30 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Cepat dan Mengenyangkan

Mungkinkah ada makanan pengganti dari nasi untuk diet? Nasi putih adalah salah satu jenis makanan pokok yang populer di beberapa negara. Asia adalah salah satu benua yang paling banyak memakan nasi sebagai makanan pemasok karbohidrat. Begitu pula dengan masyarakat Indonesia, hampir semua daerah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke ini mengenal baik olahan beras ini sebagai sumber tenaga mereka.

ads

Baca Juga :

Makanan Pengganti Nasi

Sebenarnya konsumsi berlebihan dari nasi dapat menyebabkan dampak kurang baik bagi tubuh, kandungan kadar indeks glikemik yang tinggi membuat kandungan gula dalam darah kita menjadi tinggi pula. Dalam suatu batas tertentu, mengkonsumsi nasi sama saja dengan meningkatkan resiko diabetes. Namun jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa alternatif lain bagi anda yang ingin mencoba jenis makanan lain sebagai makanan pokok anda. Makanan yang akan kami tawarkan juga akan membantu mensukseskan diet sehat anda!

1. Oat 

Oat atau juga biasa dikenal dengan nama oatmeal adalah salah satu pengganti nasi yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Pada dasarnya, Oat mulai dikenal sebagai makanan pokok pertama kalinya di Eropa. Oat sendiri dikenal sebagai bahan bubur makanan yang mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Apabila diperhatikan dengan seksama, oat terlihat seperti bulir gandum yang tipis. Oat dapat dikonsumsi dengan berbagai macam olahan. Oat juga dapat mengganti makanan pengganti dari nasi karena dapat memberi rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. ( Baca juga : Cara diet tanpa makan nasi )

2. Kembang Kol

Kembang kol adalah salah satu jenis sayuran yang dapat menjadi makanan pengganti dari nasi. Selain menyegarkan, kembang kol juga dapat memberi sensai kenyang dalam waktu yang lama. Kembang kol pada dasarnya mengandung senyawa glukosinates yang bisa menurunkan resiko tubuh dari semua jenis penyakit kanker.

Glukosinates memiliki khasiat sebagai penghambat perkembangan karsinogen. Bahkan glukosinates juga bisa membuat hormon dalam tubuh mampu melawan sel penyebab kanker. Rasanya dari kembang kol sendiri biasanya manis dan sedikit tawar. Namun siapa sangka, ternyata dapat memberikan rasa kenyang dalam durasi yang relatif lama. Kembang kol  mengandung berbagai nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, karbohidrat lembut, dan tanpa lemak. ( Baca juga : Bahaya diet yang salah )

3. Barley

Barley pada dasarnya termasuk dalam golongan biji-bijian. Barley adalah salah satu makanan yang bisa dikonsumsi sebagai makanan pengganti nasi. Barley mengandung sejumlah serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa makanan pokok bahkan beras merah. Barley juga mengandung berbagai jenis protein dan mineral yang dibutuhkan dan menyehatkan tubuh. ( Baca juga : faktor yang mempengaruhi pola diet )

4. Quinoa

QuinoaQuinoa, mungkin nama makanan ini terdengar asing di telinga anda. Quinoa pada dasarnya tergolong sebagai tanaman biji-bijian. Bentuknya sendiri memang mirip seperti sereal. Quinoa pada proses pengolahanya sering dimasak seperti gandum dan siapa sangka, quinoa memiliki jenis nutrisi yang sama denganya.

Quinoa mengandung sejumlah nutrisi baik seperti serat, protein, mineral, lemak dan vitamin. Quinoa sering menjadi solusi makanan untuk negara yangtengah dilanda bencana. Namun Quinoa juga dapat menjadi solusi sukses diet anda sebagai salah satu makanan pengganti dari nasi. ( Baca juga : Makanan diet rendah kalori  )

5. Jagung

Jagung pada dasarnya mengandung kalori sehat dengan intensitas tinggi. Apabila dihitung, kalori jagung dapat menyentuh angka 345 setiap 100 gram. Karena itu jagung bisa menjadi alternatif makanan pengganti dari nasi dengan bonus tidak adanya penambahan berat badan. Jagung sendiri juga bisa ditemukan disepanjang musim. Selain itu, jagung juga mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, B dan vitamin E.

Baca juga :

6. Kentang

Kentang, sebuah nama yang tidak asing bagi pecinta kuliner Indonesia. Namun siapa sangka nutrisi yang ada pada kentang ini memberi banyak kebaikan untuk tubuh. Disamping untuk memenuhi keperluan asupan karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh seperti vitamin C, vitamin B, zat besi, kalsium, kalium juga serat.  Kandungan pati resisten yang terkandung dalam kentang juga dapat membakar lemak tubuh. ( Baca juga : diet dengan kentang rebus )


7. Pasta

PastaPasta mungkin bukan menjadi makanan pengganti dari nasi yang sering dikonsumsi masyarakat indonesia. Namun anda dapat mencobanya sesekali sebagai bentuk variasi makanan anda. Tingginya asam folat serta kandungan lemak yang rendah mampu memberikan manfaat yang cukup besar untuk menurunkan berat badan kita.

Pasta memiliki beberapa jenis dan dapat dikonsumsi dengan beberapa cara olahan yang berbeda. Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebenarnya bukan pasta sebagai makanan pokoknya, namun kebiasaan dalam mengonsumsi pasta yang biasanya akan menambahkan beberapa jenis makanan yang sarat lemak seperti mayonaise, daging berlebih, dan saus. Pastikan anda perbanyak variasi sayur dalam menggunakan pasta ( Baca juga : Efek samping diet smart detox  )

8. Singkong

Singkong adalah salah satu jenis bahan makanan pengganti dari nasi. Pada dasarnya singkong adalah makanan yang telah dikonsumsi masyarakat Indonesia sedari dulu. Kandungan pada singkok dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Karbohidrat kompleks yang terkandung dalam singkong ditambah dengan indeks glikemik yang cukup rendah ( kurang dari 55 ) tentu akan sangat membantu diet anda! ( Baca juga : Cara diet dengan singkong )

9. Sukun

Sukun pada dasarnya adalah tanaman yang termasuk dalam jenis buah-buahan. Makanan ini bisa digunakan sebagai makanan pengganti dari nasi karena memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.  Dibanding dengan beberapa makanan pokok lain seperti kentang atau ubi jalar, sukun memiliki keunggulan dalam kandungan protein dan karbohidratnya yang lebih tinggi. Sukun juga mengandung senyawa flavonoid yang berguna untuk memelihara kesehatan ginjal dan jantung. ( Baca juga : tips diet tanpa makan nasi )

10. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kadar indeks glikemik yang tergolong rendah. Kandunganya hanya sekitar 54. Hal ini tentu membuat ubi jalar tidak berperan signifikan dalam meningkatkan gula darah. Kandungan vitamin A dan vitamin C  dalam ubi jalar cukup tinggi. Kandungan vitamin C nya dapat memenuhi sampai 61% kebutuhan harian tubuh. Selain itu, ubi jalar memiliki kandungan yang dapat mencegah sembelit. Ubi jalar juga mudah dicerna tubuh sehingga baik untuk kesehatan.

Baca juga :

11. Talas 

Talas Talas pada dasarnya memiliki kandungan kadar glikemik yang rendah, hanya sekitar 54 saja. Hal ini membuat talas cocok sebagai makanan pengganti nasi, terutama bagi anda yang sedang menjalankan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Talas juga mengandung kandungan nutrisi seimbang dan lengkap. Hal ini membuat talas sangat disarankan untuk dikonsumsi.

Perlu diperhatikan bahwa konsumsi talas pada saat diet hanya boleh dengan olahan rebus atau kukus. Jangan mengonsumsi talas yang di goreng atau yang dijadikan keripik! Talas juga baik dikonsumsi untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung, hipertensi, dan tekanan darah tinggi. ( Baca juga :Menu diet sehat seminggu )

12. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan gizi sangat tinggi dan cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, asam folat, karbohidrat, serat, protein, asam lemak omega 3 dan juga omega 6. Makanan ini juga terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai salah satu alternatif makanan pengganti dari nasi. Kacang hijau juga sangat menyehatkan badan anda karena dalam makanan ini mengandung kalori yang rendah. ( Baca juga : cara diet dengan susu kedelai )

13. Beras Merah

Beras merah sudah terbukti sangat baik untuk menurunkan berat badan. Hal ini membuat beras merah cocok menjadi makanan pengganti dari nasi. Beras merah pada dasarnya  memiliki kandungan rendah kalori dan karbohidrat. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam beras merah berperan sebagai sumber energi ke dalam perut sehingga dapat membuat perut kenyang dalam waktu yang cuku lama. ( Baca juga : cara diet dengan beras merah )

14. Papeda

Papeda adalah salah satu jenis makanan yang mengenyangkan. Dibuat dari bahan dasar sagu, papeda sangat cocok sebagai makanan pengganti dari nasi dalam diet anda. Dibutuhkan teknik khusus dalam memakan papeda, namun tetap saja papeda dapat menjadi salah satu alternatif diet sukses dan sehat bagi anda. ( Baca juga : cara diet vegetarian )

15. Ganyong

Ganyong adalah salah satu jenis ubi-ubian yang mulai sulit untuk ditemukan. Pada jaman dahulu, ganyong biasanya dikukus dan dinikmati sebagai makanan pengganti dari nasi. Ganyong memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang dapat mengatasi masalah gizi buruk pada balita. Ganyong juga mengandung berbagai kandungan yang menyehatkan bagi tubuh dan terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Segala kandungan dalam ganyong membuatnya cocok sebagai makanan pengganti dari nasi dalam diet. ( Baca juga : bahaya diet tanpa karbohidrat )

16. Alpukat

Memiliki kandungan lemak sehat dan mudah dicerna, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan

17. Yogurt

Dapat memecah lemak yang ada pada tubuh sehingga dapat dicerna tanpa penimbunan.

18. Pepaya

Kaya akan serat, memberi rasa kenyang karena kandungan air dan seratnya yang tinggi.

19. Apel

Memberikan sensasi kenyang yang relatif lama pada tubuh, memiliki banyak kandungan vitamin.

20. Kacang-kacangan

Dapat digunakan sebagai pengganti nasi dan daging, memiliki rendah lemak dan tinggi protein

21. Telur

Selain kaya protein, makanan ini juga mengandung vitamin, zat bezi, folat, asam lemak omega-3, serta sejumlah mineral. Terlebih lagi, tiap butirnya hanya mengandung 60-70 kalori saja!

22. Bayam

Sebagai pemasok karbohidrat, protein, dan serat yang tinggi. Rendah kalori dan mengenyangkan.

23. Semangka

Tinggi kandungan air dan serat, rendah lemak, dan rendah kalori. Kandungan airnya yang banyak dapat mengenyangkan perut.

24. Labu

Kandungan kalori dan lemak yang sangat sedikit. 1/2 cangkir labu hanya mengandung 40 kalori


25. Jeruk

Memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk juga membantu menjaga daya tahan anda selama diet berlangsung.

26. Anggur

Mengandung senyawa fitokimia antioksidan fenol yang menjadi kunci dalam mengurangi lemak perut dan hati yang berbahaya, yang bisa menimbulkan obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

27. Sup

Kalori yang rendah dan dapat diisi dengan berbagai jenis sayuran hijau yang diolah dengan cara direbus.

28. Pir

Buah pir merupakan buah yang rendah akan lemak tetapi tinggi akan kandungan airnya, mengeyangkan dalam waktu yang cukup lama. Kaya akan serat.

29. Ubi ungu

Rendah kalori dan memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. Memberikan total energi yang hampir sama dengan nasi.

30. Agar-agar

Memiliki energi yang cukup tinggi dan serat yang sangat tinggi

Baca juga

Jadi itulah beberapa jenis makanan pengganti nasi yang bisa anda coba saat anda melakukan program diet. Dengan mengkonsumsi makan-makanan tersebut, anda tidak akan kekurangan gizi yang terkandung dalam nasi walaupun tidak mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat!!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan