7 Khasiat Labu untuk Diet Cepat dan Alami

khasiat labu kuning untuk dietMemiliki tubuh gemuk bagi sebagian besar wanita memang tidak menarik dan mengganggu penampilan, dan menghambat kepercayaan diri. Berolahraga saja mungkin tidak cukup bagi ladies yang belum terbiasa dan akan sangat melelahkan, perlu juga didukung dengan pola makan teratur dan melakukan cara diet alami tanpa mengonsumsi obat – obatan.

ads

Salah satu program diet sehat alami yang dapat ladies lakukan adalah dengan melakukan cara diet karbohidrat dan menggantinya dengan makanan lain yang mengenyangkan dan bernutrisi namun tidak menggemukkan. Untuk itu, khasiat labu untuk diet adalah solusinya.

Diet labu kuning atau pumpkin merupakan salah satu alternatif yang dapat membantu ladies menurunkan berat badan secara sehat. Untuk ladies yang ingin menurunkan berat badan secara alami dengan melakukan cara diet cepat maka menggunakan khasiat labu kuning ini dapat membantu ladies, juga kandungan nutrisi dan vitaminnya menjaga kesehatan tubuh. Beberapa khasiat labu untuk diet yang perlu ladies ketahui, diantaranya :

  1. Kaya akan serat

Serat sangat penting bagi tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan, karena pencernaan yang lancar dapat membuang racun dan mengurangi kolesterol dalam tubuh sehingga meringankan tubuh. Ladies dapat mengkonsumsi labu dalam bentuk pengganti nasi, direbus, atau dibuat jus. 1 gelas jus labu mengandung 3 gram serat, sehingga mengkonsumsinya tiap hari menjadi program diet yang tepat untuk menurunkan berat badan ladies. Kandungan serat yang tinggi pada labu akan membuat perut kenyang lebih lama.

  1. Rendah kalori dan 0% lemak

Kadar nutrisi dalam buah labu sangat banyak namun rendah kalori. Buah labu merupakan salah satu jenis buah dengan daging yang keras dan tidak nyaman dikonsumsi mentah – mentah. Ladies dapat mengonsumsinya dengan direbus terlebih dahulu dan tidak akan mengurangi nutrisinya. Labu yang direbus hanya mengandung 50 kalori dan tidak mengandung lemak sama sekali sehingga cocok untuk diet rendah lemak yang ladies lakukan.

  1. Kandungan protein tinggi dan karbohidrat rendah

Meskipun dapat mengenyangkan, kandungan karbohidrat dalam makanan merupakan salah satu penyebab kegemukan, karena kandungan karbohidrat (zat gula) dalam labu rendah sehingga cocok untuk cara diet untuk penderita diabetes. Labu berfungsi seperti kentang/ubi yang bisa menjadi pengganti nasi untuk sarapan, dan tentu saja mengenyangkan. Kandungan serat yang tinggi namun tetap rendah karbohidrat dan rendah kalori.

Ladies dapat mengonsumsi labu sebagai menu sarapan pagi sehat untuk diet dengan merebusnya, membuat bubur labu, atau di campurkan dengan buah – buahan lainnya sebagai jus. Satu potong labu yang direbus mengandung 2 gram protein dan hanya mengandung 12 gram karbohidrat. Meminimalkan konsumsi karbohidrat akan menstabilkan kadar gula darah sehingga mampu membakar lemak dan baik untuk diet.

  1. Kaya akan vitamin dan zat besi

Labu terkenal akan warna kuning dagingnya yang khas, bahkan labu sering dipakai oleh masyarakat luar negeri untuk merayakan pesta halloween. Warna kuning pada daging labu menandakan adanya kandungan karotenoid yang tinggi didalamnya yang berbentuk beta karotein. Kandungan beta karotein yang dicerna oleh tubuh akan berubah menjadi vitamin A yaitu berfungsi untuk kesehatan mata dan kulit, reproduksi, dan kekebalan tubuh.

Zat ini juga bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mengeluarkan racun akibat radikal bebas dalam tubuh sehingga mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung serta menurunkan resiko kanker. Selain vitamin A dan beta karoten, labu juga mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin D dan E yang baik untuk kesehatan tulang, zat besi, dan kalium untuk kelancaran metabolisme.


  1. Meningkatkan kekebalan tubuh dan antioksidan

Kandungan vitamin C dalam labu berkhasiat untuk metabolisme tubuh dan meningkatkan kekebalan dari penyakit. Vitamin C pada labu bertindak sebagai antioksidan aktif yang membakar racun – racun dalam tubuh dan menurunkan kolesterol, sangat baik bagi ladies yang sedang melakukan cara diet cepat kurus alami dan sehat.

  1. Melancarkan metabolisme tubuh

Kandungan kalium dan kartinin dalam labu berfungsi sebagai penunjang dan mempercepat metabolime dalam tubuh ladies. Metabolisme sangat aktif dalam melancarkan pencernaan, menjaga kesembangan air dan asam basa dalam tubuh, dan membantu proses pembakaran lemak serta meningkatkan massa otot. Sistem pencernaan yang lancar akan baik bagi ladies yang sedang melakukan diet karena akan dengan cepat membuang zat – zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dan mengurangi kolesterol. Pembakaran lemak akan mempercepat program diet ladies dan menggantinya dengan otot untuk ladies lebih berenergi. Mengonsumsi segelas labu akan memberi ladies kandungan kalium sebanyak 564 mg.


  1. Memberi energi untuk beraktivitas

Zat yang aktif dalam memberi energi untuk tubuh dalam labu adalah kandungan zat besi nya. Zat besi berfungsi dalam pembentukan darah (hemoglobin) sehingga tubuh tidak akan lemas dan selalu berenergi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa jika ladies melakukan diet labu selama 2 minggu maka akan sangat cepat menurunkan berat badan 5-10 kg sehingga akan cocok untuk program diet untuk obesitas bagi ladies yang menderitanya. Terapkan khasiat labu untuk diet sehat setiap hari saat sarapan, makan siang dan makan malam. Saat sarapan, labu dapat dibuat bubur dengan sereal atau dibuat jus labu dicampur dengan wortel dan lemon. Ladies juga dapat mengombinasikannya dengan sayur dan buah – buahan lain untuk dibuat salad sayur untuk diet.

Saat makan siang, ladies dapat memakannya dengan dibuat bubur atau sup sayuran dicampur dengan bihun atau paprika dan sayur – sayuran seperti wortel, kubis, dan tomat. Saat makan malam, ladies dapat membuat labu panggang, dibuat sup dengan sayuran dan jamur atau dibuat salad. Lakukan setiap hari dengan berbagai variasi bahan labu hingga 2 minggu dan dapatkan cara diet cepat alami seperti yang ladies inginkan.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!