17 Penyebab Obesitas Pada Remaja dan Orang Dewasa (#Harus Dihindari)

Penyebab Obesitas di picu oleh beberapa hal termasuk soal genetik atau keturunan. Obesitas merupakan kondisi dimana tubuh kelebihan berat badan akibat kelebihan kandungan lemak di dalam tubuh. Obesitas juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya seperti penyakit Diabetes, Tekanan Darah Tinggi selain itu juga akan mengakibatkan penyakit jantung koroner. BMI tersebut merupakan ukuran untuk mengetahui tingkat kegemukan. Penyakit obesitas biasanya disertai gejala-gejala antara lain sulit tidur, ketika tidur tiba-tiba napas berhenti , mendengkur, merasakan nyeri punggung dan sendi , sulit untuk bernafas, merasa ngantuk dan lelah, depresi, terjadi ruam atau infeksi pada lipatan kulit, sering merasa panas, mengeluarkan keringat yang berlebihan serta gejala lainnya. Lalu apa saja yang menyebabkan terjadinya obesitas. Berikut mengenai faktor yang menyebabkan obesitas.

ads

Baca juga :

Penyebab Obesitas

1. Gaya Hidup

Salah satu pemicu obesitas yang paling umum yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Biasanya banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatannya , misalnya saja  saat kita makan diluar kita tidak memperhatikan kebersihannya dan kita tidak mempertimbangkan porsi atau pun kandungan yang ada di dalam makanan tersebut, contohnya juga sering mengkonsumsi mie instan, makanan junk food dan lain sebagainya . Serta pola tidur yang tidak teratur, juga merupakan pola hidup yang tidak baik.

Selain itu , seseorang yang cenderung malas melakukan gerak pada kesehariannya juga akan lebih beresiko terkena obesitas , mereka cenderung menghabiskan waktunya menonton TV atau pun bermain gadget. Pola hidup yang tidak baik tersebutlah yang menyebabkan terkena resiko penyakit obesitas. (Baca juga : Bahaya Diet Air Putih )

2. Pola Makan

Makanan tidak bisa terlepas dari kehidupan kita , karena dari makanan tersebutlah kita mendapatkan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi , seringkali kita tidak memperhatikan pola makan kita . Biasanya seseorang yang makan secara berlebihan , dan sering mengkonsumsi makanan junk food seperti mie instan, kue , snack , coklat dan lain sebagainya.

Makanan junk food dapat menyebabkan obesitas karena didalam makanan tersebut mengandung bahan pengawet , pemanis buatan dan kandungan yang tidak baik lainnya. Mereka sering kali tidak memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu komponen dari karbohidrat, lemak , protein , vitamin dan mineral . Masyarakat kita hanya berasumsi makan sampai perut kenyang , mereka tidak memikirkan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. (Baca jug ; Diet yang Baik Untuk Pria )

3. Kurang Gerak

Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yaitu tidak pernah melakukan gerak apapun atau tidak melakukan aktivitas yang akan menjadi Penyebab Obesitas. Jika kita bermalas-malasan untuk melakukan aktivitas hal yang terjadi yaitu penumpukan lemak yang berlebih di dalam tubuh . Untuk mengurangi lemak tubuh dapat dilakukan dengan cara melakukan gerak atau aktivitas , maka dianjurkan untuk selalu melakukan gerak atau aktivitas minimal 2 jam selama 1 hari. (Baca juga : Cara Diet Madu )

4. Faktor Genetik

Dapat kita lihat bahwa seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas biasanya akan menurunkan ke keturunananya . Hal ini dipengaruhi karena faktor gen yang sama dengan orang tuanya. Meskipun demikian , bukan berarti bahwa seseorang yang obesitas dari faktor genetik tidak bisa kurus . Meskipun dari faktor genetik tetap dapat melakukan penurunan berat badan jika melakukan program diet yang benar. (Baca juga : Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Diet )

5. Pengaruh Emosi

Emosi sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita , misalkan saja kita sedang merasakan depresi , ada orang tertentu saat depresi nafsu makannya akan menjadi berlebih dan cenderung tidak dapat menghentikan nafsu makan tersebut. Biasanya mereka saat depresi melampiaskan pada makanan tersebut. Selain itu juga kondisi emosi yang menyebabkan nafsu makan berlebih yaitu stress , sedih , susah maupun senang. Hal tersebutlah yang menyebabkan berat badan semakin bertambah dan akan berujung pada obesitas. (Baca juga : Diet Matahari )

6. Adanya Kerusakan di Otak

Kerusakan otak dapat menyebabkan obesitas karena di dalam otak terdapat saraf  di bagian Hipotalamus ( HL dan HVM) yang mengontrol emosi seseorang . Dimana HL berperan dalam meningkatkan nafsu makan kita , sedangkan HVM yang menghentikan nafsu makan.

Seseorang yang mengalami kerusakan pada bagian tersebut , tidak dapat mengontrol kapan waktunya harus makan dan berhenti makan , sehingga saat seseorang sedang makan dia tidak tau kapan harus berhenti karena mereka tidak merasakan kenyang . Hal ini membuat makanan yang kita konsumsi melebihi batas porsi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga akan menyebabkan berat badan yang berlebih. (Baca juga : Persepsi Yang Salah Tentang Diet )

7. Penggunaan Obat

Penggunaan obat sangat mempengaruhi penambahan berat badan , seperti obat untuk meningkatkan berat badan. Pengguanaan obat yang sering kita temui yaitu pada wanita yang sudah berkeluarga biasanya mereka mengkonsumsi pil KB , dimana efek pil KB tersebut akan membuat berat badan kita berlebih. Untuk menanggulanginya diharapkan sering melakukan aktivitas olahraga agar berat badan tidak berlebih. (Baca juga : Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet )

8. Faktor Lingkungan

Teerdapat daerah tertentu yang menganggap jika seseorang dengan berat badan berlebih mempertandakan orang tersebut sejahtera (makmur) . Maka di lingkungan tersebut berlomba–lomba agar badannya tidak kurus , persepsi tersebutlah yang membuat di daerah tertentu memiliki penduduk dengan kondisi obesitas. (Baca juga : Jenis Ikan Yang Baik Untuk Diet )

9. Aktvitas Fisik

Tidak jauh dari faktor obesitas yang sebelumnya di bahas , aktivitas fiisik yang kurang akan mengakibatkan lemak tidak dapat dikeluarkan dari tubuh dan cenderung menetap. Misalnya pada seseorang yang kesehariannya berdiam diri di rumah dan tidak melakukan aktivitas apapun makan akan memiliki resiko kelebihan berat badan lebih tinggi dibandingkan orang yang melakukan aktivitas secara berulang. (Baca juga : Fakta dan Mitos Diet )

10. Usia

Kelebihan berat badan sering kita temui pada usia lanjut . Dimana seseorang yang semakin tua tubuhnya akan mengalami kemunduran fungsi tubuh . Seperti fungsi organ jantung, ginjal, penglihatan , pencernaan dan lain sebagainya.

Hal tersebut menyebabkan sistem metabolisme tubuh juga mengalami kemunduran , dimana sistem metabolisme tersebut digunakan dalam pembakaran kalori atau energi , jika sistem tersebut mengalami kemunduran makan akan menyebabkan kalori yang ada di dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan . sehingga menyebabkan adanya penumpukan lemak yang berlebih. (Baca juga ; Bahaya Gorengan untuk Diet  )

11. Kelebihan mengkonsumsi makanan berkalori

Salah satu lemak menumpuk di dalam tubuh yaitu karena adanya kelebihan kalori . Makanan yang mempunyai kalori tinggi antara lain makanan junk food, kue , coklat , nasi. Biasanya seseorang yang mempunyai obesitas sangat gemar mengkonsumsi makanan tersebut , mereka cenderung tidak menyukai makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Hal ini lah yang menyebabkan berat badan seseorang naik secara drastis. (Baca juga :  Cara Diet Saat Hamil Muda )

12. Terlalu banyak Ngemil

Mengkonsumsi camilan tidak lepas dari kehidupan kita , apalagi ngemil saat didepan televisi maupun ngemil pop corn saat nonton bioskop. Sebenarnya ngemil juga dibutuhkan oleh tubuh ,akan tetapi pada porsi yang sesuai dan camilan yang tepat .

Camilan yang dianjurkan yaitu seperti kacang tanah yang di sangrai , kacang almond maupun camilan rendah lemak. Camilan yang membuat badan gemuk yaitu yang mengandung lemak tinggi seperti keripik , gorengan , snack , makanan cepat saji  , kue kering dan sebagainya. Maka dianjurkan saat ngemil mengkonsumsi camilan rendah lemak atau pun diganti dengan buah-buahan segar seperti apel, pir dan lain sebagainya. (Baca juga : Faktor Yang Mempengaruhi Pola Diet )


13. Kelebihan mengkonsumsi zat gula

Zat gula memang sangat penting bagi tubuh untuk proses metabolisme , karena gula merupakan salah sau zat dari karbohidrat yang digunakan untuk sumber energi. Akan tetapi jika kelebihan mengkonsusmsi zat gula tersebut justru akan menimbaulkan masalah bagi tubuh salah satunya masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Makanan atau minuman yang mengandung banyak gula antara lain kue, sirup , coklat , dan eskrim . Maka dianjurkan dalam mengkonsumsi makanan tersebut tidak secara berlebian . Kita dapat mengkonsumsinya 1-2 kali dalam seminggu. (Baca juga :  Cara Memasak Brokoli untuk Menu Diet)

14. Energi yang masuk tidak sebanding dengan energi yang keluar

Setiap kita melakukan aktivitas pasti akan mengeluarkan energi , dimana energi tersebut kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan. Misalnya kebutuhan energi kita sehari-hari tercukupi yaitu 1200 kalori , akan tetapi dari masuknya energi yang masuk tersebut tidak kita imbangi dengan melakukan aktivitas seperti olahraga atau yang lainnya. Hal tersebut menyebabkan energi kita tertumpuk dan tubuh tidak mmengeluarkannya sehingga akan membentuk lemak di dalam tubuh . (Baca juga : Alasan Orang Melakukan Diet )

15. Melewatkan Makan

Banyak yang menganggap jika kita tidak makan akan membuat tubuh kita menjadi kurus , hal tersebut tidak lahh benar. Justru saat kita melawatkan jam makan akan lebih beresiko terkena diiabetes , karena saat kita lapar menandakan kitta memerlukan energi , jika kita tidak makan maka nantinya akan membuat tubuh merasakan lapar yang berlebih , nah saat kita makan dengan jam yang terlewatkan maka membuat kita mengkonsumsi makanan lebih banyak . Hal tersebutlah yang menyebabkan berat badan kita semakin bertambah. (Baca juga : Manfaat Jahe Merah Dan Madu Untuk Diet )

16. Kurang Tidur

Banyak sekali seseorang malekukan bergadang pada saat malam hari , kebiasaan buruk tersebutlah yang mengakibatkan masalah kesehatan terutama berat badan yang berlebih bisa terjadi . Sebenarnya pada saat idur , tubuh sedang bekerja untuk membentuk hormon-hormon ttertentu , dan pada saat tidur juga tubuh mengalami peningkatan dalam proses metabolisme. Jika kita kurang tidur maka akan menyebabkan metabolisme kita menurun yang akan mengakibatkan proses pembakaran lemak di tubuh menjadi terhambat. (Baca juga : Cara Diet Vegetarian )

17. Makan berlebihan saat malam hari

Sering kali makan malam dikaitkan dengan masalah obesitas , memang hal tersebut benar jika kita mengkonsumsi makanan secara berlebihan apalagi pada saat malam hari . Akan tetapi bukan berarti tidak boleh makan pada malam hari hanya saja kita harus makan  sesuai porsi yang dibutuhkan . Faktor utama makan malam hari mengakibatkan kegemukan yaitu mengkonsumsi makananya secara berlebihan .

Baca juga :

Penjelasan diatas merupakan beberapa penyakit yang menyebabkan obesitas , diharapkan setelah mengetahui penyebab tersebut kita akan lebih memperhatikan kesehatan tubuh terutama dalam menjaga berat badan di dalam tubuh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet