5 Khasiat Kunyit untuk Diet Secara Alami dan Aman Dikonsumsi

khasiat kunyit untuk diet

ads

Kunyit ini selain dikenal dengan  bahan bumbu dapur untuk mengolah berbagai masakan dan sebagai tanaman obat, ternyata juga dapat menjadi bahan alami bagi Anda yang ingin menjalankan program cara diet alami. Disini akan dibahas mengenai khasiat kunyit untuk diet.

Kunyit memang kaya akan nutrisi di dalamnya, oleh karena itu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan juga berbagai khasiat kunyit untuk diet. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kunyit diantaranya :

  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Energi

Dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada kunyit tersebut kunyit dapat berfungsi sebagai anti radang, anti malaria, anti bakteri, mampu menyehatkan kulit pada wajah, menurunkan kolesterol dan sangat baik untuk menurunkan berat badan, jenis diet yang efektif, dan merupakan salah satu bahan alami cara diet cepat kurus.

Berbagai Khasiat Kunyit untuk Diet

Berikut adalah berbagai khasiat kunyit yang bisa anda dapatkan dan sangat bermanfaat bagi anda yang sedang menjalankan diet dijamin cepat menurunkan berat badan, yuk simak ulasannya berikut:

       1. Menurunkan produksi sel lemak dalam tubuh

Kandungan kurkumin dalam kunyit tersebut, mampu menghambat proses pembelahan pada sel adiposa (sel lemak), yaitu dengan cara menurunkan jumlah darah yang dialirkan menuju ke sel-sel lemak tersebut. Sehingga akan terjadi kegagalan dalam meningkatkan produksi sel lemak di dalam tubuh, yang akhirnya akan menurunkan produksi lemak dalam tubuh. Yang hal ini tentunya juga berfungsi sebagai cara diet ampuh.


       2. Menurunkan jumlah cairan empedu

Fungsi cairan empedu adalah untuk mencerna dan mengemulsi kadar lemak serta metabolisme. Dan kunyit mampu untuk menurunkan jumlah cairan empedu yang terdapat di dalam perut. Nah, jika jumlah cairan empedu di dalam tubuh sedikit, maka kadar lemak di dalam tubuh pun akan lebih banyak terbuang. Hal ini dapat menjadi cara ampuh bagi Anda yang sedang melakukan cara diet untuk badan yang susah kurus.

       3. Mengatur kadar gula dalam darah

Khasiat kunyit untuk diet lainnya, yaitu ampuh dalam mengatur kadar gula dalam darah yang mana jika kadar gula dalam darah berlebih akan menyebabkan obesitas. Selain itu kunyit juga berperan dalam upaya mencegah terjadinya resistensi terhadap insulin. Yang hal ini akan berdampak dalam mencegah terjadinya peningkatan jumlah lemak dalam tubuh, sehingga terhindar dari penumpukan lemak yang dapat menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih.

       4. Membantu membakar lemak lebih cepat

Kandungan kurkumin yang terdapat pada kunyit juga membakar lemak lebih cepat. Hal ini karena kurkumin yang terdapat pada kunyit, dapat mempercepat reseptor capsaicin dan meningkatkan tingkat thermogenesis, yaitu suatu proses dimana tubuh menghasilkan panas atau energi dengan meningkatkan metabolisme tubuh di atas normal. Atau dengan kata lain adalah suatu proses pembakaran kalori dan lemak dalam tubuh.

Jadi otomatis dengan mengkonsumsi kunyit dengan rutin secara tidak langsung dapat menurunkan berat badan Anda, dan sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet untuk obesitas.


        5. Menurunkan nafsu makan

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kunyit ini mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan nafsu makan. Dengan turunnya rasa ingin makan pada diri Anda, maka otomatis jika dijaga terus menerus akan berdampak pada penurunan berat badan Anda. Yang tentunya Anda jadi tidak perlu repot melakukan cara mengurangi makan nasi karena memang nafsu makan Anda sudah berkurang.

Kunyit untuk diet memang merupakan cara diet aman untuk Anda. Konsumsi kunyit untuk diet atau menurunkan berat badan, dapat dengan mencampurnya sebagai bumbu dapur pada masakan Anda. Atau dapat pula Anda mengolahnya sebagai minuman, yaitu sebagai berikut :

Bahan-bahan :

  • Kunyit segar 1/2 kg
  • 1/4 gula jawa atau gula aren
  • 1/2 asam jawa
  • 2 liter air
  • 1 sdt garam

Cara membuat :

  • Kupas kulit kunyit kemudian cuci bersih semua bahan.
  • Parut kunyit sampai habis
  • Didihkan air, setelah mendidih masukkan parutan kunyit, gula jawa, asam jawa dan garam. Aduk rata. Setelah matang matikan api dan saring air kunyit
  • Air kunyit asam siap dinikmati

Anda juga dapat mencoba cara diet dengan buah-buahan yaitu suatu cara diet dengan menggunakan buah-buahan dan juga mencoba cara diet dengan menggunakan berbagai jenis makanan dan sayuran serta buah-buahan seperti yang terdapat pada menu diet food combining dalam pelaksanaan program diet Anda, sehingga dapat terhindar dari bahaya minum obat pelangsing.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet