4 Cara Diet Dengan Buah Semangka Paling Mudah dan Wajib Dicoba

Cara Diet Dengan Buah Semangka juga bisa menjadi pilihan jenis diet anda. Tubuh ideal merupakan impian bagi setiap wanita maupun lelaki. Mempunyai tubuh yang ideal membuat kita semakin percaya diri dalam berpenampilan. Tidak heran jika banyak orang berusaha keras untuk menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Cara menurunkan berat badan yang paling mudah adalah dengan menjaga asupan makanan yang masuk pada tubuh. Menjaga asupan makanan yang masuk dapat dilakukan dengan cara menjaga asupan makanan yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan.

ads

Baca juga :

Cara Diet dengan Buah Semangka

Cara diet dengan buah semangkaBuah semangka salah satunya yang dapat menjaga asupan pada tubuh. Semangka merupakan buah-buahan yang memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk proses diet. Kandungan air pada buah semangka sangat cocok agar buah ini dijadikan buah untuk diet.

Mengkonsumsi buah semangka sangat baik untuk diet dan tidak akan membuat tubuh tersiksa. Tidak akan ada efek samping ketika melakukan diet semangka. Tetapi tetap imbangi dengan berolahraga dan menjaga asupan makanan. Berikut ini penjelasan mengenai cara diet dengan menggunakan buah semangka, simak penjelasannya dibawah ini.

1. Ganti Camilan Dengan Buah Semangka

Langkah pertama cara diet dengan buah semangka yaitu mengganti snack camilanmu dengan semangka. Jika Anda mempunyai hobi mengemil maka jadikan buah semangka sebagai makanan untuk mengemilnya. Siapkan selalu buah semangka untuk dijadikan stock ketika Anda mulai ingin ngemil, kandungan serat buah semangka sangat baik untuk menurunkan berat badan selain itu dapat memberikan efek cepat kenyang dan akan menurunkan nafsu makan. Cara penyajiannya dapat pula dengan menjadikan semangka jus, tetapi ingat jangan menambahkan susu atau pun gula pada jus tersebut tetap alami buah semangka saja.

2. Konsumsi Buah Semangka Setelah Makan

Langkah kedua cara diet dengan buah semangka yaitu konsumsi buah semangka setelah makan. Usahakan mengkonsumsi buah semangka ketika setelah makan. Dan ingat, perlu diperhatikan porsi makan dan menu makan yang akan dikonsumsi. Kurangi porsi makan Anda, karena dengan mengkonsumsi buah semangka setelah makanpun akan memberikan manfaat membuat cepat kenyang. Jika Anda bisa gantilah makan malam hanya dengan semangka, tidak usah makan apapun kecuali minum air putih. (Baca juga : Manfaat diet ocd )

3. Konsumsi Buah Semangka Setelah Berolahraga

Diet yang akan menghasilkan hasil terbaik adalah diet yang dilakukan dengan diimbangi berolahraga. Ketika Anda melakukan olahraga maka konsumsilah buah semangka setelah berolahraga. Hal ini karena kandungan gula alami pada buah semangka mempunyai manfaat untuk mengembalikan energi yang telah berkurang saat kita telah berolahraga. Pastikan tetap mengkonsumsi air putih dengan mencukupi kebutuhan tubuh.

Baca juga :

4. Konsumsi Buah Semangka 3 Hari Berturut-Turut

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik coba konsumsi buah semangka selama 3 hari berturut-turut. Anda harus mengkonsumsi semangka saja dan tidak boleh mengkonsumsi makanan apapun selain semangka. Hal ini bermanfaat untuk membersihkan semua zat yang tidak baik di dalam tubuh. Namun jika Anda tidak bisa dan merasa tidak akan kuat jangan paksakan cara ini. Cara ini hanya pilihan untuk Anda, cara yang wajib dilakukan cara 1 sampai 3 diatas.

Jika Anda melakukan dengan sungguh-sungguh, maka dengan diet buah semangka dapat menurunkan berat badan 1 sampai 2 kg dalam waktu 1 minggu. Dan perlu diingat jika Anda memiliki riwayat penyakit tekanan darah rendah atau anemia, jangan terlalu memaksakan untuk melakukan diet buah semangka. Karena buah semangka dapat menyebabkan tekanan darah yang rendah dan membuat badan menjadi lemas. Oleh karena itu, untuk kalian penderita tekanan darah tinggi jangan lupa terlebih dahulu konsultasikan kepada dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca juga:

Kandungan Gizi Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang sangat kaya akan kandungan gizinya. Kandungan gizi tersebut tentunya memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Buah semangka sangat kaya akan kandungan vitamin. Vitamin yang terkandung pada buah semangka diantaranya vitamin A 28 µg, vitamin C 8,1 mg, vitamin D 0 µg, vitamin E 0,05 µg, vitamin K 0,1 µg. Selain itu mengandung thiamine, riboflavin, niacin, panthothenic acid, pyridoxine, folat dan juga vitamin B12. Kandungan vitamin tersebut untuk 100 gram buah semangka. Kandungan vitamin pada semangka mempunyai manfaat untuk menurunkan kolsterol, mencegah terjadinya serangan jantung, antialergi, manfaat lebih lengkap akan dibahas dibawah ini.

Selain kandungan vitamin semangka juga mempunyai banyak kandungan gizi yang lainnya, kandungan gizi semangka untuk 100 gram buah semangka:

  • Kandungan air 91%
  • Kandungan karbohidrat sebanyak 7,6 gram
  • Kandungan kalori sebanyak 30 kal
  • Kandungan protein pada buah semangka 0,6 gram
  • Kandungan gula sebanyak 6,2 gram
  • Kandungan serat pada buah semangka 0,4 gram
  • Kandungan lemak pada buah semangka cukup rendah yaitu 0,2 gram
  • Kandungan cholin sebanyak 4,1 gram
  • Kandungan kalsium 7 mg
  • Kandungan zat besi sebanyak 0,24 mg
  • Kandungan magnesium sebesar 10 mg
  • Kandungan kalium atau potassiun sebesar 112 mg
  • Kandungan sodium 1 mg
  • Kandungan seng atau zink sebesar 0,1 mg
  • Kandungan tembaga dan manganese sebanyak 0,04 mg

Bagaimana? Buah semangka kaya akan kandungan bukan? Oleh karena itu buah semangka sangat cocok dijadikan buah untuk program diet Anda. Dari kandungan gizi buah semangka diatas tentunya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dibawah ini pembahasan lengkap mengenai manfaat dari buah semangka.

Baca juga :

Manfaat Buah Semangka

Semangka merupakan buah yang sangat mudah untuk ditemukan. Selain itu semangka juga sangat banyak disukai orang-orang, selain mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan ternyata buah semangka mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Ingin tau apa saja manfaat dari buah semangka, berikut ini manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada buah semangka mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dengan lycopene dapat membantu menghasilkan pigmen pada retina yang nantinya akan memberikan perlindungan akan rabun senja, dan gangguan penglihatan lainnya. (Baca juga : tips diet mayo )

2. Mencegah tekanan darah tinggi dan stroke

Selain itu buah semangka juga dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan terjadinya stroke. Knadungan kalium, magnesium, dan juga asam amino pada buah semangka mempunya manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan karetenoid pada buah semangka mempunyai manfaat mencegah perngerasan pada vena maupun dinding arteri. Hal ini berpengaruh kepada terjadinya tekanan darah tinggi. Untuk Anda penderita tekanan darah tinggi, disarankan mengkonsumsi satu gelas jus dalam satu hari untuk menjaga kestabilan tekanan darah, konsumsi jus semangka itu secara rutin. (Baca juga : makanan diet ocd )

3. Menjaga kesehatan ginjal

Buah semangka dapat menjadi diuretik alami untuk menjaga kesehatan ginjal Anda. Kandungan kalium pada buah semangka mempunyai manfaat untuk membersihkan racun yang ada pada ginjal. Selain itu buah semangka dapat mengurangi resiko terkena asam urat.

Baca juga:

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain manfaat diatas, buah semangka juga mempunyai manfaat menjaga kesehatan jantung. Kandungan lycopene, beta-karoten, dan juga vitamin C pada buah semangka dapat mengurangi kolesterol dan juga dan juga dapat mencegah berbagai penyakit jantung. Selain itu buah semangka juga sangat baik untuk sistem kardiovaskular dan juga hati. Buah semangka dinobatkan menjadi buah yang mempunyai manfaat dalam menyehatkan jantung pada The American Heart Association. Kandungan kalium pada buah semangka sangat dibutuhkan oleh cairan yang ada pada tubuh untuk menjaga kestabilan detak pada jantung. (Baca juga : makanan diet ibu menyusui )

5. Mencegah terjadinya kanker

Kandungan lycopene pada buah semangka merupakan antioksidan yang kuat yang mempunyai manfaat dapat menterlakan radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab terjadinya kanker. Kandungan lycopene pada buah semangka bahkan lebih kuat dari kandungan vitamin E dan juga beta-karote. Menurut sebuah penelitian ilmiah buah semangka dapat mencegah beberapa penyakit kanker, seperti kanker paru-pari, kanker prostat, kanker endometrium, kanker usus besar, dsb.

6. Mencegah terjadinya diabetes

Para penderita diabetes umumnya sering merasa bingung dengan makanan yang akan mereka konsumsi. Karena banyak sekali makanan yang dilarang untuk dikonsumsi yang nantinya akan menyebabkan kadar gula naik. Buah semangka merupakan salah satu pilihan terbaik untuk para penderita diabetes, karena buah semangka mempunyai kadar gula yang rendah.  Berbagai kandungan vitamin dan juga mineral pada buah semangka mempunyai manfaat untuk insulin yang dapat membantu menurunkan kadar gula pada darah. Selain kandungan vitamin dan mineral, kandungan arginine juga mempunyai khasiat yang bagus untuk para penderita diabetes.
Baca Juga :
 Nah itulah beberapa Cara Diet Dengan Buah Semangka. Masih banyak lagi manfaat yang lain buah semangka yang pastinya dapat menyehatkan tubuh. Bagaimana, tertarik bukan untuk melakukan diet buah semangka? tetap perhatikan kesehatan Anda dalam melakukan diet. Dan ingat untuk para penderita tekanan darah renda harap konsultasi dulu terhadap dokter. Tetap semangat dan sukses selalu.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!