10 Manfaat Plank Sebelum Tidur untuk Tubuh Sehat

Manfaat Plank Sebelum TidurMenerapkan pola hidup sehat agar tetap sehat sampai usia tua merupakan dambaan setiap orang agar tidak terkena penyakit-penyakit berbahaya. Pola hidup sehat ini juga meliputi pengaturan pola makan, cukup istirahat dan rutin berolahraga.

ads

Nah, salah satu olahraga rumahan yang saat ini menjadi semakin populer dan sering dilakukan oleh sebagian besar orang adalah plank. Ya! Plank merupakan olahraga kebugaran zaman dahulu yang masih tetap dipertahankan serta disukai oleh banyak orang karena manfaatnya yang luar biasa.

Olahraga ini termasuk ke dalam salah satu manfaat olahraga pagi paling efektif yang bisa Anda lakukan di sela-sela kesibukan. Alasannya adalah tidak memerlukan alat khusus dalam berlatih, bisa dilakukan dalam waktu singkat seperti sebelum Anda beristirahat di malam hari serta tidak memerlukan banyak tempat untuk melakukannya.

Adapun beberapa manfaat plank sebelum tidur yang bisa Anda dapatkan bila ingin mencoba melakukan olahraga ini adalah sebagai berikut.

  1. Tidak Perlu Alat Khusus

Dalam berlatih plank, Anda tidak memerlukan alat-alat khusus untuk melakukannya seperti beberapa olahraga lainnya. Sebagai penggantinya, Anda dapat menggunakan berbagai variasi gerakan plank yang berbeda. Hal itu ditujukan agar latihan plank makin efektif dan menantang.

2. Meningkatkan Kerja Metabolisme

Plank adalah salah satu olahraga untuk cara diet tanpa menyiksa yang dapat membantu membakar banyak kalori dalam tubuh meski Anda tak bergerak terlalu banyak. Melakukannya selama satu menit saja sebelum dan sesudah bekerja dapat memperbaiki postur tubuh Anda karena intensitas duduk yang terlalu lama.

Namun, manfaatnya tidak hanya sampai disitu. Plank juga dapat meningkatkan kerja sistem metabolisme tubuh Anda sehingga proses pembakaran kalori dan lemak berjalan lancar. Merupakan cara diet yang benar untuk mendapat tubuh langsing sehat alami.

3. Mengencangkan Lengan dan Paha

Sebagai olahraga angkat beban, plank tentu saja dapat mengencangkan beberapa bagian otot dalam tubuh Anda. Diketahui bahwa olahraga ini dapat melatih kekuatan otot lengan sekaligus paha Anda sehingga lebih kencang dan bebas dari gelambir-gelambir lemak yang “merusak” pemandangan.

Tubuh Anda pun akan menjadi lebih seksi dan tentu saja proporsional saat dipandang. Untuk Anda yang menginginkan tubuh kencang dengan cepat, maka olahraga plank merupakan jenis diet yang efektif untuk Anda.

4. Menurunkan Risiko Sakit Punggung

Bukan hanya melatih otot, plank dapat juga mengurangi tekanan pada daerah bagian pinggul dan tulang belakang Anda oleh karena terlalu sering duduk. Hasil studi American Council on Exercise menjelaskan bahwa melakukan plank setiap hari dapat membantu mengurangi nyeri pada punggung Anda. Selain itu, plank juga bisa memperbaiki postur tubuh dan membuat otot punggung Anda menjadi semakin kuat.


5. Mudah Dimodifikasi

Tidak seperti kebanyakan latihan olahraga yang lain, plank sama sekali tidak membosankan bagi para peminatnya. Ada banyak variasi plank yang bisa Anda coba, dan setiap variasi posisi tersebut dapat mempengaruhi otot tubuh yang berbeda lho. Ada beberapa variasi plank yang dapat Anda coba, misalnya push-up plank, one-legged plank, atau side-plank.

Sebagai informasi, push-up plank tidak sama dengan manfaat push-up bagi wanita biasa dimana Anda harus melakukan gerakan push-up naik dan turun sebagai gerakan senam untuk menurunkan berat badan, namun Anda hanya tinggal meluruskan lengan seperti posisi push-up dan tahan dalam posisi tersebut hingga satu menit. Untuk lebih meningkatkan intensitas plank, Anda dapat mengangkat satu kaki Anda beberapa inci dari lantai.

6. Menurunkan Stress

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja, ternyata manfaat plank sebelum tidur juga membantu melepas stress Anda akibat tekanan kerja yang besar. Ini sama dengan yang didapatkan ketika Anda berolahraga yoga yang memang bertujuan untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian pikiran. Menakjubkannya, plank berguna dengan cara yang sama.

Melepas stress hingga meningkatkan mood sehari-hari Anda. Jikalau tubuh sudah merasa lelah dan beban pikiran semakin besar, maka tak ada salahnya Anda mencoba olahraga ini. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan penambah tenaga sebelum olahraga agar tubuh tetap kuat saat olahraga.

7. Meningkatkan Keseimbangan Badan

Keseimbangan badan sangat berpengaruh kepada ketahanan tubuh Anda dalam mempertahankan diri dari pengaruh luar. Banyak orang melakukan latihan keseimbangan namun tidak tahu solusi yang tepat untuk melakukannya. Inilah salah satu manfaat plank yang mungkin belum banyak diketahui orang. Ya! Plank dapat membantu menjaga serta meningkatkan keseimbangan tubuh Anda.

Saat melakukan plank, Anda menahan berat badan agar tidak mudah jatuh bukan? Nah inilah yang membuat Anda mampu melakukan latihan keseimbangan tubuh dengan baik tanpa Anda sadari. Anda menjadi lebih mudah dalam menjaga keseimbangan tubuh saat berdiri dan sebagainya.

8. Mengencangkan Otot-otot Perut

Plank merupakan latihan yang dilakukan dengan tujuan melatih kekuatan otot perut Anda. Alasannya adalah karena plank melatih secara sempurna otot perut Anda yang membutuhkan semua otot inti tubuh diantaranya adalah rectus abdominus, transverse abdominus, dan external oblique muscle.

Kebugaran otot-otot inti tubuh tentu saja tak bisa untuk Anda tidak hiraukan begitu saja karena setiap otot dalam tubuh Anda sangat berperan penting dalam membentuk postur tubuh Anda. Tak hanya itu, oleh karena plank melatih otot perut maka ketika perut lebih kuat, proses mengangkat beban yang berat menjadi lebih ringan.

Anda pun akan menjadi lebih baik dalam melakukan olahraga terutama olahraga melompat. Bahkan perut Anda akan lebih rata dan terlihat langsing, lho. Untuk itu cara plank yang benar yang wajib Anda pahami agar hasil lebih maksimal untuk tubuh.

9. Tubuh Lebih Fleksibel

Fleksibilitas tidak hanya didapatkan dari olahraga-olahraga yang mengutamakan kontur tubuh yang lemas dan lentur misalnya yoga atau cara sit up yang baik, namun ternyata plank memberi manfaat yang sama. Selain menguatkan otot tubuh, plank juga dapat membuat tubuh Anda semakin fleksibel dan lentur oleh karena latihan menahan beban secara rutin. Tak akan ada lagi cerita terkena nyeri leher oleh karena salah posisi tidur, lho!

10. Membakar Banyak Kalori

Tidak hanya membantu mem-fleksibelkan dan mengencangkan tubuh serta memperkuat otot Anda, plank juga dapat membakar kalori tubuh Anda lebih banyak dibandingkan manfaat sit-up ataupun crunch. Hal ini sama dengan bila Anda melakukan olahraga yang memerlukan banyak gerakan seperti lari, berenang dan bersepeda. Hasilnya sama meski plank terlihat lebih mudah.

Bila Anda ingin membakar kalori lebih banyak sebelum tidur, maka Anda dapat melakukan latihan plank tingkat lanjut. Caranya setiap satu posisi dilakukan selama 30 detik hingga 1 menit kemudian ulangi masing-masing gerakan dari 10 hingga 12 kali.

Demikianlah kesepuluh manfaat plank sebelum tidur yang akan Anda dapatkan bila mencoba latihan plank secara rutin. Manfaat yang Anda dapatkan akan berkali lipat dibandingkan beberapa olahraga, karena selain mengencangkan otot dan memperkuatnya, plank juga bisa melenturkan tubuh Anda layaknya yoga kemudian melawan stress dan membakar kalori tubuh bagi Anda yang ingin tampil sehat serta mempunyai bentuk tubuh yang indah.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Diet