10 Daftar Menu Diet Sehat dan Murah Meriah yang Wajib Dicoba

daftar menu diet sehat dan murahSaat ingin menjalankan program diet menurunkan berat badan, tentunya jangan sampai terlupakan menu diet yang Anda konsumsi. Karena makanan adalah memberikan pengaruh besar pada program diet untuk obesitas Anda. Jika melakukan olahraga dan juga berbagai latihan namun, pola makan dan menu makanan yang Anda konsumsi tidak Anda pilih dengan baik, maka akan sia-sia sajalah program diet Anda.

ads

Karena dengan menerapkan menu diet yang sehat, selain dapat membuat tubuh Anda sehat tentunya, juga dapat melancarkan pencernaan dan membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga akan tercapailah berat badan ideal yang Anda idam-idamkan.

Dengan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan saat diet, akan membuat tubuh mendapatkan gizi seimbang, yang efeknya adalah berat badan ideal Anda akan terjaga dan tidak mudah untuk naik kembali. Menu diet Anda juga tidak harus mahal, banyak menu-menu sehat yang sangat terjangkau harganya. Dan daftar menu diet sehat dan murah ini harus memenuhi asupan serat, protein, vitamin, karbohidrat, mineral, lemak dan air. Agar cara diet alami Anda dapat sukses.

  • Serat

Daftar menu diet sehat dan murah Anda haruslah terdapat kandungan seratnya. Kandungan serat ini sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda, melancarkan proses pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama pada Anda. Sehingga manfaatnya bagi program diet Anda adalah dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak. Menu serat ini dapat Anda temui pada berbagai jenis sayuran dan juga buah-buahan. Sayuran untuk diet dan juga buah untuk diet.

  • Protein

Kandungan nutrisi lainnya yang harus terdapat pada menu diet Anda, yaitu makanan dengan kandungan protein, seperti yang terdapat pada ikan, telur, ayam tanpa kulit, tempe dan juga tahu. Protein mempunyai berbagai fungsi bagi tubuh, yaitu untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak, sebagai pemelihara tubuh, meningkatkan antibodi. Dan untuk program cara diet cepat kurus, protein ini mampu mengangkut zat-zat gizi pada makanan yang Anda konsumsi dan membuang lemak-lemak yang sudah tidak terpakai lagi.

  • Karbohidrat

Pada menu makanan diet Anda juga harus terdapat kandungan karbohidrat, meskipun porsinya pada karbohidrat ini jangan terlalu besar porsinya. Karbohidrat ini pada program diet, berfungsi sebagai sumber energi Anda, mengatur proses metabolisme lemak, dan membantu dalam proses pengeuaran feses. Contoh makanan yang mengandung karbohidrat yaitu seperti : nasi, beras merah, gandum, jagung, singkong dll.


  • Lemak

Fungsi lemak ini adalah sebagai penghasil energi terbesar bagi tubuh, makanan dengan sumber lemak tertinggi yaitu : kuning telur, susu, kacang-kacangan, alpukat, dll. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat atau lemak tak jenuh.

  • Mineral dan Vitamin

Vitamin dan mineral ini tentu tidak boleh terlewatkn pada makanan yang ada pada menu diet Anda. Karena vitamin dan juga mineral memiliki banyak manfaat khususnya bagi program diet Anda.

Berikut ini beberapa daftar menu diet sehat dan murah :

      1. Ayam lada hitam

Pada ayam yaitu bagian dada nya dan tanpa kulit, mempunyai kandungan protein yang tinggi dan juga lemak yang rendah. Pada menu ayam lada hitam ini Anda mengolahnya dengan cara dikukus sehingga kandungan gizi yang ada pada ayam tersebut tetap utuh dan tidak mengandung lemak jahat ataupun kolesterol, seperti pada makanan yang diolah dengan digoreng. Menu ini sangat baik bagi Anda yang ingin melakukan diet rendah lemak

      2. Ikan tim

Berbagai jenis ikan juga sangat baik untuk program diet Anda. Pasalnya, ikan ini mengandung lemak yang rendah serta protein dan juga omega 3 dan zat gizi serta nutrisi lainnya yang tinggi, sehingga ikan ini dikategorikan sebagai makanan sehat untuk diet. Lemak yang terkandung pada ikan ini juga merupakan lemak sehat atau lemak tak jenuh, yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan tubuh Anda serta tidak membuat berat badan Anda naik.

Cara mengolahnya juga Anda dapat dengan melakukannya dengan cara ditim, cukup fillet ikan Anda dan tambahkan dengan irisan bawang putih juga jahe serta kecap asin, saus tiram dan cabai. Anda dapat menggunakan ikan kakap, salmon atau berbagai jenis ikan-ikanan lainnya.

      3. Omelete isi sayuran

Siapa yang tidak mengenal omelete, telur yang berisi berbagai macam jenis sayuran ini selain terkenal dengan rasanya yang enak, juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan serat dan juga protein nya berperan penting dalam membantu proses metabolisme tubuh, serta mencegah adanya penumpukan lemak dalam tubuh.

      4. Sup ayam

Sup ayam ini merupakan menu diet yang sehat dan tidak diragukan lagi manfaatnya bagi yang sedang menjalankan cara diet ampuh. Daging ayam nya yang tinggi akan protein dan rendah lemak, serta sayurannya yang kaya akan vitamin dan juga serat, yaitu buncis, wortel, brokoli, dan juga kentang. Sayuran-sayuran tersebut adalah sayuran yang sangat baik untuk diet. Selain mampu memberikan rasa kenyang lebih lama, sup ini juga memberikan berbagai manfaat lainnya untuk diet.

      5. Oatmeal

Seduh oatmeal dan tambahkan dengan susu rendah lemak atau yogurt dengan rasa yang Anda sukai, dapat menjadikan menu sarapan Anda nikmat dan sehat tentunya. Kandungan serat dan juga vitaminnya mampu melancarkan pencernaan dan membuang semua lemak berlebih dalam tubuh.

      6. Sandwich dengan aneka isian 

Menu sarapan lainnya yaitu sandwich dengan aneka isian. Anda dapat memberikan isian tomat, selada, timun dan juga telur sebagai tambahannya. Dengan begitu lengkaplah kandungan gizi yang dibutuhkan untuk diet Anda. Sehingga dengan menambahkan sandwich dalam menu diet Anda, maka Anda telah melakukan cara diet yang benar dan aman.

Itulah beberapa daftar menu diet sehat dan murah yang mudah sekali didapat dan juga diolah. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!