6 Efek Samping Diet Tidak Makan Nasi Wajib Kalian Waspadai

Diet Tidak Makan NasiNasi putih merupakan makanan pokok hampir sebagian masyarakat Indonesia. Nasi putih terbuat dari bulir beras dari tanaman padi yang banyak ditanam di Indonesia. Rasa nasi yang gurih dan sedikit manis memang akrap di lidah orang Indonesia. Paduan nasi hangat dan lauk pauk seperti tempe dan tahu goreng menjadi menu yang paling sering dikonsumsi.

ads

Namun sayangnya beberapa tahun belakangan ini nasi justru terkenal sebagai penyebab beberapa penyakit berbahaya seperti Penyebab Obesitas dan diabetes. Padahal nasi mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan batas normal. Berikut beberapa kandungan gizi per 100 gram nasi putih:

  1. Kalori 129
  2. Lemak 0,28 gr
  3. Karbohidrat 27,9 gr
  4. Protein 2,66 gram

Karena timbulnya banyak dampak negative jika mengkonsumsi nasi secara terus menerus dalam jumlah yang banyak, kini juga mulai berkembang Cara Diet Aman dan Cara Diet Alami dengan tanpa mengkonsumsi nasi. Cara Diet Tanpa Nasi ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi Makanan Pengganti Nasi termasuk untuk Menu Makan Siang Tanpa Nasi. Beberapa orang juga membuktikan bahwa mengkonsumsi Menu Diet 7 Hari Tanpa Nasi dapat menurunkan berat badan secara drastis.

Namun metode diet ini termasuk Cara Diet Ketat sehingga agar hasilnya maksimal dan tetap aman untuk tubuh anda harus mengikuti beberapa Tips Diet Tanpa Makan Nasi. Beberapa pakar juga menyebuktkan terdapat Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi jika dilakukan dengan salah. Efek samping diet tidak makan nasi, contohnya:

  1. Kekurangan energi

Nasi merupakan salah satu makanan kaya karbohidrat yang baik untuk tubuh. Karbohidrat dapat berfungsi sebagai sumber energi utama di dalam tubuh. Saat anda berhenti mengkonsumsi nasi, maka kemungkinan besar anda juga dapat kekurangan sumber energi dari karbohidrat. Akibatnya tubuh akan lemas akibat kurangnya tenaga atau energy.

  1. Meningkatkan resiko penyakit tertentu

Berhenti mengkonsumsi nasi saat diet dapat menimbulkan beberapa penyakit yang berkaitan dengan kurangnya nutrisi karbohidrat di dalam tubuh. Beberapa penyakit itu mulai dari penyakit jenis ringan seperti sakit kepala, bau mulut, cepat capek, sembelit, dan penyakit kronis lainnya.

  1. Menurunkan mood sehari-hari

Karbohidrat pada nasi putih tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh namun juga untuk perasaan hati atau mood seseorang. Kandungan karbohidrat pada nasi putih mampu meningkatkan senyawa serotonin yang berfungsi sebagai penghasil rasa senang pada otak.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa seseorang yang setiap hari mengkonsumsi satu lembar roti dan hanya mengkonsumsi setengah cangkir nasi putih akan lebih mudah gelisah dan depresi dibandingkan yang mengkonsumsi nasi dalam jumlah lebih banyak.


  1. Meningkatkan resiko penyakit kanker

Berbeda dengan penelitian lainnya, sebuah penelitian mengenai penyakit kanker membuktikan bahwa nasi putih mampu mengurangi resiko timbulnya sel-sel kanker di dalam tubuh. dengan demikian efek samping diet tidak makan nasi adalah meningkatkan resiko timbulnya sel kanker di dalam tubuh.

  1. Kekurangan vitamin

Diet tanpa makan nasi jika dilakukan dengan tidak benar dapat menyebabkan seseorang kekurangan vitamin. Terutama vitamin yang terdapat di dalam nasi putih seperti vitamin D, niaci, kalium, serat, zat besi, dan thiamine.

  1. Meningkatkan resiko pengeroposan tulang

Pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat terjadi akibat kekurangan asupa kalsium. Sedangkan nasi juga mengandung kalsium yang cukup banyak yang mampu membantu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Itulah enam efek samping diet tidak makan nasi yang mungkin belum banyak diketahui orang. Pada intinya nasi tetap baik untuk tubuh jika dikonsumsi dengan porsi dan waktu yang tepat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!