5 Khasiat Air Putih Hangat untuk Diet yang Menenangkan

khasiat air putih hangatMendapatkan tubuh ideal langsing merupakan dambaan tiap wanita untuk tampil cantik. Berbagai program diet dilakukan mulai dari meminum obat diet pelangsing, berolahraga berlebihan, hingga bahaya diet ekstrim lainnya. Mulailah untuk beralih pada program diet yang lagi trend saat ini dengan mengonsumsi makanan sehat untuk diet dan pola hidup sehat teratur. Meskipun proses penurunan berat badan terbilang memerlukan waktu lebih lama dibanding dengan mengonsumsi obat, tetapi lebih alami dengan resiko efek samping yang sedikit untuk tubuh.

ads

Berbagai cara diet alami yang dapat dilakukan seperti mengonsumsi makanan rendah lemak, mengonsumsi sayur dan buah, berolahraga teratur, dan menghindari makanan berkalori tinggi. Jika semua itu terasa sulit, cukup mulai dengan meminum air putih hangat setiap hari. Selain untuk menghilangkan dahaga dan menghangatkan tubuh, air putih hangat juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan tubuh. Manfaat air putih hangat untuk diet ternyata sangat ampuh dalam menurunkan kadar lemak secara drastis.

Air putih yang biasa kita minum mengandung mineral yang penting bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, kalium, sodium, dan bikarbonat, bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh, menjaga keseimbangan cairan, memelihara sistem pencernaan, dan menjaga kesehatan gigi dan tulang. Tubuh memerlukan takaran air putih minimal 8-12 gelas setiap hari untuk kelancaran fungsi organ dan mencegah resiko dehidrasi (kekurangan cairan). Khasiat air putih hangat untuk diet yang perlu anda ketahui, seperti berikut :

1. Menurunkan kalori pada makanan

Dibanding dengan air putih yang dingin, air putih hangat telah diungkapkan dalam beberapa penelitian dapat mengurangi kadar kalori sekira 70-90 kalori pada makanan yang kita santap. Cukup minum air putih hangat setelah bangun tidur dan sebelum makan, atau minimal 3 kali sehari dan rutin dilakukan setiap hari maka dalam 3-4 bulan berat badan akan menurun drastis.

2. Melancarkan metabolisme dan sistem pencernaan

Saat anda mengalami sembelit atau susah buang air besar, maka itu menandakan bahwa cairan tubuh anda sedikit. Minum air putih yang banyak tiap hari akan membantu melancarkan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Jika anda mengonsumsi air putih hangat, akan mendorong sisa – sisa zat tidak berguna dan racun dalam lambung dan usus untuk segera dikeluarkan dari tubuh, sehingga lemak jenuh dalam tubuh pun ikut terbuang, cocok untuk diet rendah lemak yang anda ingin lakukan.

3. Mengenyangkan perut

Penelitian membuktikan bahwa minum air putih hangat sebelum makan akan cepat mengenyangkan perut sehingga memaksa anda untuk mengurangi porsi makanan dan kalori yang masuk dalam tubuh setiap hari pun berkurang. Walau begitu khasiat air putih hangat untuk diet dapat menyerap optimal energi dari makanan sehingga anda akan tetap berstamina.

4. Sebagai antioksidan

Minum air putih hangat setiap hari berperan aktif sebagai antioksidan dalam menurunkan kadar radikal bebas dalam tubuh sehingga menurunkan kolesterol berbahaya dalam darah. Ketika air putih hangat masuk ke perut yang kosong, otomatis akan menghangatkan suhu tubuh dan terjadilah proses pembakaran lemak. Khasiat air putih yang dapat melancarkan sistem pencernaan akan mengeluarkan racun – racun tersebut dari tubuh lewat keringat atau urin. Selain itu bagi ladies, air putih hangat juga dipercaya dalam mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit.


5. Mencegah dan mengobati bermacam penyakit

Bagi ladies yang sedang haid rasa sakit di perut tidak dapat dihindari, namun dengan mengonsumsi air putih hangat rasa sakit dan kram di perut akibat luruhnya dinding rahim akan berkurang. Selain itu jika dicampur dengan perasan jeruk nipis efektif mengobati masalah pernafasan seperti batuk dan pilek serta sakit tenggorokan. Juga khasiat air putih hangat untuk cara diet cepat dapat membantu meningkatkan kinerja organ tubuh seperti ginjal, usus, dan otak. Berfungsi dalam melancarkan peredaran darah sehingga dapat mencegah dan mengobati sakit kepala anda.

Mengonsumsi air putih hangat setiap hari merupakan cara diet yang benar untuk anda terapkan setiap hari khususnya cara diet bagi orang malas berolahraga. Saat santai atau sebelum tidur, minum air putih hangat juga pas untuk menenangkan pikiran yang setres akibat pekerjaan dan aktivitas. Dapat pula dicampur dengan bahan alami lainnya yang efektif sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk diet seperti jeruk nipis atau lemon dan madu.

Kandungan jeruk nipis dan madu yang baik untuk kesehatan diminum dalam segelas air putih hangat akan membantu merelaxkan tubuh dari rasa lelah dan memberi tambahan energi. Namun, perlu diperhatikan bahwa khasiat air putih hangat untuk diet akan lebih optimal jika dibarengi dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur dan rutin setiap hari.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman