7 Cara Diet Buah Pepaya Secara Cepat dan Paling Ampuh (#Teruji)

Cara Diet Buah Pepaya bisa menjadi alternatif yang manjur bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Tak sedikit wanita yang ingin memiliki berat badan ideal dengan cara mengkonsumsi obat pelangsing, susu pelangsing atau pun dengan cara instan lainnya. Berhati-hatilah mengkonsumsi obat atau susu pelangsing karena itu tidak baik untuk kesehatan Anda.

ads

Ada banyak cara mudah untuk membuat badan Anda menjadi ideal tentunya dengan cara yang tidak merusak kesehatan anda, salah satunya dengan buah pepaya. Siapa sangka ternyata buah pepaya dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah kelebihan berat badan Anda. Simak penjelasan mengenai diet buah pepaya dibawah ini!

Baca juga :

Cara Diet Buah Pepaya

Untuk mencoba diet pepaya pastikan Anda menyiapkan buah pepaya dirumah.

1. Sarapan Dengan Buah Pepaya

Jadikan pepaya sebagai pengganti sarapan Anda. Cara mengkonsumsinya yaitu pepaya dipotong kotak-kotak atau bagaimana saja sesuai selera. Pepaya dapat disajikan bersama salad buah atau salad sayur. Tapi ingat, tidak boleh menggunakan campuran apapun termasuk susu atau pun gula. Anda hanya dapat memakan buah pepaya, salah buah atau salad sayur dan air putih yang cukup. (Baca Juga : Bahaya Diet OCD)

2. Dengan Mengkonsumsi Jus Pepaya Pada Siang hari

Pada diet pepaya ini Anda dapat makan dengan nasi atau makan siang seperti rutinitas Anda sehari-hari, tapi ingat dengan porsi yang tidak berlebihan. Pada siang hari, anda mengkonsumsi pepaya dengan cara di jus, namun jangan menggunakan susu atau gula. Jus pepaya asli tanpa zat pemanis apapun, karena pepaya sendiri mempunyai rasa yang manis.

Bahan-Bahan :

  • 1 buah pepaya matang
  • 250 cc air
  • es batu
  • madu

Cara Membuat :

  1. Kupas buah pepaya berukuran sedang lalu potong pepaya menjadi 4 bagian
  2. Buang isi buah pepaya lalu cuci dengan air bersih
  3. Kemudian potong buah pepaya menjadi ukuran yang lebih kecil
  4. Lalu masukkan potongan buah pepaya, 250 cc air, 1 sendok teh madu, dan es batu secukupnya kedalam blender
  5. Blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata
  6. Lalu tuang jus buah pepaya pada gelas besar

3. Jadikan Buah Pepaya Sebagai Camilan

Pada malam hari Anda hanya boleh mengkonsumsi buah pepaya saja, tidak boleh makan apapun ingat hanya buah pepaya saja. Tetapi jika Anda bosan hanya dengan pepaya saja, Anda bisa minum susu dengan catatan susu yang rendah lemak.

Baca Juga :

4. Salad Buah Pepaya 

Cara diet buah pepaya selanjutnya adalah dengan menjadikan buah pepaya sebagai salad buah. Anda bisa mengkreasikan buah pepaya dengan buah lainnya yang anda sukai. Lalu tambahkan sedikit susu dan salad buah pepaya siap dijadikan makanan sehat untuk diet. (Baca Juga : Diet Matahari)

5. Minum Air Putih Yang Cukup 

Selain menjadikan buah pepaya sebagai camilan yang menyehatkan, tentunya untuk keberhasilan diet ini dibarengi juga dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Apalagi air hangat, karena Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet sangatlah baik dan juga menunjang kesuksesan suatu diet.


6. Olahraga Secara Rutin

Sebuah program diet tanpa dibarengi dengan olahraga secara rutin, yang anda anda hanya menimbun lemak dalam tubuh. Sehingga harus dibantu dengan melakukan olahraga setiap hari. Tujuannya agar makanan yang kita konsumsi di di metabolisme oleh untuk menjadi energi bukan malah menjadi lemak. (Baca Juga : Bahaya Gorengan untuk Diet)

7. Istirahat yang Cukup

Istirahat juga sangat mempengaruhi keberhasilan suatu program diet. Kenapa bisa demikian? Karena dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan dan pikiran akan bekerja dengan waktu dan porsi yang tepat. Bayangkan saja apabila anda tidak cukup istirahat, maka yang terjadi anda akan mudah lapar dan ingin mengkonsumsi banyak makanan.

Baca Juga :

Cobalah diet pepaya ini selama 7 hari, akan tetapi jika tidak kuat tak apa-apa coba saja secara bertahap seperti memakan pepaya sehari sekali. Dengan diet pepaya ini, dalam seminggu dapat menurunkan berat badan 1 hingga 2 kg sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing karena setiap orang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda.

Nah sedikit berbagi saran, jika Anda mendapatkan pepaya yang mentah maka simpan pepaya pada suhu ruangan agar pepaya dapat dengan cepat matang. Anda dapat menyiapkan pepaya untuk persediaan seminggu, dan simpan saja pada lemari es.

Kandungan Gizi Buah Pepaya

Cara diet buah pepayaKandungan buah pepaya sangat kaya akan zat yang bermanfaat bagi tubuh. Pada buah pepaya terdapat zat kalsium, zat besi, vitamin, dan riboflavin. Selain itu, buah pepaya merupakan buah-buahan yang sangat rendah kadar lemaknya. Pada buah pepaya terdapat enzim papain yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan dapat menjadi salah satu obat alternatif dalam mengatapi sembelit. (Baca Juga : Bahaya Diet Ekstrim)

Vitamin yang terkandung pada buah pepaya diantaranya vitamin A karotenoid, vitamin C, vitamin b1 (Tiamina), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin E, dan vitamin K. Namun yang memiliki kandungan sangat tinggi yaitu vitamin C. Vitamin C pada pepaya lebih tinggi kandungannya dari pada jeruk atau pun lemon. Selain vitamin pepaya juga banyak mengandung serat dan berbagai senyawa fitokimia. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi)

Lalu mengapa pepaya dijadikan salah satu buah untuk mendapatkan badan yang ideal, berikut alasan mengapa pepaya dijadikan buah untuk menurunkan berat badan.

Baca juga :

1. Rendah Kalori

Berikut adalah banyaknya kalori dalam beberapa takaran buah pepaya.

  • Buah pepaya matang yang memiliki berat 1 ons mengandung kalori sebesar 11 yang terdiri dari 3% lemak, 91% karbohidrat, dan sisanya adalah protein.
  • Sedangkan untuk 1 mangkok yang berisi pepaya dengan dipotong dadu atau 1 mangkok dengan pepaya yang ditumbuk memiliki kalori sebesar 55 kalori atau 90 kalori.
  • Pepaya yang memiliki ukuran 11 cm dengan diameter 7 cm mengandung kalori sebesar 59 kalori.
  • Pepaya yang memiliki ukuran 13 cm mengandung kalori sebesar 119 kalori
  • Dan yang terakhir untuk pepaya berukuran besar dengan panjang 14,5 cm mengandung kalori sebesar 148 kalori

Nampak jelas kandungan kalori pada pepaya sangat rendah.Oleh sebab itu pepaya sangat cocok digunakan sebagai makanan pada program diet Anda. Dengan hanya mengkonsumsi pepaya saja dapat memangkas 3500 hingga 7000 kalori dalam satu minggu  atau dapat mengurangi 1 sampai 2 kg berat badan.

Baca juga :

2. Kandungan Serat Pepaya

Kandungan serat pada buah pepaya sangat baik, untuk satu potongan kecil pepaya mengandung serat sebesar 2.7 gram. Serat yang cukup merupakan komponen penting untuk diet, karena dengan serat yang cukup akan sangat membantu menyerap karbohidrat atau pun memperlancar pencernaan. Selain itu serat buah pepaya mun mempunyai fungsi untuk mencegah gula darah naik, hal ini dapat mengakibatkan berat badan Anda naik.

Baca juga :

3. Kandungan Lemak Pepaya

Pepaya memiliki kandungan kalori yang rendah, akan tetapi memiliki kandungan serat yang cukup baik. Bagaimana sih kandungan lemak pada papaya? Kandungan lemak pada buah papaya sangat rendah, dengan mengkonsumsi buah papaya saja sudah dapat memenuhi kebutuhan lemak, dan yang pasti dengan mengkonsumsi papaya tidak akan menyebabkan lemak bertambah.

Untuk contoh, dalam satu potong buah papaya mengandung lemak sebesar 0,41 gram. Lemak dibutuhkan untuk otak maupun kesehatan jantung. Akan tetapi lemak yang dibutuhkan untuk hal tersebut adalah lemak yang sehat. Dengan memakan buah papaya kebutuhan lemak kita terpenuhi dan tidak akan mengakibatkan leak di tubuh kita bertambah, malah dengan buah papaya cenderung membuat tubuh kita ideal atau dapat menurunkan berat badan kita. (Baca Juga : Pantangan Diet Mayo)

4. Kandungan Air Pepaya

Pepaya memiliki kandungan kalori dan lemak yang cukup tinggi, akan tetapi papaya memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Kandungan air dapat membantu dalam penetralan tubuh atau membersihkan racun pada tubuh kita dan juga dapat memperlancar proses metabolisme pada tubuh kita. Kandungan air pada sepotong papaya sebesar 138 gram air, atau 89 % dari berat buah papaya itu sendiri. Perbandingan air dengan kandungan lainnya sangat terlihat berbeda, kandungan air papaya sangat tinggi oleh karena itu buah papaya sangat baik dikonsumsi untuk program diet Anda.

Baca juga :


Manfaat Diet Pepaya bagi Tubuh

Selain dapat menurunkan berat badan, pepaya juga memiliki manfaat lain bagi tubuh kita diantaranya:

  1. Mengatasi gangguan pencernaan seperti dapat mencegah sembelit
  2. Menjaga kesehatan ginjal, bagian pepaya yang dapat menjaga kesehatan ginjal yaitu bijinya yang mengandung flavonoid dan phenotic.
  3. Dapat mengatasi kolesterol, dengan mengkonsumsi buah pepaya dapat menetralkan kolesterol dalam tubuh Anda
  4. Mencegah Flu, seperti yang telah dibahas pada bagian atas kandungan vitamin C pada pepaya lebih besar dari pada lemon atau jeruk. Oleh karena itu pepaya dapat memperbaiki sistem imun tubuh kita.
  5. Dapat mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan pada buah pepaya dapat mencegah penuaan dini
  6. Dapat mempertajam penglihatan. Pepaya mengandung betakaroten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. (Baca Juga : Pantangan Dalam Diet OCD)
  7. Menjaga kesehatan kulit, kandungan vitamin E,C, dan A pada pepaya sangat baik bagi kulit.
  8. Dapat mencegah dehidrasi, seperti yang telah dibahas kandungan air pada buah pepaya sebanyak 89% oleh karena itu perbanyak mengkonsumsi buah pepaya agar terhindar dari dehidrasi
  9. Dapat menyegarkan mulut. Jika Anda merasa tidak percaya diri dengan bau mulut Anda makan konsumsi lah buah pepaya sehingga mulut Anda akan menjadi segar.
  10. Buah pepaya dapat mengenyangkan. Ini sangat bermanfaat bagi yang ingin melakukan diet, karena dengan mengkonsumsi pepaya akan terasa cepat kenyang sehingga anda tidak akan banyak mengkonsumsi makanan lainnya.

Baca juga :

Sekian pembahasan mengenai Cara Diet Buah Pepaya dan informasi seputar kandungan pada buah pepaya. Patut di coba ya guys untuk kalian yang ingin mempunyai badan ideal tanpa cara instan dan yang pasti tidak akan menyiksa tubuh kalian. Dan jangan lupa imbangi diet ini dengan konsumsi makanan kaya akan serat, minum air putih yang cukup, dan olahraga yang rutin.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan