15 Menu Diet Simple dan Murah yang Wajib Dicoba

menu diet simple dan murahKetika ladies harus dihadapkan pada kondisi tubuh yang tidak ideal, dan terasa semakin hari celana semakin ketat, maka itu tanda ladies untuk segera melakukan diet, terutama untuk anda yang sedang menjalankan program diet untuk obesitas. Gaya pola makan yang tidak sehat dan serba instan akan mengancam kesehatan tubuh bahkan untuk jangka panjang.

ads

Jika berbicara tentang diet yang lagi trend saat ini, tentu banyak cara diet dengan pola berbeda yang dapat ladies lakukan, dari yang sederhana hingga yang ekstrim, bahkan bahaya minum obat pelangsing pun banyak yang tidak terlalu mengambil perhatian, yang terpenting hanya mendapatkan tubuh ideal langsing dengan cepat.

Untuk menjalankan program diet sehat, ladies tidak perlu harus membeli obat pelangsing yang mahal, cukup ikuti pola dan menu diet sehat simple dan murah yang tidak akan memberi efek samping apapun untuk tubuh ladies. Banyak menu diet yang mengandung bahan makanan yang murah meriah, namun mencukupi nutrisi yang dibutuhkan saat diet seperti serat, vitamin, protein, mineral, karbohidrat, lemak, dan air.

Berikut beberapa menu diet simple dan murah yang dapat ladies coba buat di rumah, diantaranya:

  1. Omelet Sayuran

Jika mencari menu sarapan pagi tepat, maka sebagian besar orang akan memilih omelet. Omelet mengandung nutrisi telur yaitu protein yang tinggi sebagai pengganti karbohidrat, serta dapat dibuat dengan simple dan tentu saja murah meriah.

Kocok telur yang dicampurkan dengan irisan sayur – sayuran seperti kol, daun bawang, seledri, dll, dan tambahkan sedikit garam, kemudian digoreng, maka jadilah omelet sayuran yang sehat dan sangat mudah dibuat.

  1. Olahan Jamur

Jamur memiliki banyak jenis, dan banyak juga dijual di pasar dengan harga sangat murah. Jamur ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga jika ladies ingin cepat mengenyangkan perut yang lapar, membuat olahan jamur tanpa bumbu penyedap dengan ditumis, dibuatkan soup, atau dicampur dengan bubur nasi merah menjadi menu diet sehat dan murah yang bisa ladies coba.

  1. Soup Ayam Sayur

Saat sedang makan siang, asupan protein memang paling dibutuhkan terutama saat diet, namun perlu menu pendamping yang segar dan mudah dibuat, seperti soup ayam sayur. Menu ini paling simple karena sudah mengandung protein, vitamin, dan juga serat yang diperlukan saat diet. Daging ayam akan menambah asupan protein, dan sayur yang digunakan yaitu buncis, wortel, kentang, brokoli, dan sawi. Mengkonsumsi soup ayam sayur saat waktu makan, akan memberi rasa kenyang lebih lama.

  1. Olahan Oatmeal

Jika mencari menu sarapan pagi sehat untuk diet pengganti nasi, maka yang terlintas pertama adalah oatmeal. Mengkonsumsi oatmeal saat sarapan pagi atau untuk makan malam akan memberi energi pas untuk ladies beraktifitas. Tidak hanya murah, cara penyajian juga simple dan dapat dikombinasikan dengan susu atau yogurt.

  1. Tumis Kembang Kol

Banyak yang tidak mengenal fungsi kembang kol sebagai menu makanan sehat untuk diet. Kembang kol kaya akan antioksidan untuk mengeluarkan racun dan kolesterol dari tubuh, dan tentu saja berkalori rendah. Dapat ditemukan di pasar atau supermarket dengan harga yang murah, dan diolah menjadi berbagai bahan makanan seperti salad, soup, dicampur dengan omelet, dan di tumis.


  1. Sandwich Isi Sayur

Sandwich sering dibuat sebagai menu paling pas untuk bekal, karena ladies dapat mengkombinasikannya dengan berbagai isian yang sehat dan lezat. Untuk menu diet, ladies dapat memberi sandwich yang dibuat dengan isian sayuran seperti tomat, timun, selada, dan juga telur. Murah dan sangat mudah untuk dibuat.

  1. Ikan Bakar Kecap

Saat ladies hendak makan diluar, tidak perlu ragu dalam memilih menu. Ikan bakar kecap akan cukup untuk mengisi menu diet sehat ladies. Lengkapi juga dengan sayuran rebus atau lalapan seperti buncis, wortel, atau selada sebagai menu pendamping.

  1. Tumis Buncis

Buncis merupakan sayur kacang – kacangan yang memiliki vitamin tinggi dan biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi saat diet. Buncis dapat direbus, dikombinasikan pada soup ayam, ataupun di tumis.

  1. Ayam Lada Hitam

Jika ingin mengkonsumsi ayam sebagai menu protein dan rendah lemak ladies, pilih bagian dada ayam dan singkirkan kulitnya, kemudian di kukus dengan diberi sedikit garam. Ayam yang sudah dikukus kemudian digoreng dengan bawang putih dan cabai merah yang sudah dicincang. Campur dengan sedikit sambal, saus tomat, kecap, dan sedikit air hingga olahan ayam mendidih. Kemudian tambahkan bubuk lada hitam dan biarkan airnya menyusut. Cara sehat dan enak untuk menu diet simple dan murah ya ladies.

  1. Olahan Ikan

Ikan merupakan sumber protein tertinggi dan banyak digemari, namun ikan juga terkadang mengandung lemak yang tinggi. Ladies yang ingin mengkonsumsi protein dari ikan, pilih ikan air tawar dan dikonsumsi dengan dibakar atau dipanggang untuk mengurangi penggunaan minyak. Jika ada uang berlebih, dapat juga mengkonsumsi ikan tuna sebagai makanan yang paling direkomendasikan saat sedang diet karena nutrisinya yang melimpah, namun rendah lemak.

  1. Ubi Kukus

Ubi paling enak jika dikukus kemudian diberi sedikit garam. Cara diet dengan ubi ini memang efektif dan murah sebagai pengganti nasi, dan juga lebih rendah kalori.

  1. Olahan Nasi Merah

Dibanding nasi putih, nasi merah memang memiliki kalori dan kandungan gula lebih sedikit. Mengkonsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi tidak hanya akan membantu diet, namun juga bermanfaat sebagai cara diet untuk penderita diabetes. Nasi merah dapat dikonsumsi seperti halnya nasi putih dengan kombinasi menu sampingan seperti telur, soup ayam, atau tempe goreng.


  1. Steak Tempe

Tak daging maka tempe pun jadi. Untuk menu makan siang atau makan malam, makanan berprotein tinggi seperti daging atau ikan memang paling baik, namun mengkonsumsinya setiap hari pun pastilah tidak mudah karena daging atau ikan memang tergolong mahal, jadi mengolah tempe atau tahu untuk asupan protein ladies tidaklah buruk.

Berbagai olahan tempe yang dapat ladies buat, bisa dibuat tumis, atau dicampur pada soup. Jika bosan, ladies dapat membuat steak tempe yang juga cukup mudah. Ladies cukup mengambil tempe yang sudah dikukus sebelumnya, kemudian dihaluskan dan dicampurkan dengan tepung terigu, sedikit kecap, merica, dan garam. Kemudian bentuk pipih seperti steak dan digoreng.

Untuk saus steak, cincang dan tumis bawang putih kemudian campur dengan saus yang ditambahkan sedikit air. Ladies dapat menggunakan saus barbeque, saus lada hitam, atau saus teriyaki untuk rasa steak lebih enak. Kombinasikan dengan topping seperti wortel, jagung, kentang, dan buncis rebus sebagai penambah asupan karbohidrat.

  1. Teh Hijau

Selain makanan, minuman juga berperan penting dalam menjaga berat badan ideal ladies, salah satunya yaitu teh hijau. Sejak dulu mengkonsumsi teh hijau sudah terbukti memberi efek langsung dalam membakar lemak dan melancarkan sistem pencernaan. Teh hijau dapat dengan mudah ladies temukan di minimarket dan pasar, seduh sesudah sarapan dan sebelum tidur untuk hasil lebih optimal. Jangan menggunakan gula, dapat diganti dengan madu atau kayu manis jika tidak menyukai rasa pahit.

  1. Sayur dan Buah – buahan

Jika mencari menu diet sehat, maka tidaklah lepas dari buah ataupun sayuran untuk diet. Bahkan dengan mengkonsumsi 1 buah apel atau pisang di pagi hari sudah cukup untuk memberi energi untuk aktivitas pagi ladies. Buah dan sayur juga lebih lengkap dalam nutrisinya, walau tidak langsung dimakan, dibuatkan jus atau infused water juga tidak membuat nutrisinya berkurang. Apapun menu utama ladies di waktu makan, jangan lupa buah dan sayur sebagai menu pendampingnya.

Berbagai menu diet simple dan murah lainnya yang dapat ladies temukan di internet untuk dicoba di rumah. Jenis diet yang efektif dan sehat tidak harus mahal dan ribet, asalkan ladies menjaga pola makanan yang dikonsumsi setiap hari, dengan memperhatikan kandungannya. Untuk diet optimal, usahakan untuk menghindari menu yang mengandung gula berlebih, yang digoreng, atau makanan berlemak lainnya. Jika harus digoreng, gunakan minyak sayur atau minyak kelapa. Minum minuman herbal untuk diet setiap hari, atau jika tidak, tambahkan porsi air putih yang ladies minum. Jangan lupa untuk berolahraga untuk lebih menyempurnakan cara diet alami ladies. Selamat mencoba!

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Menu