11 Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Puasa Yang Benar

Puasa adalah salah satu Cara Diet Yang Baik untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya yang beraga muslim, hampir semua agama dianjurkan untuk berpuasa diwaktu-waktu tertentu. Itu karena Manfaat Diet bagi kesehatan salah satunya juga dapat anda rasakan dengan melakukan puasa. Puasa dapat membuat anda terhindar dari beberapa faktor Penyebab Obesitasdan penyakit lainnya. Untuk anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal dengan puasa, begini cara menurunkan berat badan dengan puasa yang benar :

ads
  1. Perbanyak minum air putih

Manfaat atau Khasiat Air Putih Untuk Diet salah satunya didapatkan dari banyaknya kandungan mineral alami yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan sudah banyak orang yang sukses menurunkan berat badan dangan Cara Diet Dengan Air Putih dalam waktu singkat.

Itu sebabnya beberapa organisasi kesehatan juga menganjurkan kita mengkonsumsi air putih sebanyak 8 sampai 12 gelas per hari. Saat puasa anda bisa mengkonsumsi 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat buka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur.

  1. Perbanyak konsumsi makanan mengandung serat dan protein saat sahur

Untuk yang beragama muslim, sahur merupakan hal yang disunahkan saat melakukan puasa ramadhan. Hal itu juga dapat anda lakukan saat melakukan puasa untuk menurunkan berat badan. Beberapa makanan yang mengandung serat dan protein tinggi sangat dianjurkan saat makan sahur.

Makanan mengandung serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran. Buah Untuk Diet dan Sayuran Untuk Diet juga sangat cocok dikonsumsi sebagai pengganjal perut dalam waktu yang cukup lama. Itu karena tubuh cenderung membutuhkan waktu lama untuk mencerna makanan segar seperti buah dan salad sayuran mentah.

Sedangkan makanan tinggi protein dapat anda dapatkan dari lauk pauk seperti telur, ikan, atau olahan kacang-kacangan.

  1. Hindari minum minuman dengan kadar gula tinggi

Cara menurunkan berat badan dengan puasa selanjutnya adalah dengan menghindari minum minuman dengan kadar gula tinggi. Tidak hanya minuman yang memiliki rasa manis, namun juga minuman bersoda. Karena gula yang masuk ke dalam tubuh secara terus-menerus akan membuat diet anda gagal.

  1. Hindari konsumsi lemak jahat

Anda juga perlu menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jahat yang banyak. Jika anda ingin mengkonsumsi daging saat buka puasa, anda bisa memilih daging tanpa lemak. Beberapa menu makanan saat melakukan Cara Diet Lemak  lainnya juga dapat anda jadikan menu diet dengan puasa.

Gorengan merupakan salah satu menu favorit saat buka puasa. Rasanya yang gurih dan crunchy membuat nafsu makan anda meningkat. Namun anda harus menghindari gorengan saat puasa untuk menurunkan berat badan. Bahaya Gorengan Untuk Diet salah satunya terdapat pada kandungan minyak pada makanan goregan.  Anda juga bisa mengganti menu gorengan anda dengan Menu Makanan Diet Tanpa Minyak yang tetap enak dan sehat tentunya.


  1. Tetap melakukan olahraga

Walaupun sedang puasa anda tetap harus beraktivitas. Beberapa olahraga ringan seperti berjalan kaki di sore hari dapat membantu membakar lemak di dalam tubuh anda tanpa membuat puasa anda gagal.

  1. Tidak malas-malasan

Puasa sering dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Padahal dengan terus aktif melakukan banyak kegiatan membuat waktu terasa berjalan cepat sehingga rasa lapar tidak akan begitu terasa. Cara Menahan Lapar Tanpa Makan salah satunya juga dengan melakukan kegiatan seperti berbincanng dengan teman dan lainnya.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat seperti tidur siang selama beberapa menit juga dapat membantu program diet anda dengan melakukan puasa.


  1. Perhatikan menu buka puasa

Usahakan mengkonsumsi satu menu berbuka puasa. Jangan lebih dari itu. Selain itu anda bisa memulai buka puasa dengan meminum air putih dulu agar tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

  1. Perhatikan porsi makan saat buka puasa

Selain menu buka puasa yang diperhatikan, anda juga diwajibnkan menperhatikan porsi makanan untuk buka puasa. Untuk seseorang yang melakukan puasa seharian biasanya melakukan ‘balas dendam’ dengan mengkonsumsi banyak makanan saat buka pausa. Padahal hal itu sangat dapat menggagalkan diet.

  1. Hindari makan malam

Setelah buka pausa usahakan anda tidak mengkonsumsi makanan berat lagi. Jika mau anda biasa mengkonsumsi susu rendah lemak atau minum air putih sebelum tidur.

Itulah beberapa cara menurunkan berat badan dengan puasa. Sejatinya puasa yang dianjurkan sebenarnya memang memiliki banyak manfaat jika dilakukan dengan benar. Namun saat ini banyak orang yang tidak melakukan pausa dengan benar. Sehingga puasa justru membuat berat badan mereka meningkat.

, ,




Oleh :
Kategori : Info Diet