Pengertian Massa Otot yang Wajib Anda Pahami Sebelum Melakukan Diet

Olahraga pagi atau sore menjadi aktivitas yang dilakukan selama menjalani diet. Salah satu manfaat olahraga pagi yang akan didapatkan adalah pembakaran kalori dan lemak. Ada banyak jenis olahraga yang bisa menguruskan berat badan. Salah satunya adalah olahraga kardio, seperti senam aerobik.

ads

Selain membakar lemak untuk menurunkan berat badan, manfaat olahraga kardio juga bisa untuk menambah massa otot. Apakah sebenarnya massa otot itu? Pengertian massa otot dan kekuatan otot seringkali diartikan sama. Padahal,  pengertian massa otot dan kekuatan otot adalah dua hal yang berbeda.

Pengertian massa otot adalah ukuran dari otot-otot yang ada di tubuh seseorang. Otot bisa berukuran kecil, normal, atau besar. Otot yang berukuran besar biasanya disebabkan oleh latihan atau kegiatan fisik tertentu. Anda bisa melihat hal ini pada binaragawan atau atlet. Orang-orang ini akan memiliki otot tangan, dada, dan kaki yang lebih besar dari orang-orang pada umumnya.

Sedangkan massa otot yang kecil bisa anda temukan pada orang-orang yang jarang melakukan aktivitas menggunakan otot. Misalnya, orang sakit yang sudah lama terbaring di rumah sakit. Mereka akan memiliki ukuran otot kaki yang lebih kecil dari orang pada umumnya karena tidak pernah menggerakan otot-otot tersebut.

Selain pengertian massa otot, beberapa hal lainnya yang harus anda ketahui tentang massa otot adalah:

  • Otot terdiri dari serat yang dibentuk dari protein yang berasal dari makanan. Jika anda ingin meningkatkan masa otot, maka anda harus memperbanyak asupan makanan yang tinggi protein. Sebaliknya, jika anda ingin mengurangi massa otot, maka anda harus mengurangi makanan yang mengandung protein dan menjalani diet rendah protein. Pastikan jumlah protein yang anda makan sesuai dengan keinginan anda dalam membentuk massa otot.
  • Latihan atau olahraga bebas (free weights) cenderung akan menghasilkan massa otot yang lebih besar dibandingkan dengan melakukan olahraga dengan menggunakan peralatan khusus. Jadi, bagi anda yang ingin membentuk atau mengurangi massa otot, anda harus mengetahui jenis olahraga yang cocok untuk anda. Misalnya, anda dapat melakukan olahraga barbel jika hanya ingin membentuk massa otot di bagian lengan. Jika anda ingin membentuk otot kaki atau mencari cara membakar lemak di paha, anda dapat melakukan olahraga lari atau angkat beban dengan menggunakan kaki.
  • Jumlah olahraga yang anda lakukan dalam suatu rangkaian program latihan akan memberikan dampak pada massa setiap otot di tubuh anda. Aturan umum yang harus anda ketahui ketika melakukan olahraga adalah semakin banyak perulangan yang dilakukan, maka semakin kecil massa otot yang dihasilkan. Oleh karena itu, untuk anda yang ingin meningkatkan massa otot, olahraga yang dianjurkan adalah yang memiliki sedikit perulangan per set, namun dilakukan dengan menggunakan beban yang lebih berat.

Jadi, untuk anda yang ingin melakukan olahraga untuk diet sehat sekaligus menambah massa otot atau menguranginya, pastikan anda memilih jenis olahraga yang cepat. Ada banyak jenis olahraga yang cepat menurunkan berat badan, namun memiliki manfaat yang berbeda pada otot di tubuh.

Jika anda ingin menambah massa otot, maka anda juga harus makan makanan penambah tenaga sebelum berolahraga. Anda juga harus mencari tahu cara menghitung jumlah kalori pada makanan agar makanan anda bisa membantu program yang anda jalankan.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet