan ngemil bukan hanya menjadi pantangan dalam menjalankan diet OCD, akan tetapi untuk semua jenis diet pada umumnya. Seperti banyak diketahui bahwa sumber dari penumpukan lemak adalah kebanyakan disumbang dari kebiasaan menyukai cemilan, orang yang memilki berat badan berlebih kebanyakan memiliki hobi ngemil. (Baca juga: Alasan melakukan diet)

Yang perlu digaris bawahi, berbagai macam jenis camilan itu sama sekali tidak akan membuat peut terasa kenyang, tetapi selera makan justru akan bertambah. Dengan bonus bahan-bahan dari camilan yang kebanyakan memiliki kandungan yang tidak baik untuk program diet yang akan dijalani. (Baca juga: Faktor yang mempengaruhi pola diet)


3. Hindari Junk Food atau Makanan Cepat Saji

Segala macam jenis junk food merupakan makanan yang tidak baik bagi kesehatan, kebanyakan adalah makanan yang rendah akan kandungan gizi, mengandung lemak jahat, minyak trans, banyak menggunakan bahan pengawet, bumbu penyedap dan bisa menyebabkan iritasi lambung dan mengganggu kesehatan pencernaan, sehingga ketika sedang melakukan program diet OCD lebih disarankan untuk menghindari junk food untuk menyeimbangkan asupan gizi yang masuk dalam tubuh.

4. Hindari Mengkonsumsi Kacang-kacangan Secara Berlebihan

Mengkonsumsi makanan sebenernya baik untuk kondisi tubuh, akan tetapi ketika sedang menjalankan diet OCD lebih disarankan untuk mengurangi makanan yang terbuat dari bahan kacang-kacangan. Misalnya saja kacang tanah atau almond, memang memiliki rasa yang enak akan tetapi makanan jenis ini memiliki nutrisi tinggi yang dibutuhkan tubuh seperti misalnya vitamin E, protein, dan omega 3. Namun, kadar kalori yang sangat tinggi juga bisa mengganggu keberhasilan program diet OCD yang sedang dijalani. ( Baca: Bahaya gorengan untuk diet)

5. Hindari Mengkonsumsi Mie Instan

Mie instan merupakan makanan paling favorit bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, mie instan banyak disukai karena cara penyajianya yang cepat dan harganya yang murah meriah. Akan tetapi, kandungan bahan bahan yang terdapat dalam mie instan memiliki bahan pengawet yang dapet mengganggu program diet OCD yang sedang dilakukan. Maka ketika sedang menjalani program diet OCD sangat disarankan untuk tidak dulu mengkonsumsi mie instan. (Baca: Cara memasak brokoli untuk menu diet)

Selain makanan, minuman yang kita konsumsi juga akan berpengaruh, setidaknya dalam program diet OCD yang dijalankan. Asupan minuman yang tidak sehat dan mengandung bahan-bahan tertentu dapat menghambat kelancaran program diet OCD, dalam pembahasan kali ini akan disebutkan beberapa minuman yang seharusnya tidak dikonsumsi ketika menjalani diet OCD.

Artikel terkait:

6. Hindari Meminum Kopi

Kopi merupakan minuman kesukaan banyak orang, umumnya kopi terkenal karena kepahitan rasanya, akan tetapi sesuai dengan perkembangan jaman berbagai inovasi ditawarkan untuk para pecinta kopi dari sehingga tidak akan kehilanggan pencintanya. Kopi yang sering digunakan oleh banyak orang ketika nongkrong dengan teman-teman atau teman begadang ketika mengerjakan tugas selain rasanya yang nikmat ternyata juga bisa menimbulkan bahaya, apalagi ketika seseorang sedang menjalankan program diet OCD.

Ketika sedang menjalani program diet OCD sangat disarankan untuk meninggalkan kebiasaan meminum kopi, karena dalam kopi mengandung beberapa bahan yang tidak baik, ketika ditambahkan dengan gula putih dalam jumlah yang besar dan susu yang tinggi akan kandungan lemak, kondisi kopi tersebut justru akan memicu peningkatan berat badan dengan cepat jika dikonsumsi setiap hari. (Baca juga: Pantangan diet pisang)

7. Hindari Meminum Minuman Bersoda

Dalam menjalankan program diet OCD lebih baik jika menghindari minuman bersoda, kandungan minuman dengan komposisi soda bersifat tajam, panas, dan bisa menghambat penyerapan nutrisi didalam tubuh dan cenderung meningkatkan kadar gula darah, kondisi seperti ini dapat dengan mudah menggagalkan program diet OCD yang sedang dijalani. (Baca juga: Cara diet buah apel)

8. Hindari Meminum Susu Tinggi Lemak

Jenis dari susu memang memiliki banyak varian, akan tetapi ketika menjalani program diet OCD sebaiknya menghindari susu dengan kandungan lemak yang tinggi, hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh seperti pada bagian perut. Susu tinggi lemak dapat menyumbat aliran darah karena kadar gulanya yang sangat tinggi. ketika menjalani program diet OCD sebaiknya mengsubtitusi konsumsi susu tinggi lemak dengan susu kacang kedelai dan susu krim yang dapat membantu penurunan berat badan. (Baca: Diet golongan darah o)

9. Kurangi Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Gula 

Gula adalah salah satu pelengkap dalam makanan maupun minuman, karena tanpa ada gula minuman akan terasa hambar. Namun saat anda menjalankan diet OCD, anda harus mematuhi pantangan dalam diet OCD ini. Yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan, karena dengan demikian anda akan mudah terserang penyakit diabetes dan menganggalkan diet OCD ini.

10. Menghindari Makanan Dengan Kalori Tinggi Pada Malam Hari

Kalori memang sangat dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun apabila anda sedang menjalankan diet OCD, maka anda harus menghindari makanan yang mengandung kalori tinggi khususnya pada malam hari. Karena saat malam hari tubuh akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan dengan kalori tinggi. Sehingga yang terjadi adalah kalori akan menumpuk dalam perut dan menyebabkan obesitas. (Baca Juga : Diet Golongan Darah A )

11. Mengurangi Pemanis Buatan 

Pemanis bisa membuat makanan menjadi sangat manis dan juga lezat. Namun apabila mengkonsumsinya secara berlebihan dan juga anda sedang menjalani diet OCD maka yang terjadi diet anda akan dengan segera gagal. Dan dampak yang paling buruk dari pemanis buatan adalah tidak sehat bagi tubuh. (Baca Juga : Diet Golongan Darah B )

12. Mengurangi Stres dan Banyak Istirahat 

Stres juga salah satu penyebab dari meningkatnya berat badan. Kenapa bisa demikian? Karena dengan stres kita akan merasa terkuras semua pikiran dan akibatnya kita akan mudah lapar. Jadi untuk keberhasilan diet, sebaiknya anda menghindari stres dan juga menjaga waktu untuk istirahat.

Baca Juga :

Penjelasan diatas merupakan beberapa pantangan dalam diet OCD yang harusnya dihindari ketika sedang menjalankan diet baik itu makanan atau minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi, hal ini bermanfaat untuk keberlangsungan dan kesuksesan program diet yang sedang dijalani. semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru mengenai diet OCD.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan