18 Cara Diet Tanpa Menyiksa dan Dapat Meringankan Stress

cara diet tanpa menyiksaRutinitas diet memang perlu dilakukan bagi ladies yang mendambakan tubuh ideal alami. Berbagai cara diet alami dilakukan dari mengurangi porsi makanan hingga hanya mengonsumsi sayuran dan buah – buahan saja setiap hari. Tentu pada awalnya diet akan terasa menyiksa karena tidak terbiasa dengan pola makan yang tidak sesuai dengan selera, yaitu tanpa kalori, lemak, dan rasa.

ads

Godaan untuk menikmati makanan kesukaan pun menjadi tak tertahan. Cara diet cepat tersebut akan memaksa tubuh untuk terbiasa dengan pola makan baru dan jika ingin bertahan permanen maka harus dijalankan dalam waktu yang lama.

Bagi ladies yang tetap menginginkan tubuh langsing ideal namun tidak menyiksa, maka perlu mengikuti tips cara diet tanpa menyiksa berikut, diantaranya :

  1. Mengatur waktu makan

Cara diet agar tidak terlalu menyiksa yaitu bukan dengan mengontrol porsi makan tapi lebih pada mengatur waktu makan. Jangan melewatkan waktu makan karena tidak baik bagi kesehatan pencernaan. Ladies dapat makan apa saja yang ladies inginkan namun harus dibatasi waktu. Atur pola makan seperti saat berpuasa merupakan metode yang pas untuk diet cepat ladies, yaitu memberi batasan untuk dapat makan hanya 8 jam mulai dari pukul 10.00-18.00. Pukul 10.00 adalah waktu transisi yang tepat antara waktu sarapan dan makan siang sehingga pada saat itu mungkin perut akan terasa sangat lapar.

Dibarengi dengan waktu makan siang dan makan malam lebih awal di pukul 18.00, telah mencukupi kebutuhan waktu makan ladies. Sebelum dan sesudah dari waktu tersebut ladies harus berhenti makan atau berpuasa full dan didampingi hanya dengan minum air putih atau jus. Saat makan pun biasakan untuk mengunyah pelan – pelan agar tercerna lebih baik dan makan lambat juga dipercaya dapat menurunkan nafsu makan berlebih.

  1. Mengurangi konsumsi gula

Gula yang sering kita konsumsi adalah penimbun glukosa yang akan memicu kegemukan. Gula selain memberi rasa juga efektif untuk menenangkan pikiran dan mengenyangkan. Namun, walaupun ladies sudah memotong porsi makan, jika makanan yang terkonsumsi mengandung gula berlebih tetap tidak akan mempengaruhi diet ladies.

Cara diet yang benar yaitu dengan mengurangi kandungan gula dan garam dari makanan atau memilih makanan yang tidak terlalu manis atau asin. Batasi gula ladies dengan yang 0% kalori dan takaran yang pas, meskipun kurang terasa manis tapi baik untuk kesehatan. Kurangi minuman bersoda dan sirup, bisa diganti dengan air putih saja atau jus. Gula juga dapat diganti dengan madu karena lebih rendah kalori dan dapat dikombinasikan dengan berbagai macam makanan.

  1. Kurangi porsi makanan

Untuk menjalani cara diet cepat kurus, banyak dari ladies yang harus menahan diri untuk makan dan bahkan sengaja melewatkan waktu makan, padahal tubuh memerlukan asupan makanan ideal 3 kali sehari sebagai suplemen energi. Tubuh yang kekurangan nutrisi akan menimbulkan gejala – gejala seperti kembung, lemas, mual, dan pusing. Untuk itu tidak makan untuk diet lebih terasa menyiksa bagi tubuh, sehingga hanya perlu menyiasatinya dengan mengurangi porsi makan ladies.

Ladies boleh makan 3 kali sehari atau lebih hanya porsinya dikurangi, dengan cara pertama memilih ukuran piring lebih kecil karena ladies akan terasa cukup kenyang walau hanya menghabiskan 1 mangkuk kecil nasi, hal itu untuk mensiasati otak kita. Cara kedua adalah dengan menghindari makanan berkalori tinggi seperti nasi dan makanan bertepung, namun boleh menambah porsi jenis makanan lainnya terutama sayuran.

  1. Sarapan bernutrisi dengan gandum

Sudah tidak zaman lagi sarapan menggunakan nasi, selain menumpuk karbohidrat, juga merupakan makanan berat yang agak susah dicerna terutama jika dikonsumsi sebagai sarapan pagi. Saat sarapan, tubuh memerlukan makanan rendah kalori, serta tinggi serat agar mudah tercerna oleh tubuh dan memberi energi untuk mengawali hari. Pilihan yang tepat adalah mengganti menu nasi dengan makanan berkarbohidrat lainnya namun rendah kalori seperti beras merah, ubi, atau gandum. Gandum selain rendah kalori, juga enak dinikmati sebagai pengganti nasi dalam bentuk varian makanan seperti roti gandum, bubur gandum, sereal gandum, atau biskuit gandum, bahkan sekarang ada minuman gandum. 


  1. Hindari makan daging

Godaan memakan daging saat melakukan diet memang terkadang menyiksa, karena tekstur yang kaya akan cita rasa, lemaknya, proteinnya, dan seratnya sungguh menggugah selera. Namun ladies harus sebisa mungkin untuk menghindari segala jenis daging karena mengingat kandungan lemak dan kalorinya yang sangat tinggi. Untuk menahan godaan mengkonsumsi daging, pertama hindari makanan yang berisi potongan daging di dalamnya,.

Kedua jangan kunjungi tempat makan atau restoran yang menjual banyak makanan berdaging karena aromanya bisa meningkatkan selera, ketiga posisi daging sebagai bahan makanan dengan sayuran seperti pada roti atau sandwich dapat ditambahkan tomat, paprika, atau keju. Makan sup kaldu daging juga dapat menggantikan hasrat ladies untuk mengkonsumsi daging sebagai lauk makan siang sehat.

  1. Perbanyak makan sayur dan buah di tiap waktu

Saat ladies memerlukan makanan sehat untuk diet, maka buah dan sayur adalah jawabannya. Buah dan sayur merupakan makanan lengkap pengganti makanan berat dan cemilan ladies, dengan kandungan lengkap dari karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat, tidak hanya memberi stamina tapi juga ampuh dalam menurunkan berat badan. Tidak perlu memaksakan diri untuk mengkonsumsi sayur mentah atau buah begitu saja yang hambar tidak dan sesuai selera ladies, karena sekarang banyak cara untuk mengkonsumsi buah dan sayur lebih enak seperti salad buah dan sayur campur mayonaise, jus buah dan sayur tanpa gula, sup sayur kental atau cair, dicampur dengan bubur, ataupun dijadikan lalapan sesuai selera.

  1. Tidur lebih lama

Saat kerja atau melakukan tugas kampus sering kali kita dipaksa untuk begadang, sehingga tubuh kekurangan tidur padahal tidur yang cukup penting untuk kelancaran metabolisme tubuh sehingga memaksimalkan pembakaran kalori. Tidur 8 jam per hari atau lebih baik untuk mengurangi kalori hingga 2000 kalori. Tidur juga berfungsi untuk mengurangi nafsu makan sehingga tak heran saat lapar tubuh akan terasa lelah dan mengantuk karena itu merupakan cara tubuh untuk menghemat energi.

  1. Konsumsi teh hijau

Ladies ingin yang lebih alami, maka cara tradisional menurunkan berat badan dalam 1 minggu adalah jawabannya. Ladies dapat mencoba berbagai resep ramuan herbal alami penurun berat badan ampuh dan tanpa efek samping tentunya. Salah satu pilihan ramuan tradisional yang dapat ladies coba adalah teh hijau. Tidak seperti teh pada umumnya, teh hijau tidak memiliki kalori dan rasanya yang agak pahit dapat mengurangi kadar gula dalam tubuh, sangat efektif untuk diet sehat anda. Minum teh hijau sebelum tidur dimalam hari lebih mudah membakar lemak dan melancarkan metabolisme terutama saat tidur.

  1. Olahraga teratur

Olahraga secara rutin memang menjadi faktor utama berhasilnya program diet ladies. Namun bagi ladies yang terbiasa tidak melakukan olahraga, melakukannya pertama kali memang akan sangat menyiksa dan menguras tenaga terutama saat ladies sedang melakukan diet. Untuk itu, ladies dapat melakukan olahraga atau atau kegiatan ringan untuk mengawali rutinitas sehat ladies, diantaranya : 

  • Awali bangun tidur ladies dengan merenggangkan kaki dan tangan (menggeliat), baik untuk perenggangan otot yang kaku akibat tidur terutama otot bagi perut, kaki, dan lengan.
  • Lakukan kegiatan yoga ringan setelah bangun tidur selama minimal 15-30 menit untuk membakar lemak, merelakskan tubuh, dan menenangkan pikiran.
  • Ladies dapat juga melakukan senam lebih energik seperti gerakan push up, squat, atau spot jogging.
  • Memilih berjalan sekitar 15-20 menit untuk membakar lemak, dapat dilakukan saat hendak berangkat sekolah, ngampus, atau kerja.
  • Bahkan kegiatan rutin sehari – hari seperti membersihkan rumah juga bentuk olahraga yang dapat mengeluarkan keringat lho.
  • Saat ada waktu luang atau weekend, berkebun juga menjadi pilihan yang tepat sebagai kegiatan olahraga. Berkebun memiliki ketertarikan dan keasyikan sendiri yang dapat membuat ladies larut dan lupa waktu. Selain dapat menikmati hijaunya tanaman dan bunga berwarna warni, kegiatan berkebun seperti mencabut rumput dan gulma yang mengganggu, memasang pupuk, atau memotong ranting tua juga berfungsi sebagai olahraga.
  • Naik turun tangga di kampus atau kantor juga efektif sebagai olahraga di paha dan menguatkan kaki lho.
  • Dari berbagai kegiatan tersebut, melakukan jogging kurang lebih 10 menit memang lebih efektif dan paling cepat untuk membakar lemak.

Ladies memang dapat menggunakan cara diet tanpa olahraga, namun akan terasa kurang efektif karena olahraga tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tapi juga untuk menguatkan fungsi jantung dan membuang racun dan kolesterol dalam darah.

  1. Gunakan gelas berleher tinggi

Minum memang sangat baik untuk memenuhi kekurangan cairan tubuh. Saat tubuh kurang cairan maka akan terasa lelah, mulut kering, dan susah buang air besar. Cara efektif untuk diet yaitu dengan mengkonsumsi air putih sesering mungkin dengan total 3 liter per hari. Gunakan manfaat air putih hangat untuk diet sebelum makan akan membantu membakar lemak dan lebih cepat mengenyangkan perut. Saat ingin minum minuman manis atau bersoda usahakan gunakan gelas yang berleher tinggi atau kurus untuk meminimalkan kalori yang akan dikonsumsi.

  1. Pilih cemilan sehat

Jika kita berbicara cemilan, maka yang muncul dibenak kita adalah makanan manis, gorengan, atau junk food, padahal banyak lho makanan lain yang dapat dijadikan cemilan untuk selingan sebelum waktu makan. Saat diet ladies tidak hanya harus menahan diri dari makan namun juga untuk ngemil. Disaat ladies terbiasa untuk ngemil saat waktu – waktu luang, tentu sangat menyiksa jika dipaksa untuk berhenti melakukannya.

Namun bahaya gorengan untuk diet dan makanan manis sangat buruk bagi kesehatan tubuh karena memicu kolesterol dan penyakit diabetes. Untuk itu ladies perlu menyiasati waktu ngemil ladies, dengan memilih jenis cemilan yang lebih sehat, sehingga walaupun mulut tidak berhenti mengunyah, berat badan tetap tidak bertambah. Ladies dapat mencoba beberapa makanan berikut untuk cemilan, seperti :

  • Ngemil biji – bijian atau kacang sangat tepat saat santai
  • Pilih buah dan salad sayur untuk diet saat menunggu waktu makan siang atau pengganti makan malam
  • Saat ingin makan pizza atau burger pilih yang topping dan isinya lebih banyak sayuran dibanding daging
  • Rasa asin manis dari yogurt juga cocok untuk menemani cemilan ladies
  • Makan permen mint juga dapat menunda rasa lapar
  • Makan snack memang paling pas untuk ngemil, seperti biskuit pilih yang terbuat dari gandum bukannya tepung, dll.
  1. Berhenti makan sebelum kenyang

Ladies pasti sudah tak asing lagi bukan dengan istilah ‘makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang’? Itu menjadi isyarat agar tidak melakukan hal yang berlebihan, berlaku juga saat makan. Lapar adalah saat tubuh sudah benar – benar memerlukan tambahan energi, dan kenyang adalah pertanda kalau energi sudah terisi, jadi walaupun terus makan setelah kenyang nutrisi tidak akan terserap dan akan terbuang sia – sia. Istilah itu cocok diterapkan bagi ladies yang sedang menjalani diet, yaitu ladies harus makan sebelum lapar karena kalau sudah lapar keinginan makan berlebih juga bertambah, dan berhenti sebelum kenyang agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi kalori dan menyisakan 20% kebutuhan nutrisi untuk ngemil sehat.

  1. Memasak dirumah

Makan masakan rumahan lebih dapat mengontrol kalori dan lemak yang harus dikonsumsi. Usahakan lebih sering masak dirumah dibanding diluar, agar asupan nutrisi ladies terpenuhi sempurna dan sesuai dengan selera. Juga beberapa survey menyebutkan bahwa makan diluar cenderung membuat kita makan lebih banyak dibanding saat makan dirumah.

  1. Perbanyak menggunakan saus tomat

Saat ladies ingin menikmati cemilan seperti spagheti, kentang goreng, sosis, sandwich, atau burger dilengkapi dengan saus memang lebih nikmat. Sebaiknya ladies lebih memilih saus tomat dibanding saus krim atau mayonaise karena lebih rendah kalori dan nutrisi tomat baik untuk diet. Pilih juga cemilan sehat rendah lemak dan kalori dengan dibaluti saus tomat akan lebih nikmat.

  1. Kunyah permen karet mint saat lapar

Saat lapar tapi belum waktunya makan memang lebih enak jika ngemil. Tapi saat diet, ladies dapat mengganti keinginan untuk ngemil dengan mengunyah permen karet dengan rasa mint. Rasa manis dan segar dari mint dapat menahan rasa lapar untuk sementara waktu, dan permen karet juga membuat ladies untuk terus mengunyah dan melatih otot – otot diwajah untuk bekerja keras.


  1. Siasati pola makan saat diluar atau di restoran

Saat makan di luar, keinginan menyantap makanan – makanan enak di restoran makin tinggi. Untuk itu ladies perlu menyiasati pola makan agar dapat mengontrol kalori yang masuk saat diet, dengan :

  • Saat makan diluar lebih enak makan bareng teman atau kolega, dengan membagi porsi makan dengan teman dapat mengurangi porsi yang dapat dimakan
  • Pilih porsi setengah saat ingin makan nasi
  • Pesan air minum atau jus sebelum makan
  • Pilih makanan yang banyak bahan sayurnya seperti sup atau lalapan
  • Pesan makanan pnutup seperti salad buah juga bisa dijadikan makanan pembuka atau makanan utama
  • Hindari makanan penutup seperti kue atau es krim, cukup minum jus atau buah
  • Pesan air jeruk hangat lebih baik untuk diet dibanding air es.
  1. Makan bareng untuk diet

Saat ladies sedang setres dengan kerjaan, makan merupakan solusi yang tepat untuk menenangkan pikiran terutama yang manis – manis. Tidak perlu menyiksa diri untuk tidak makan atau ngemil, ladies dapat meminimalkan rasa setres dengan ngemil sehat atau makan bareng bersama teman atau kolega. Makan bareng juga termasuk trik ampuh untuk cara diet tanpa menyiksa ladies, karena saat makan bareng kita lebih cenderung untuk menghabiskan waktu dengan mengobrol sehingga cenderung makanan yang masuk lebih sedikit, juga sebagian besar ladies cenderung gengsi untuk makan banyak.

  1. Hindari memakai pakaian berwarna cerah

Terkadang pikiran bahwa berat badan terus naik dapat menimbulkan setres dan mengganggu konsentrasi. Gunakan pakaian berwarna gelap atau hitam dapat menyamarkan bentuk tubuh ladies dan cenderung terlihat lebih kurus. Selain menambah efek elegan, pakaian hitam meningkatkan kepercayaan diri. Percaya diri dan berfikir positif sangat efektif untuk keberhasilan program diet anda. Selain pakaian warna cerah, pakaian dengan motif polkadot juga dipercaya dapat menunjukkan kegemukan ladies.

Diet sehat dan alami memang baik dilakukan bagi ladies yang mendambakan tubuh langsing ideal. Tapi, ladies juga dapat mengatur pola dan waktu makan agar tidak terlalu menyiksa saat dijalankan khususnya bagi ladies yang baru pertama kali mencobanya. Beberapa cara diet tanpa menyiksa diatas perlu ladies coba lakukan untuk mendapat hasil maksimal tanpa setres.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!