27 Makanan Sehat untuk Diet Kolesterol yang Aman Dikonsumsi

Penurun KolesterolBagi ladies yang menginginkan tubuh langsing ideal, langkah awal adalah dengan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Meskipun kolesterol juga diperlukan oleh tubuh karena memberi lemak penghasil energi, tapi jika berlebihan sangat fatal bagi kesehatan. Kolesterol ada yang baik dan ada juga yang jahat.

ads

Kolesterol baik didapat dari makanan penghasil lemak, sedangkan kolesterol jahat didapat dari lemak jenuh dari gorengan, junk food, dan makanan tidak bernutrisi. Kolesterol jahat akan mengendap dalam darah dan jika terus menumpuk dapat menghambat riskulasi darah dan beresiko mengganggu fungsi otak dan jantung, serta menjadi penyebab penyakit jantung, stroke, dan obesitas.

Mengatur pola makan saat melakukan diet rendah lemak adalah keharusan untuk mengontrol kolesterol jahat, serta mengkonsumsi obat penurun kolesterol juga tidak boleh terlalu sering, karena bahaya minum obat pelangsing memiliki efek samping bagi tubuh.

Untuk itu, ladies dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak dan bebas kolesterol khususnya sebagai program diet untuk obesitas. Makanan sehat untuk diet kolesterol yang patut dicoba, diantaranya :

  1. Beras Merah

Beras merupakan bahan makanan pokok yang kaya akan karbohidrat dan bebas kolesterol tentunya. Beras juga mengandung glukosa yang cukup tinggi, sehingga tidak cocok untuk diet gula yang anda lakukan. Ganti kebutuhan beras anda dengan beras merah yang bebas kolesterol dan juga rendah gula,

  1. Gandum

Gandum merupakan makanan sehat berserat tinggi dan kaya akan karbohidrat namun rendah gula. Gandum sering dijadikan makanan pokok pengganti nasi untuk membantu program diet anda. Serat tinggi dalam gandum dapat membantu menghilangkan kadar kolesterol berlebih dalam darah. Gandum dapat dikonsumsi sebagai makanan utama dalam bentuk roti, oatmeal, atau bubur. Dapat juga dikonsumsi untuk ngemil dalam bentuk biskuit atau minuman.

  1. Kacang dan biji – bijian

Biji – bijian dan kacang – kacangan terbukti memiliki protein yang tinggi dan juga lemak tak jenuh sehingga bebas kolesterol. Biji – bijian dan kacang dapat dikonsumsi sebagai cemilan atau diolah menjadi bahan makanan seperti bubur, roti, sambal, saus, atau snack. Beberapa biji – bijian dan kacang yang mengandung serat, vitamin E, dan mineral untuk penyerapan kolesterol seperti kacang almond, kacang mede, kacang walnut, kacang hazelnut, biji kenari, atau biji bunga matahari.

Makan kacang – kacangan saat sedang luang atau istirahat juga dapat mengganti cemilan tidak sehat anda, juga memberi energi tambahan dan mengenyangkan sebelum waktunya makan. Makan makanan yang mengandung biji ketumbar juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol lho, atau dapat juga dengan mengkonsumsi 2 sdm ketumbar yang sudah dihaluskan dengan air 2 kali sehari.

  1. Jamur

Jamur memiliki cita rasa unik yang sering disebut sebagai pengganti daging. Cita rasa yang empuk dan kenyal dapat diolah sebagai bahan makanan utama seperti tumisan, bubur, gorengan, dll. Bagi anda penderita kolesterol tinggi, konsumsi jamur sebagai menu makanan sehat untuk diet kolesterol anda merupakan pilihan yang tepat.


  1. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe berasal dari biji kedelai yang kaya akan lemak dan protein namun bebas kolesterol. Tahu memiliki struktur yang empuk dan lembut kaya air sehingga enak dimasak dengan cara apapun karena mampu menyerap bumbu dengan baik. Sedangkan tempe strukturnya lebih padat dan berasal dari kedelai yang difermentasi. Bakteri baik dari tempe sangat baik bagi kesehatan. Bagi ladies yang sedang menjalankan diet kolesterol, maka tahu dan tempe merupakan pilihan yang tepat sebagai menu makanan sehat ladies setiap hari.

  1. Kentang

Kentang bukan merupakan pilihan yang tepat untuk program diet anda karena kentang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun jika ladies ingin makanan sehat bebas kolesterol maka kentang dapat diperhitungkan. Meskipun kaya karbohidrat dan lemak, namun kentang bebas kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi atau roti. Kentang enak dikonsumsi dengan dikukus, digoreng, atau dipanggang sesuai selera.

  1. Ikan air tawar

Bagi ladies yang menginginkan makanan tinggi protein dan lemak tak jenuh, maka ikan adalah pilihan yang tepat. Pilih jenis ikan yang baik untuk diet seperi ikan air tawar, khususnya kaya akan protein dan omega-3 yang baik untuk pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan jantung. Walau kaya lemak, namun ikan air tawar tergolong makanan sehat bebas kolesterol yang aman dikonsumsi dibanding dengan ayam atau daging.

Beberapa ikan air asin yang mengandung omega-3 juga dapat dikonsumsi sebagai penurun kolesterol seperti ikan salmon, sarden, tuna, makarel, dan ikan kembung. Ikan dapat dikonsumsi dengan dikukus atau dibakar. Sebaiknya tidak memilih ikan goreng karena lemak tak jenuh dapat berasal dari minyak goreng yang digunakan.

  1. Sayur – sayuran

Jika ladies menginginkan tubuh cantik langsing ideal, maka mengkonsumsi sayuran merupakan menu utama yang harus ladies masukkan dalam menu makanan sehat anda. Sayur – sayuran merupakan makanan kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat diperlukan oleh tubuh yang tidak dapat ditemukan dibahan makanan lainnya. Sayuran juga dipercaya sangat efektif untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Konsumsi sayur setiap hari saat sarapan, makan siang, atau makan malam, maka tidak hanya membantu menurunkan berat badan anda, tapi juga menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. Beberapa sayuran bebas kolesterol yang patut anda coba, diantaranya : 

  • Sayur Bayam

Sayur bayam kaya akan vitamin A yang sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan mata anda. Bayam mengandung lutein yang dapat membantu membuang kolesterol jahat, melancarkan sirkulasi darah, dan melindungi kesehatan jantung.

  • Sayur Buncis

Sayur buncis sangat enak dimasak sebagai bahan masakan sup atau tumisan. Rasanya manis dan tekstur yang padat ini merupakan sumber karbohidrat namun rendah lemak, sangat cocok dikonsumsi sebagai cara diet untuk penderita diabetes. Konsumsi buncis sebagai lauk tiap hari atau dibuat jus setiap hari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Sayur Brokoli

Sayur brokoli terkadang kurang diminati karena rasanya yang agak hambar dan kurang manis dibanding sayur lainnya. Namun brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi baik untuk sistem pencernaan dan mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Brokoli dapat dibuat sebagai bahan makanan pelengkap dengan roti dan telur, pada bubur, nasi goreng, salad sayur untuk diet, atau jus sayur.

  1. Buah – buahan

Buah – buahan kaya akan vitamin dan mineral terutama vitamin C yang terbukti ampuh dalam membakar lemak dalam tubuh. Buah juga bebas lemak jenuh sehingga bebas kolesterol dan sebagian besarnya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dari dalam tubuh. Beberapa jenis buah yang bebas kolesterol yang penting untuk anda ketahui, diantaranya :

  • Alpukat

Alpukat memiliki terkstur yang lembut dengan biji yang besar didalam dan warna daging hijau kekuningan memiliki kandungan lemak beta-sitosterol yang aktif dalam menyerap kolesterol dalam makanan. Konsumsi buah alpukat dalam bentuk salad atau jus setelah makan, akan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi dan zat flavonoid yang dapat menghambat menumpuknya kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Lemon

Seperti hal nya jeruk nipis, lemon juga mengandung vitamin C tinggi yang juga berperan sebagai antioksidan dan mengurangi kandungan kolesterol jahat dalam darah.

  • Jambu biji

Jambu biji memiliki kandungan likopen yang aktif dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Tomat

Sama seperti jambu, tomat juga mengandung likopen yang ampuh dalam menghilangkan kadar kolesterol dan vitamin C nya ampuh dalam mengurangi lemak penyebab kegemukan. Konsumsi tomat sebagai bahan makanan seperti pada lalapan, salad, atau juga dibuat jus tomat.

  • Mangga

Vitamin C dalam mangga tidak hanya dapat menghilangkan lemak, juga dapat mencegah kolesterol menumpuk dalam darah. Makan mangga sebagai makanan penutup atau jus setelah makan.

  • Apel

Apel merupakan buah yang kaya serat dan air, serta zat beta-glucan yang dapat mengontrol lemak dan kolesterol yang menumpuk dalam tubuh. Apel dapat dikonsumsi dengan banyak cara, tidak hanya sebagai jus, atau salad, juga dapat dibuat asinan dan keripik.

  • Semangka

Buah yang kaya akan air ini juga mengandung likopen yang ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

  • Strawberry

Buah strawberry dan buah berry lainnya seperti anggur memiliki zat antioksidan yang penting sebagai penangkal racun dan kolesterol.

  • Anggur

Buah manis dengan berbagai warna kulit ini ternyata memiliki kandungan flavonoid yang ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menangkal racun, dan melancarkan sirkulasi darah.

  • Delima

Buah delima mengandung oksida nitrat yang dapat mengurangi plak akibat kolesterol yang menumpuk dalam pembuluh darah.

  1. Bawang merah dan putih

Tahukan ladies bahwa umbi – umbian seperti bawang merah dan putih tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan makanan, namun juga berperan aktif dalam membuang kolesterol jahat dalam darah? Bawang memang kurang diminati karena bau dan rasanya yang menyengat, namun sangat enak jika diolah sebagai bahan makanan, juga kandungan antioksidan sangat baik untuk kesehatan jantung anda. Gunakan bahan makanan sehat yang bebas kolesterol dan tambahkan bawang merang atau bawang putih sebagai penambah cita rasa seperti pada sup, tumisan, olahan ikan, pada cemilan seperti keripik, kacang bawang, dll.

  1. Kayu manis

Kayu manis sangat efektif untuk cara diet cepat anda karena rendah lemak dan bebas gula. Kayu manis sering digunakan sebagai pemanis dan penambah aroma dalam makanan atau minuman. Khasiat kayu manis selain dapat menurunkan gula darah, juga menyerap kolesterol jahat dalam tubuh. Kayu manis dapat ditambahkan dalam segelas teh dipagi hari dan malam hari untuk menenangkan pikiran, menghangatkan tubuh, dan membakar lemak.

  1. Teh

Teh merupakan minuman menyegarkan yang kaya akan khasiat yang baik untuk tubuh. Konsumsi teh hangat setiap pagi dan sebelum tidur akan menghangatkan tubuh, memberi energi, dan juga baik untuk cara diet alami anda. Teh baik teh hijau atau hitam mengandung zat antioksidan tinggi yang dapat membuang racun, menurunkan tekanan darah, dan menghilangkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.


  1. Jahe

Jahe merupakan bahan makanan yang sering digunakan pada makanan berkuah seperti semur, ayam santan, dll untuk penambah aroma. Jahe juga menjadi pelengkap dalam minuman dan ampuh dalam menghangatkan tubuh terutama saat musim penghujan. Campur jahe dalam segelas teh hangat atau air jeruk hangat setiap malam sebelum tidur, dapat membakar lemak dan mengurangi kolesterol sehingga mengurangi resiko terkena stroke dan penyakit jantung.

  1. Yogurt

Jika ladies ingin minuman bernutrisi kaya kalsium namun kurang menyukai susu, maka yogurt adalah pilihannya. Selain rasanya yang lezat, kandungan mikroorganisme dalam yogurt berperan penting dalam menurunkan kolesterol dan cocok untuk diet anda.

  1. Olive Oil

Olive oil mengandung antioksidan tinggi yang dapat membuang racundan mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh. Minyak zaitun dapat dikonsumsi langsung 2 sdm sehari ata dicampur dengan makanan lainnya seperti pada salad, tumisan, dsb.

Dalam menjalankan program diet sehat, mengontrol makanan sehat untuk diet kolesterol sangatlah penting. Hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi seperti daging, seafood, keju, coklat, mentega, atau telur, untuk diet bebas kolesterol dan sehat bagi tubuh.

Kreatif dan cermat dalam memilih menu makanan anda, bila perlu masak sendiri dirumah untuk cara diet aman dalam mengontrol nutrisi yang tepat, serta jangan lupa berolahraga ringan minimal 30 menit setiap hari merupakan cara diet yang benar dalam membakar sekaligus lemak dan membuang kolesterol jahat yang menumpuk dalam tubuh.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!