12 Manfaat Push Up Sebelum Tidur yang Harus Anda Coba

manfaat push up sebelum tidurHampir semua orang melakukan olahraga ketika pagi hari yakni setelah bangun tidur, seperti gerakan senam untuk menurunkan berat badan. Alasannya tentu saja karena pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk bagi tubuh untuk melakukannya karena kondisi tubuh dalam keadaan yang masih segar serta fit sehabis bangun tidur.

ads

Namun, ada juga orang yang tidak terbiasa bangun pagi untuk berolahraga lho. Alasannya karena mereka tidak punya waktu untuk berolahraga di saat mata masih mengantuk.

Solusi alternatifnya adalah melakukan olahraga sebelum tidur. Olahraga yang dilakukan hanya yang ringan-ringan saja mengingat tubuh sudah mulai lelah. Salah satu diantara olahraga ringan tersebut seperti macam – macam push up.

Push up adalah salah satu olahraga yang bertumpu pada sebuah gerakan sederhana yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk otot perut. Hal yang perlu diperhatikan bila ingin push up adalah gerakan push up yang benar.

Tujuannya tentu saja agar otot perut Anda semakin kuat dan kalori dalam tubuh Anda mampu terbakar secara sempurna. Bahkan dengan rutin push up merupakan cara diet mengecilkan lengan paling efektif. Penasaran apa saja manfaat push up sebelum tidur yang bisa Anda miliki? Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

  1. Tulang Lebih Kuat

Siapa saja pasti ingin memiliki tulang kuat, bukan? Nah, salah satu manfaat paling utama push up adalah menjadikan tulang Anda menjadi lebih kuat. Sebagaimana diketahui, tulang merupakan bagian yang sangat penting dalam tubuh Anda sehingga tentu saja kesehatannya harus terus dijaga.

Ketika Anda melakukan push up, maka tulang rawan yang ada pada bagian kaki, lengan, bahu dan pergelangan tangan akan kuat apalagi ketika Anda terbiasa melakukan push up setiap harinya. Sangat pas untuk cara diet bagi orang malas yang tidak ingin melakukan olahraga yang memakan waktu seperti jogging atau angkat beban yang juga bermanfaat dalam menguatkan tulang.

  1. Membakar Kalori

Olahraga push up dapat membantu membakar kalori dalam tubuh Anda hingga 2 kalori. Olahraga ini dapat dilakukan oleh siapa saja, baik itu manfaat push up bagi wanita maupun pria. Selain itu, gerakannya yang sederhana dapat dengan mudah untuk dilakukan.

Hal itu tentu saja sangatlah efektif bagi Anda yang tidak punya waktu untuk melakukan olahraga berat dan rumit namun bermanfaat dalam membakar kalori tubuh setiap hari. Bahkan push up merupakan cara membakar lemak di paha dan betis yang paling cepat dan efektif.

  1. Daya Tahan Tubuh Lebih Kuat

Salah satu manfaat lain melakukan push up sebelum tidur adalah memperkuat daya tahan tubuh Anda. Bila dilakukan secara rutin, tubuh pun terlatih menjadi lebih kuat dan penyakit pun tidak mudah untuk menyerang tubuh. Jika jarang berolahraga maka tubuh pun terasa lemah dan penyakit mudah menyerangnya.

Oleh karena itu, daya tahan tubuh yang baik dan kuat sangatlah penting perannya agar menghindarkan tubuh dari segala macam penyakit. Anda pun akan nyaman dalam beraktifitas sehari-hari. Dalam diet pun Anda memerlukan tubuh yang sehat agar tetap selalu berstamina, dan push up merupakan olahraga untuk diet sehat Anda.


  1. Sistem Metabolisme Tubuh Meningkat

Ingin agar proses metabolisme tubuh lancar terus tanpa hambatan? Maka mulailah untuk mencoba hidup sehat. Seperti diketahui, metabolisme yang lancar dapat menghindari diri kita dari kegemukan karena bahan makanan yang masuk lambat diolah.

Oleh karena itulah, ketika Anda melakukan push up secara rutin sistem otot dalam tubuh Anda pun akan terlatih. Aliran darah dalam tubuh Anda pun semakin lancar. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh dengan suplai oksigen serta aliran darah dalam tubuh yang dapat menjadi lebih baik sehingga proses metabolisme tubuh pun meningkat. Dengan lancarnya metabolisme tubuh menjadi cara diet cepat dalam membuang lemak dan racun dari dalam tubuh.

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang diakibatkan oleh terjadinya pengeroposan tulang sehingga bagian belakang tubuh Anda sering sakit. Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa push up bisa menguatkan tulang, maka tentu saja bila olahraga ini dilakukan dengan rutin, akan membuat tulang belakang Anda lebih kuat.

Anda pun akan terhindar dari penyakit osteoporosis. Untuk menambah kekuatan tulang, Anda harus menjaga pola makan diantaranya mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi tinggi dan makanan sehat untuk diet lainnya.

  1. Relaksasi Otak

Manfaat push up sebelum tidur yang lain adalah untuk merelaksasi otak Anda yang sudah penat karena bekerja seharian. Push up sekitar 10 hingga 20 kali sebelum tidur dapat membantu merilekskan otak Anda agar lebih cepat bisa tidur. Cara ini tentu saja dapat menghilangkan stress yang menggelayut dalam pikiran Anda. Namun ingat untuk tidak melakukan gerakan push up secara berlebihan.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Tubuh ideal merupakan dambaan semua orang. Hal itu bisa membuat kepercayaan diri seseorang semakin meningkat ketika bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itulah, bila ingin memiliki tubuh ideal haruslah berusaha lebih keras agar keinginan itu dapat terwujud.

Salah satu tips menjaga berat badan tetap ideal yaitu olahraga yang dapat memperbaiki postur tubuh seperti push up. Melakukan olahraga ini dengan teratur dapat membuat tubuh Anda lebih sehat, sehingga juga berpengaruh pada perkembangan postur tubuh yang juga semakin baik.

  1. Membentuk Otot Dada

Bagi kaum laki-laki, memiliki otot dada dapat mempengaruhi kepercayaan diri, lho! Nah, tak ada salahnya mencoba rutin melakukan push up agar otot dada Anda dapat terlihat lebih terisi. Tak hanya itu, massa otot dada Anda pun akan lebih sehat.

  1. Meningkatkan Mood Saat Esok Paginya

Banyak penelitian membuktikan bahwa ketika Anda terbiasa push up sebelum tidur, maka pada saat bangun tidur keesokan harinya, suasana hati Anda akan lebih bahagia. Anda akan merasa semangat dalam menjalani aktivitas seharian. Rasa bahagia ini tentu saja berdampak pada mood kerja Anda pada hari itu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba push up sebelum tidur agar hari-hari Anda bisa lebih efektif dan tentu saja bahagia.

  1. Membentuk Otot Perut

Bagi Anda yang mendambakan otot perut yang keren namun malas melakukan olahraga-olahraga berat maka sangat disarankan untuk mencoba olahraga ringan seperti push up ini setiap hari. Bila gerakan Anda benar, maka jangan heran ketika otot-otot yang Anda inginkan suatu hari nanti sudah tercetak di perut Anda. Saat melakukan gerakan ini, tulang belakang Anda akan lebih stabil dan rata sehingga otot perut pun menjadi lebih kuat, bahkan bisa membentuk perut yang sixpack.

Namun bagaimana kalau gerakannya salah? Hal itu akan membuat cedera tulang belakang, lho. So, bila Anda seorang pemula untuk olahraga ini maka lakukanlah dengan seorang ahli atau Anda dapat melihat video-video tentang gerakan olahraga ini yang benar. Bagi wanita melakukan olahraga push up secara rutin dapat menjadi gerakan mengecilkan perut dan pinggang yang efektif, lho.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Olahraga push up juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Melakukan gerakan push up sebelum tidur dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung Anda. Bila jantung bekerja secara efektif seperti itu, plak-plak yang menempel pada pembuluh darah pun akan hilang.

  1. Otot Bahu Lebih Seimbang

Menderita kelainan bahu yang nampaknya tidak seimbang? Nah, cobalah untuk melakukan push up setiap hari dengan teratur. Saat melakukan gerakan push up, otot Anda akan bertumpu pada kekuatan otot bahu bagian atas (otot deltoid) sehingga bila selalu dibiasakan akan membuat bahu lebih seimbang.

Demikianlah kedua belas manfaat push up sebelum tidur yang dapat Anda coba dengan mudah di rumah. Tunggu apalagi! Selama Anda masih meminum air seperti orang lain maka cobalah mengikuti cara membuat infused water untuk dikonsumsi setiap hari agar khasiatnya pun menjadi bertambah.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet