8 Pantangan Makanan Diet Golongan Darah O Supaya Diet Lebih Efisien

Pantangan Makanan Diet Golongan Darah OTahukah Anda tentang diet golongan darah? Keunikan jenis diet yang satu ini ialah menganut aturan makanan sesuai karakteristik golongan darah seperti diet golongan darah AB, B, O, dan A.

ads

Namun bahasan dalam penjalasan kali ini khusus mengenai diet golongan darah O. Efektifitas diet ini telah terbukti menurunkan berat badan karena sifat asli darah tidak berubah dan mudah dijadikan acuan.

Untuk mencapai tujuan diet, Anda perlu mengenal pantangan makanan diet golongan darah O yang dihindari supaya diet efisien dan lancar. Berikut ini pantangan makanan yang dimaksud:

1. Produk Hewani Dari Olahan Susu

Bagi orang bergolongan darah O, mencerna susu maupun olahan susu yang berasal dari produk hewani tergolong sulit. Maka selama melakukan diet Anda harus menjauhi produk seperti keju dan yoghurt meskipun yoghurt cocok dijadikan makan malam setelah fitness. Bagi orang yang terbiasa dengan susu sapi maka dapat diganti dengan susu kedelai. Selain susu, Anda dapat memilih suplemen kalsium untuk memperoleh nutrisi yang sama dengan susu untuk kesehatan tulang.

2. Buah Kadar Asam Tinggi

Pemilik golongan darah O tidak boleh mengonsumsi makanan yang memicu kenaikan asam lambung termasuk dari buah-buahan berasa asam seperti beri, kiwi, jeruk, dan melon madu. Hal ini dikarenakan kadar asam lambung pelaku diet ini umumnya sudah tinggi. Jenis buah yang tidak menjadi pantangan diet golongan darah O ialah buah bersifat alkali seperti apel, alpukat, dan kurma.

3. Sayuran

Selain buah, rupanya terdapat jenis sayuran yang sebaiknya dihindari pelaku diet golongan darah O seperti kubis, bunga kol, jagung, dan sawi hijau. Sayuran ini mengandung gluten dimana yang menghambat metabolisme tubuh. Sayuran yang baik dikonsumsi ialah bayam, brokoli, kangkung, seledri, dan wortel yang juga bukan bagian dari pantangan makanan diet DEBM.

Tidak ada aturan masak untuk sayuran atau aturan batasan konsumsi sehingga tidak menyiksa. Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh merasa tidak nyaman selama diet dan menunda makan ketika terasa lapar.

4. Produk Gandum

Termasuk dalam pantangan makanan dan minuman saat diet, gandum berkaitan erat dengan hormon tiroid yaitu memperlambat kerja hormon serta memperburuk insulin. Karena inilah gandum tidak baik untuk sistem metabolisme orang bergolongan darah O sehingga harus dijauhi. Pelaku diet golongan darah O umumnya akan senang karena dapat mengonsumsi nasi dan justru perlu menghindari roti.

5. Produk Olahan Kopi

Sebagai pemicu naiknya kadar asam lambung, kopi termasuk pantangan makanan diet golongan darah O yang dihindari supaya diet efisien dan lancar. Hal ini juga berlaku untuk makanan atau produk olahan kopi seperti puding kopi, donat bertopping kopi, muffin kopi, brownies kopi, dan produk berbahan kopi lainnya. Kopi yang terkenal sebagai penyebab tidak bisa gemuk sayangnya kurang bermanfaat bagi Anda yang bertipe darah O.


6. Makanan Dengan Penyedap Buatan

Tidak hanya meningkatkan risiko kanker, makanan dengan penyedap buatan juga dapat menggagalkan diet. Pola makan golongan darah O yang disarankan adalah makanan berprotein tinggi seperti daging dan makanan laut. Hal ini disebabkan karena makanan seperti ini lebih cepat dicerna oleh orang bergolongan darah O daripada golongan darah lain.

7. Kacang tertentu

Ternyata tidak semua kacang-kacangan aman dikonsumsi untuk diet golongan darah O. Beragam jenis kacang seperti kacang merah, kacang navy, kacang hijau, dan kacang mete sebaiknya dikurangi sehingga tujuan berat badan ideal tercapai. Namun terdapat rekomendasi kacang sebagai makanan untuk diet golongan darah O seperti kacang pinto dan kacang azuki.

8. Produk Tepung dan Gluten

Produk dari gluten akan menimbulkan kegemukan karena menghambat metabolisme. Bahkan terdapat kasus dimana orang mengalami masalah pencernaan seperti alergi pencernaan, kembung, hingga diare ketika mengonsumsi produk dari gluten. Contohnya makanan berkadar gluten tinggi adalah kubis dan kembang kol.

Setelah memelajari pantangan makanan diet golongan darah O yang dihindari supaya diet efisien dan lancar, Anda masih perlu melakukan olahraga ringan. Contohnya adalah memeroleh manfaat wall sit yang mudah dipraktikkan. Yuk, kenali nutrisi yang tepat menurut golongan darah Anda sehingga diet bisa sukses!

, , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan