Bunda Ini Loh 4 Cara Diet Untuk Anak-Anak Cepat Kurus dan Aman

Diet menjadi cara yang dipilih untuk menghilangkan obesitas atau kelebihan berat badan pada anak-anak. Ada berbagai cara diet untuk anak obesitas yang ditawarkan pada anda. Mulai dari diet rendah lemak hingga menggunakan obat pelangsing. Padahal bahaya obat pelangsing pada anak-anak bisa membuat pertumbuhan anak-anak menjadi terganggu.

ads

Oleh karena itu, cara terbaik untuk melakukan diet pada anak-anak adalah dengan melawan penyebab obesitas. Misalnya, obesitas disebabkan oleh makanan, maka anak-anak harus diajarkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang menyebabkan kenaikan berat badan. Selain itu cara diet untuk anak-anak yang baik adalah:

  • Melakukan Perhitungan Kalori

Jangan pernah berpikir untuk menghilangkan kalori dari menu harian anak-anak yang sedang diet. Kalori merupakan zat gizi yang penting bagi anak-anak karena membantu memberikan energi dan membuat beberapa proses metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan baik. Anda hanya harus menghitung jumlah kalori yang diperlukan oleh anak anda.

Lalu hitung jumlah kalori dari setiap makanan yang akan anda berikan kepada mereka. Hal ini merupakan cara diet yang baik pada anak-anak. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Kebutuhan kalori di dalam tubuh dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, indeks BMI, aktivitas harian dan berbagai faktor lainnya.

  • Memberikan Anak-Anak Lebih Banyak Sayur dan Buah-Buahan

Cara diet untuk anak-anak yang baik adalah dengan memberikan mereka banyak sayur dan buah-buahan. Dua jenis makanan ini merupakan makanan yang sehat untuk diet. Anda bisa menambahkan berbagai jenis sayuran hijau dan buah aneka warna ke menu harian anak-anak.

Buah dan sayur dapat anda sajikan dalam bentuk jus atau buah utuh. Buah dan sayur disarankan karena mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan.

  • Minum lebih Banyak Air Putih

Air putih menjadi cara diet untuk anak-anak yang baik. Jangan biarkan anak anda meminum jus, minuman instan, minuman berenergi, minuman dingin, dan soda lebih banyak daripada minum air putih. Minuman-minuman ini hanya akan membuat berat badan anak anda bertambah lagi dan lagi. Pilihan terbaik untuk menjalankan program diet adalah air putih.

  • Tidur yang cukup

Idealnya anak-anak membutuhkan tidur hingga 10 jam dalam sehari dan remaja membutuhkan tidur 9 jam sehari. Cara diet yang benar dan sehat ialah dengan memberikan anak-anak waktu tidur yang ideal sesuai dengan usia dan aktivitasnya.


Usahakan anak anda tidur diri dan sesuai porsi agar nutrisi yang sudah masuk bisa diproses dengan baik. Pastikan anak-anak untuk tidur 1 atau 2 jam setelah makan. Perut yang kembung dan proses diet yang gagal merupakan bahaya tidur setelah makan yang harus anda hindari.

Ada banyak tujuan diet obesitas pada anak, misalnya agar anak-anak bisa bergerak dengan lebih baik sehingga pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya juga berlangsung dengan baik.

Jadi, agar tujuan diet ini tercapai dengan baik, orang tua harus memilih cara diet untuk anak-anak terbaik dari banyak cara yang ditawarkan. Metode diet yang salah bisa membahayakan kesehatan anak anda. Anak-anak yang menjadi stress merupakan salah satu dari bahaya diet yang salah.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Panduan