30 Makanan Diet Rendah Kalori dan Rendah Lemak yang Sehat dan Aman

Makanan rendah kalori bukan berarti makanan tersebut harus memiliki rasa yang tidak enak atau nilai nutrisi yang rendah. Kami yakin kamu pasti ingin tahu makanan rendah kalori apa saja yang dapat mendukung kesehatan  kamu dan pada saat bersamaan membantu usaha kamu untuk mengurangi berat badan.

ads

Baca Juga :

Makanan Diet Rendah Kalori 

Ini adalah daftar dari 30 jenis makanan terbaik untuk membantu kamu dalam usaha diet kamu.

1. Selada air

Selada air merupakan sayuran yang kamu butuhkan dalam menu makanan kamu. Menurut CDC (Centers for Deisease Control), selada air merupakan salah satu sayuran yang paling bernutrisi dengan kadar antioksidan yang tinggi dan hanya mengandung 4 kalori per mangkuk. (Baca Juga : Bahaya Diet Tanpa Makan Nasi )

2. Arugula

Bila kamu belum pernah mendengar nama sayuran ini, mungkin kamu lebih familiar dengan nama lainnya yaitu rocket. Sayuran ini mengandung 5 kalori per mangkuk dan di dalamnya sayuran ini kaya akan antioksidan dan vitamin K. (Baca Juga : Diet Paleo )

3. Seledri

Seledri mengandung banyak Vitamin K yang selain bermanfaat bagi kesehatan tulang juga merupakan nutrisi yang membantu mengurangi resiko kematian dari penyakit seperti serangan jantung. Seledri mengandung 6 kalori per mangkuk. (Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Diet )

4. Bok Choi

Kandungan kalori yang terdapat dalam sayuran hijau yang berasal dari benua Asia ini adalah 9 kalori per 5 lembar daun. Bok Choi adalah sayuran yang kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A serta antioksidan. Semua ini adalah unsure yang memperkuat pertahanan tubuh kamu. (Baca Juga : Pantangan Diet Golongan Darah A )


5. Lobak

Lobak memiliki rasa yang agak sedikit pedas dan memberikan tekstur pada berbagai hidangan. Kalori dalam lobak adalah 17 kalori per mangkuk. Kandungan nutrisi dalam lobak di antaranya adalah vitamin C, yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan sel dan memperbaiki jaringan yang rusak. Selain umbinya, daun lobak juga dapat dimakan. (Baca Juga : Cara Diet Tanpa Olahraga Dalam Seminggu )

6. Mentimun Jepang

Mentimun jepang merupakan sumber dari serat makanan dan juga kaya akan potassium, vitamin B6, vitamin K dan mangan. Per satu mentimun jepang berukuran sedang mengandung 31 kalori. (Baca Juga :  Bahaya Diet Ekstrim )

7. Mentimun

Kandungan air di dalam mentimun adalah sebesar 95% yang membuat buah ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk makanan diet rendah kalori. Kandungan air yang tinggi akan menjaga agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik dan juga menjaga agar kamu tetap merasa kenyang, sehingga kamu lebih tidak merasakan keinginan untuk mengemil. Bila kamu ingin mendapatkan lebih banyak serat makanan, kamu jangan mengupas kulit mentimun, karena kulit mentimun adalah di mana akan kamu temukan serat makanan. Kandungan kalori dalam mentimun adalah 22 kalori per ½ mentimun.

8. Prem

Buah prem kaya akan antioksidan dan mengandung sekitar 30 kalori per buahnya. Rasanya yang manis akan membantu kamu untuk mengurangi keinginan kamu akan makanan manis lainnya seperti permen dan coklat. (Baca Juga :  Pantangan Diet Golongan Darah B )

9. Jeruk Bali

Seperti buah buahan jeruk lainnya, jeruk bali kaya akan vitamin C. Menurut penelitian dari University of Arizona (Tucson), jeruk bali akan dapat membantu mengurangi lingkar pinggang, tekanan darah dan kadar kolesterol. Dalam ½ buah jeruk bali terdapat 37 kalori.

10. Strawberry

Merupakan buah yang dapat kamu temukan sepanjang tahun di supermarket. Buah ini mengandung kadar vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kadar vitamin C yang tinggi dapat membantu meringankan pernafasan pada saat berolahraga. Selain itu kadar antioksidan dalam buah strawberry dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Tingkat kalori dalam strawberry adalah 49 kalori per mangkuk. (Baca Juga :  Pantangan Diet Golongan Darah O )

11. Melon

Buah melon yang manis dan segar hanya mengandung 61 kalori per mangkuknya, namun kaya akan vitamin C dan potassium. Potassium merupkan nutrisi yang membantu mengurangi resiko penyakit jantung,

12. Blackberry

Hanya mengandung sbanyak 61 kalori per mangkuknya, blackberry juga kaya akan serat makanan yang mengenyangkan. Serat makanan juga akan membantu memperlambat proses pencernaan sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama. Tentunya blackberry juga kaya akan vitamin K dan antioksidan. (Baca Juga :  Minuman Sehat Untuk Diet )

13. Bulgur

Merupakan jenis biji bijian yang terbuat dari gandum utuh yang dimasak setengah matang, dikeringkan lalu dikupas. Kaya akan serat makanan, bulgur akan membantu mengendalikan kadar gula darah kamu. Mengandung 76 kalori per ½ mangkuknya.

14. Mi Soba

Mi soba mengandung 113 kalori per mangkuknya. Terbuat dari sorgum, mi ala jepang ini rendah akan kalori dan pastinya akan membantu mengendalikan kadar kalori yang kamu konsumsi.

15. Teff

Teff merupakan tanaman biji bijian yang ditanam secara luas di Ethiopia dan mengandung kalori sebanyak 128 kalori per ½ mangkuknya pada saat sudah dimasak.Selain itu teff kaya akan beragam nutrisi seperti serat, magnesium, alsium dan fosfor. (Baca Juga :  Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet )

16. Dedak gandum

Dedak gandum mengandung 31 kalori per ¼ mangkuk dan mengandung banyak nutrisi seperti magnesium, vitamin B kompleks dan serat makanan yang akan membantu kamu agar tetap merasa kenyang.

17. Popcorn

Mengandung 31 kalori per mangkuknya, popcorn polos merupakan snack rendah kalori yang dapat membantu mengurangi berat badan. (Baca Juga :  Cara Diet Cepat )

18. Kue Beras Polos

Kue beras polos merupakan pilihan yang baik ketika kamu menginginkan sesuatu yang berasa garing dan memuaskan kebutuhan kamu tanpa menambah jumlah kalori dengan signifikan. Kadar kalori dalam kue beras adalah 35 kalori per kuenya. (Baca Juga : Diet Golongan Darah O )

19. Mi Shirataki

Mi yang transparan dan mengandung gelatin ini terbuat dari akar tanaman konjac dari Asia. Kandungan kalorinya adalah 0 per 3 ounce. Kebanyakan nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah serat makanan yang disebut glucomanan.

20. Dada kalkun

Dada kalkun merupakan pilihan yang tepat pada saat kamu ingin membuat sendiri sandwich untuk makan siang kamu. Ini merupakan pilihan daging yang paling rendah lemak. Pilihlah jenis yang polos untuk menghindari adanya tambahan gula. Kadar kalorinya adalah 72 kalori per 3 ounce. (Baca Juga :  Cara Diet Alami )

21. Ikan Kod

Ikan kod dengan kandungan kalori sebanyak 70 kalori per 3 ounce namun kaya akan selenium. Selenium bertindak sebagai antioksidan dan meningkatkan konsumsi selenium dapat mengurangi kelelahan pada otot. Kadar kalorinya adalah 70 kalori per 3 ounce.

22. Kerang Hijau

Kerang hijau kaya akan protein dan mengandung 73 kalori per 3 ounce. Selain itu kerang hiaju jga kaya akan lemak omega-3 yang dapat membantu untuk meningkatkan kinerja olah raga dengan meningkatkan aliran darah, memaksimalkan kadar oksigen yang diserap oleh otot. (Baca Juga :  Minuman Sehat Untuk Diet )

23. Dada Ayam

Dada ayam mengandung 92 kalori per 3 ounce dan merupakan makanan yang kaya akan protein untuk membantu membentuk otot. Makanan yang kaya protein akan membantu kamu mengurangi berat badan karena akan membantu kamu untuk merasa kenyang ebih lama dan meningkatkan efek thermic pada saat makanan. Di sini maksudnya adalah jumlah kalori yang dikeluarkan untuk mencerna makanan lebih besar dari jumlah kalori yang terkandung dalam makanan itu sendiri

24. Tahu sutra

Ada banyak jenis tahu yang ada di pasaran. Kadar kalori tahu sutra adalah 31 kalori per 3 ounce. Ini merupakan jenis tahu yang belum melalui proses pemerasan air yang menyebabkannya memiliki kadar kalori yang lebih rendah dari jenis tahu lainnya. (Baca Juga :  Bahaya Diet Ekstrim )

25. Kacang Merah 

Kacang merah kalengan merupakan cara yang cepat untuk menambahkan protein nabati dan serat makanan dalam menu diet kamu. Kacang merah mengandung 108 kalori dalam ½ mangkuk.

Baca juga :

26. Lentil

Jenis kacang-kacangan ini tidak saja rendah dalam kalori, tapi juga kaya akan protein, vitamin dan mineral. Lentil juga mengandung banyak serat makanan yang sehat bagi tubuh. Kandungan kalori dalam lentil adalah 115 kalori dalam 1/2 mangkuk

27. Putih Telur

Putih telur mengandung 25 kalori per 3 sendok makan. Kalau kamu mencari sumber protein yang rendah kalori, ini adalah jawabannya. Putih telur kaya akan asam amino sehingga sangat cocok untuk pembentukan otot. (Baca Juga :  Cara Diet Karbohidrat )

28. Keju Mozzarella Rendah Lemak

Keju Mozzarella rendah lemak mengandung kalori sekitar 61% lebih rendah dibandingkan dengan keju cheddar. Kandungan kalori dalam keju mozzarella adalah 71 kalori per ounce.

29. Susu skim

Susu skim memungkinkan kamu untuk mendapatkan kadar protein dari susu tanpa tambahan kalori dari lemak. Kadar kalori dalam 1 gelas susu skim adalah 83 kalori. Selain itiu susu skim juga mengandung kalsium, vitamin D dan fosfor yang membantu untuk memperkuat tulang. (Baca Juga : Cara Diet GM Yang Benar )

30. Yogurt polos tanpa lemak

Yogurt kaya akan protein dan juga probiotik, yaitu mikrobia yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Probiotik juga akan membantu untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Kalori dalam yogurt polos tanpa lemak adalah 137 kalori per mangkuk.

Baca Juga :

Nah itulah tadi 30 jenis makanan diet rendah kalori yang dapat kamu pertimbangkan dan masukkan dalam diet kamu. Semoga membantu ya buat kamu yang sedang menjalani diet tapi bingung akan pilihan makanan yang boleh kamu makan.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan