6 Efek Samping Diet Buah untuk Kesehatan Tubuh Anda

efek samping diet buahKita semua tahu bahwa buah merupakan makanan sehat yang kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat baik tentunya untuk dikonsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh.

ads

Namun mengkonsumsi buah secara berlebih apakah baik untuk tubuh ? Apalagi bagi Anda yang ingin melakukan diet dengan buah-buahan sebagai cara mengurangi berat badan dengan cepat, kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah ada efek samping diet buah untuk kesehatan? Disini akan kita bahas.

Telah banyak di berbagai masyarakat yang melakukan cara diet alami dengan berbagai macam buah-buahan, mulai dari diet dengan buah alpukat, buah pisang, buah lemon, buah apel, pir dan yang lainnya, sebagai cara diet ampuh.

Selain itu, para ahli gizi dan kesehatan juga menganjurkan untuk selalu mengkonsumsi buah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika mengkonsumsi nya secara berlebihan apakah fungsi dan manfaatnya tetap sama? ataukah malah akan memberikan dampak negatif bagi tubuh ? Berikut ini beberapa efek samping buah jika dikonsumsi terlalu berlebihan, atau bagi Anda yang sedang menjalankan diet menggunakan buah, inilah efek samping diet buah bagi tubuh Anda :

      1. Diabetes

Efek samping diet buah yang pertama yaitu meningkatkan resiko timbulnya penyakit diabetes. Ada beberapa dari buah-buahan yang mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi, dan tentu saja jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan naiknya kadar gula dalam darah Anda sehingga meningkatkan resiko terjadinya penyakit diabetes.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin melakukan cara diet yang baik dan cara diet yang benar dengan buah buahan, Anda harus memperhatikan betul porsi buah yang perlu Anda konsumsi setiap harinya.

Karena gula yang merupakan faktor pemicu terjadinya penyakit diabetes tidak hanya terdapat pada gula pasir saja. Namun, pada buah yang memiliki rasa manis juga mengandung kaya akan glukosanya. Pada buah-buahan terdapat gula yang disebut fruktosa, yaitu suatu jenis glukosa yang hanya terdapat pada buah-buahan saja.

Dan jika di dalam tubuh ini terlalu banyak kandungan fruktosa, maka hati dalam tubuh akan mengubah gula tersebut yang berlebih menjadi lemak. Dan lemak yang berasal dari fruktosa atau gula ini disimpan dalam bentuk lemak trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang tergolong berbahaya. Jadi, kita tidak hanya perlu diet rendah lemak saja, namun perlu juga bagi kita yang sedang menjalankan program diet untuk obesitas untuk melakukan diet rendah gula.

      2. Masalah Pada Pencernaan

Buah memang sudah dikenal kaya akan kandungan seratnya, yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan Anda. Namun, terlalu banyak mengkonsumsi serat juga kurang baik untuk pencernaan Anda. Serat yang berlebih dalam tubuh Anda dapat menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan Anda, seperti, perut kram, kembung, diare dan yang lainnya.


Beberapa buah yang terkenal tinggi kandungan seratnya yaitu, buah apel, pisang, mangga, pepaya, jambu biji, stroberi. Sehingga Anda perlu untuk memperhatikan dalam mengkonsumsi nya agar tidak berlebih dalam tubuh. Anda cukup mengkonsumsi 30 gram serat perharinya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat dari kandungannya untuk kesehatan Anda.

      3. Kurang gizi (malnutrisi)

Bagi Anda yang sedang menjalankan diet dengan buah, ada baiknya untuk mengkonsumsi menu makanan lain agar nutrisi yang dibutuhkan saat diet terpenuhi. Pasalnya ada beberapa orang yang menjalankan diet ketat tanpa mengkonsumsi apapun kecuali buah saja. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan resiko Anda terkena malnutrisi atau kekurangan gizi.

Karena di dalam buah kurang akan kandungan mineralnya. protein, asam amino, yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara diet dengan buah-buahan, agar diet Anda berhasil tanpa perlu mendapatkan efek samping nya bagi tubuh.

      4. Penuaan dini

Efek samping buah selanjutnya yaitu, ternyata buah tidak hanya dapat menyehatkan kulit saja, namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, buah juga dapat membuat kulit Anda menjadi terlihat lebih tua karena kurangnya kadar kolagen dalam tubuh Anda akibat terlalu banyaknya kandungan fruktosa atau gula dalam tubuh Anda.

Karena kandungan glukosa jenis fruktosa yang terdapat dalam buah tersebut jika terlalu berlebih dalam tubuh, dapat mengganggu produksi kolagen dalam tubuh Anda, yang berfungsi untuk menyehatkan dan meremajakan kulit Anda sehingga kulit tampak selalu terlihat muda.


      5. Merusak gigi

Konsumsi buah yang terdapat kandungan fruktosa yang tinggi juga dapat merusak gigi Anda. Hal tersebut karena, gula atau fruktosa yang terdapat dalam rongga mulut akan menjadi sumber makanan bagi bakteri serta setelah itu diubah menjadi asam. Asam tersebutlah yang dapat merusak lapisan email pada gigi yang akhirnya menyebabkan gigi rusak dan berlubang.

Jika terus berlebih dalam mengkonsumsi buah, lubang pada gigi akan semakin melebar dan gigi pun akan semakin menyebar rusaknya. Oleh karena itu, untuk mencegahnya WHO menganjurkan untuk mengkonsumsi buah dan juga gula sewajarnya saja, serta pastikan menyikat gigi setelah mengkonsumsi buah atau makanan dan minuman manis lainnya.

Itulah tadi beberapa efek samping diet buah untuk kesehatan.Bagi Anda yang sedang diet buah, sangat diperhatikan dalam mengkonsumsinya agar tidak berlebihan. Dan jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat untuk diet Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet