Ketahui 4 Efek Samping Diet Pepaya Bagi Kesehatan Anda

Apa saja efek samping diet pepaya? Siapa yang tidak tahu pepaya. Buah yang memiliki rasa manis ini menjadi salah satu buah yang banyak disajikan di berbagai acara resmi. Bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, melainkan juga daun pepaya juga bisa dimanfaatkan karena bisa diolah menjadi masakan. Selain itu, buah ini menjadi salah satu buah yang dijadikan diet.

ads

Cara diet buah pepaya memang sudah banyak dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal seperti yang mereka idam-idamkan.

Namun tahukah anda bahwa ternyata terlalu sering mengkonsumsi buah pepaya juga tidak baik untuk kesehatan? Jika anda ingin tahu apa saja yang menjadi efek samping diet pepaya, maka silahkan anda simak penjelasan di bawah ini.

1. Membuat warna kulit menjadi kuning

Memang, cara khusus saat puasa salah satunya adalah melakukan diet kering. Namun jika anda terlalu berlebihan di dalam mengkonsumsi pepaya, maka bisa menyebabkan masalah untuk kesehatan anda. Salah satu permasalahan tersebut adalah kulit anda yang terlihat lebih kuning. Perlu anda tahu warna kuning pada pepaya disebabkan karena kandungan beta karoten.

Jika tubuh anda mendapat asupan beta karoten dalam jumlah yang banyak, maka bisa menyebabkan perubahan warna kulit yang mana kondisi ini juga dinamakan dengan karotenemia.

Jika cara mengecilkan perut saat puasa adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi pepaya, maka kulit pada tangan maupun telapak kaki anda akan terlihat berubah warna menjadi lebih kuning.

2. Mengalami gangguan pernapasan

Efek samping yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi pepaya adalah anda bisa mengalami masalah gangguan pernapasan. Hal ini juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan efek samping diet cardio maupun juga efek samping diet yang berlebihan yang sudah tentu akan menimbulkan masalah bagi kesehatan anda.

Gangguan pernapasan ini diakibatkan oleh kandungan pepetin yang dikonsumsi bagi mereka yang mudah terkena alergi.

Selain mengalami gangguan pernapasan, biasanya seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi pepaya akan menyebabkan ia mengalami hidung tersumbat, pilek, demam, sampai dengan asma. Maka dari itu, konsumsi pepaya sewajarnya saja dan sesuai takaran normal agar tidak menimbulkan masalah kepada anda.

3. Pembentukan batu ginjal

Efek samping diet buah pepaya yang ketiga adalah bisa menjadi sebab anda mengalami batu ginjal. Memang pepaya merupakan salah satu yang termasuk menu diet Mayo ala Indonesia yang mana di dalam pepaya mengandung vitamin C yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat terbesarnya adalah mampu mencegah dari serangan kanker.


Akan tetapi, jika tubuh anda terlalu banyak mendapatkan asupan vitamin C, maka bisa menyebabkan terjadinya keracunan dan juga menyebabkan terjadinya pembentukan asam oksalat yang berujung pada penyakit ginjal.

4. Mengalami gangguan pencernaan

Efek samping diet pepaya yang terakhir adalah bisa menyebabkan anda mengalami gangguan pencernaan. Meskipun pepaya bisa menjadi pengganti daging pada diet mayo, namun terlalu banyak mengkonsumsi pepaya juga tidak dianjurkan.

Akibat mengkonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan anda sakit perut karena banyaknya enzim patin yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa penjelasan tentang apa saja yang menjadi dampak dari diet pepaya. Meskipun termasuk salah satu cara diet yang gak ribet, bukan berarti anda bisa memakannya secara berlebihan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet