Mengagumkan! Berikut 3 Manfaat Semangka untuk Diet Sehat dan Murah

Diet buah semangka menjadi salah satu cara diet alami cepat turunkan berat badan yang banyak dipilih. Cara diet dengan buah semangka tidak dilakukan dengan hanya mengonsumsi buah semangka saja. Namun, anda bisa mengganti berbagai makanan kurang sehat dengan semangka.

ads

Misalnya, mengganti keripik dengan semangka sebagai cemilan. Sebagai salah satu buah untuk diet, semangka memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut ini manfaat semangka untuk diet yang perlu anda ketahui untuk membuat diet anda semakin sehat:

  • Mengandung Banyak Nutrisi dan Senyawa Bermanfaat

Manfaat semangka untuk diet sangat banyak karena buah ini mengandung banyak nutrisi. Semangka mengandung vitamin C, vitamin A, kalium, magnesium, karotenoid, likopen, vitamin B5, vitamin B6, dan vitamin B1. Vitamin C di dalam tubuh bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Karotenoid merupakan senyawa yang akan diubah menjadi vitamin A melalui berbagai proses di dalam tubuh. Semangka juga mengandung zat Cucurbitacin E yang memiliki manfaat sebagai antioksidan dan anti inflamasi bagi tubuh.

  • Rendah Kalori dan Rendah Lemak

Khasiat semangka untuk diet ialah tidak akan membuat anda semakin gendut karena semangka memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, yaitu 46 kalori per 154 gram. Nilai ini lebih rendah dari buah yang banyak mengandung gula, seperti berry.

Setiap irisan semangka juga mengandung kurang dari satu gram lemak dan bebas dari kolesterol. Dengan mengonsumsi semangka, anda bisa mengurangi ratusan kalori dari asupan makanan yang anda konsumsi. Cara diet yang benar dan sehat bisa anda lakukan dengan mengonsumsi semangka secara rutin setiap minggu sebagai pengganti cemilan.

Konsumsi semangka bisa membuat anda mengurangi konsumsi 500 kalori. Jika anda bisa mengurangi kalori sebesar 500 kalori setiap minggu, anda bisa mengurangi 1 pon berat badan anda dalam satu minggu.

  • Membuat Kenyang Lebih Lama

Program penurunan berat badan cukup sulit dilakukan bila anda sulit menahan lapar. Oleh karena itu, cara diet yang benar yang harus anda lakukan adalah mengonsumsi makanan yang bisa membuat anda kenyang lebih lama. Manfaat semangka untuk diet adalah membantu anda tidak mudah merasa lapar.

Setiap irisan semangka memiliki 5 persen serat yang dapat memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang. Sebagai makanan sehat untuk diet, semangka juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Air dari makanan di dalam lambung anda membuat lambung bekerja lebih lambat dibandingkan segelas air yang anda konsumsi secara langsung.

Manfaat semangka untuk diet tersebut bisa anda dapatkan jika mengelolah semangka dengan cara yang benar. Salah satu cara diet yang baik dengan menggunakan semangka adalah mengolah semangka menjadi jus atau dimakan mentah.

Jus semangka merupakan minuman sehat untuk diet ketika tidak banyak campuran gulanya. Jus untuk diet ini bisa anda konsumsi di pagi ataupun malam hari. Sedangkan buah semangka segar bisa anda konsumsi sebagai cemilan sebelum atau sesudah makan. Anda juga bisa menjadikan semangka sebagai campuran salad buah bersama dengan buah-buahan lainnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan