25 Cara Mengecilkan Betis yang Besar dan Berotot Secara Alami (#Teruji)

Memiliki betis dengan ukuran diatas rata-rata cenderung mengganggumu. Terlebih ketika memilih- milih pakaian dengan model diatas lutut. Karena dengan ukuran betis yang cukup besar akan mempengaruhi penampilanmu. Dan kamu pun akan kurang percaya diri dengan bentuk tubuhmu. Tetapi jangan khawatir karena berikut solusinya agar  kamu memiliki betis yang indah.

ads

Artikel terkait:

Cara Mengecilkan Betis 

1. Berlari rutin

Olahraga yang satu ini sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan dan sangatlah murah, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Bagi kamu yang ingin mengecilkan betismu secara efektif, kamu bisa mencoba metode ini. Berlari dapat mengecilkan betismu tetapi ingat ada cara khususnya, karena jika salah bukannya betismu yang akan mengecil tetapi malah sebaliknya. Jika kamu salah melakukannya betismu malah akan cenderung besar. Berlarilah dengan ritme yang sama disetiap larimu dan batasi waktu yang kamu gunakan untuk berlari, jangan terlalu memaksakan otot kakimu untuk berlari dengan begitu lemak di betismu akan terrbakar secra efektif.

2. Berenang

Jika kamu bisa berenang, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dengan berenang secara rutin yaitu satu minggu sekali. Karena berenang sangatlah baik untuk peregangan tubuhmu termasuk otot betis hingga ke bagian paha dan perut sehingga hal ini dapat membantu betis bekerja dengan baik. Semua jenis gerakan renang yang sedang kamu lakukan umumnya menggerakkan semua bagian tubuhmu mulai dari kepala hingga ujung kaki. Karena itu berenang sangatlah efektif membakar lemak, tidak hanya di bagian betis saja tetapi juga di beberapa bagian tubuh lainnya. Kamu bisa mencoba paling tidak berenang selama 30 menit saja setiap minggu untuk mengecilkan betismu.

Baca Juga:

3. Bersepeda

Sama halnya dengan berlari sebenarnya ketika bersepeda lemak  yang ada di tubuhmu akan terbakar secara efektif dan cepat. Namun bedanya dengan berlari, ketika bersepeda kamu tidak akan merasa terlalu lelah karena kamu bisa sambil duduk di atas sadel sepeda.

Sebenarnya ketika bersepeda bukan hanya betismu saja yang akan mengecil dan kencang, tetapi ada beberapa bagian dari tubuhmu yang akan mengecil dan kencang juga. Yaitu pada bagian paha dan perut, jadi bagi kamu yang ingin mengecilkan perut dan paha kamu juga dapat mencoba cara ini. Namun sama halnya dengan berlari jika kamu bertujuan mengecilkan bagian betismu ketika kamu bersepeda, ritme dalam mengayunkan kaki haruslah sama dan atur nafasmu melalui mulut. Karena jika tidak bukannya mengecilkan betis tetapi malah akan membuat betismu membesar.

4. Berjalan Cepat

Berjalan cepat sangatlah berbeda dengan berlari, dengan cara ini kamu tidak perlu khawatir dengan ritmemu. Dan kamu tidak akan merasa kelelahan ketika mencoba cara yang satu ini, berbeda sekali dengan bersepeda ataupun berlari keringat yang kamu hasilkanpun tidaklah banyak. Walaupun begitu, dengan berjalan cepat maka lemak ditubuhmu akan terbakar. Selain dapat mengecilkan betis, berjalan cepat dapat menjaga kesehatan tubuhmu seperti memelihara detak jantungmu agar selalu normal. Lakukanlah cara ini setiap hari selama 30 menit.

5. Pilates

PilatesPilates menjadi salah satu jenis olahraga yang paling banyak digemari oleh para remaja saat ini dan mungkin kamu salah satunya. Olah raga ini bisa membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sudah banyak sekali yang membuktikan hasil dari olahraga ini, yaitu badan yang lebih langsing, otot yang kuat serta kaki yang indah termasuk betis.

Berbagai gerakan pilates yang menjaga keseimbangan gerakan, peregangangan dan kerja otot akan membantu otot betis menjadi sangat kuat. Gerakan yang dilakukan secara perlahan dan membutuhkan keseimbangan pernafasan ini akan membantu seluruh otot tubuh menjadi lentur. Cara ini juga dapat membakar lemak dalam tubuh secara efektif.


6. Yoga

Yoga menjadi olahraga yang membantu mengecilkan ukuran betismu. Yoga banyak menggunakan kekuatan otot tubuh untuk mencapai gerakan yang sempurna. Yoga juga akan melatih kekuatan otot tubuh ketika peregangan dan bisa membuat gerakan yoga bermanfaat untuk betis.

Kamu bisa melakukan yoga secara khusus yang bisa mengecilkan ukuran betismu. Berbagai gerakan ini biasanya dilakukan dengan perlahan dan banyak menggunakan kekuatan berat badan. Berbagai postur yoga juga banyak bertumpu pada otot betis sehingga otot betis bisa menjadi sangat lentur. olahraga ini juga membantu membakar lemak di tubuhmu.

7. Pijat Refleksi

Kamu bisa mengecilkan betis dengan cara mencoba pijat refleksi di area ujung kaki hingga paha. Dengan memijat di bagian sekitar belakang kaki, mulai dari tumit lalu lanjutkan hingga ke belakang lutut dan paha. Lakukan saja saat kamu ada waktu luang atau pun kapanpun yang kamu mau selama 30 menit. Ingat, lakukan juga olahraga secara teratur untuk mendukungnya.

Baca Juga :

8. Naik Turun Tangga

Untuk cara selanjutnya mungkin banyak sekali orang yang kurang tau cara ini, dan mungkin kamu juga salah satunya. Yaitu naik turun tangga. Cara yang satu ini selain mudah, kamu tidak perlu menghabiskan biaya besar demi mendapatkan betis yang kecil dan indah. Sama halnya dengan berlari selain akan mendapatkan betis yang kecil dan indah, kamu juga akan mendapatkan bentuk paha dan perut yang ramping. Karena ketika kamu melakukan cara ini, lemak tubuh yang menumpuk pada bagian- bagian tersebut akan terbakar dengan efektif. Lakukan cara tersebut setiap hari selama 20 menit.

9. Lompat Tali

Lompat tali bukanlah hanya sekedar permainan jadul saja, seperti yang kamu tahu saat ini lompat tali sudah banyak sekali digunakan sebagai metode untuk berolahraga. Lompat tali sangatlah efektif untuk mengecilkan betismu. Selain itu lompat tali juga sangatlah efektif membakar lemak pada tubuhmu. Setiap pagi lakukanlah cara ini selama 20 menit. Maka kamu akan mendapatkan ukuran betis sesuai dengan harapanmu. Menyenangkan bukan.

10. Kurangi Penggunaan High Heels

Cara mengecilkan betis berikutnya yaitu cobalah untuk menghindari mengenakan alas kaki yang tidak menompang otot betis dengan benar. Salah satunya adalah high heels, alas kaki dengan hak tinggi justru membuat tubuh bertumpu pada pangkal-pangkal jari saat berdiri atau berjalan. Dan berdiri atau berjalan dengan posisi demikian bisa memicu stress pada pergelangan kaki serta betis. Jadi batasi penggunaan hak tinggi semaksimal mungkin.

11. Konsumsi Sayuran Hijau

Banyak- banyaklah untuk mengkonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, buncis dan sawi memiliki banyak sekali serat yang baik untuk tubuh. Selain itu sayuran hijau membantu membakar lemak dalam tubuh. Terutama sangat bagus untuk membakar lemak di bagian betis. Sehingga betis akan mengecil dan kencang.

12. Hindari Makanan Berkalori Tinggi

Untuk mendapatkan ukuran betis yang lebih kecil maka kamu juga harus memperhatikan nutrisi untuk tubuhmu. Betis yang indah di dapatkan dengan usaha yang sangat keras. Salah satunya adalah dengan menghindari semua jenis makanan yang mengandung kalori tinggi. Makanan mengandung kalori tinggi akan membuat pembakaran lemak dan tubuh menjadi sangat lambat termasuk lemak yang menumpuk pada bagian betis.

13. Perenggangan

Ada banyak sekali manfaat melakukan gerakan perenggangan. Selain bisa membuatotot lebih fleksibel, gerakan macam ini ternyata juga cukup efektif untuk mengecilkan paha dan betis. Lakukan gerakan ini secara rutin agar ukuran betismu mengecil. Jika kamu ingin gerakan peregangan dengan berbagai variasi kamu bisa memilih pilates atau yoga.

Kunjungi Juga:

14. Jump Squats

Kamu pasti tau gerakan yang satu ini. Jump squats atau lompat jongkok ini merupakan gerakan yang memusatkan seluruh gerakan pada paha dan betis. Hanya dengan melakukan gerakan ini secara rutin selama sebulan kamu pasti akan memiliki bentuk betis yang ramping dan kencang.

15. Leg Circles

Ini merupakan gerakan memutarkan telapak kaki di udara. Caranya posisikan tubuhmu berbaring terlentang, lalu kencangkan otot- otot perutmu.

Berikut cara melakukan Leg Circles :

  • Berbaringlah pada matras
  • Ambil sikap terlentang
  • Lalu tekuk kaki kirimu dan kemudian kaki kanan angkat lurus ke atas.
  • Lakukan gerakan melingkar untuk kaki kanan searah dengan jarum jam 10 kali.
  • kemudian lakukan gerakan berlawanan arah jarum jam 10 kali dan lakukan gerakan yang sama pada kaki kirimu.

16. Memakai Eliptical Trainer

Cara mengecilkan betis ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk pengganti berjalan kaki. Mengandalkan gerakan serupa, alat ini mampu melatih bagian belakang lutut yang kerap membuat betismu terlihat besar. Dengan menerapkannya secara rutin, cara ini akan sangat efektif dalam membakar lemak dan mengecilkan bagian betis dengan cepat.

Artikel terkait:

17. Walking Lungs

Walking lungs merupakan latihan yang memusatkan pada otot betis dan paha, caranya yaitu berdiri tegak dengan kedua tangan di pinggul. Lalu kencangkan otot perutmu dan mulailah melangkah dengan kaki kiri. Setelah itu tekuk kaki kanan sejajar dengan lantai membentuk sudut 90 derajat. Tahan pada posisi ini selama beberapa menit sesuai kemampuanmu. Lakukan gerakan yang sama pada kaki kananmu, lakukanlah sebanyak 10-15 gerakan.

18. Ankle Circles

Gerakan yang satu ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Pertama duduklah di sebuah kursi dengan posisi tegak. Lalu angkatlah salah satu kakimu. Putar pergelangan kaki searah jarum jam sebanyak 6 kali putaran. Lakukan cara yang sama dengan membalikkan arah putaran. Ulangi cara yang sama pada kaki satunya.

19. Hindari Beban Berlebih Pada Tumit

Tumit adalah bagian kaki yang kerap mengalami masalah saat kamu mengangkat atau membawa berat. Walaupun pengaruhnya amat kecil, semakin kamu sering membawa beban berat, semakin besar pula peluangmu memiliki betis yang besar.


20. Hindari Menggunakan Kekuatan Betis Berlebihan

Beberapa aktivitas biasanya akan membutuhkan kekuatan betis yang lebih besar. Hal ini akan menyebabkan otot betis menjadi lebih besar. Sehingga membuat tampilan pada betis menjadi besar. Karena itu hindari mengangkat barang atau olahraga yang menggunakan kekuatan betis. Lebih baik jika kamu menggunakan alat bantu untuk membawa beban berat.

21. Senam

Senam juga menjadi salah satu alternatif mudah dan efektif untuk mengecilkan paha dan betis dengan cepat. Pilihlah senam yang befokus pada pergerakan kaki sehingga hasilnya akan nampak pada betismu yang lebih kecil daripada sebelumnya.

Baca Juga :

22. Calf Raises

Calf raises atau berjinjit tidak bisa dipandang sebelah mata. karena ketika berjinjit, otot- otot kaki akan berkontraksi dan membakar lemak. Cobalah untuk lebih sering berjinjit untuk mendukung pengecilan betismu.

23. Perbanyak Minum Air Putih

Tidak ada yang lebih penting dalam program pembentukan otot dan menghilangkan lemak kecuali memperbanyak asupan air putih. Air putih berperan penting untuk meluruhkan lemak di tubuhmu. Lemak akan dikeluarkan melalui keringat dan urine. Untuk itu perbanyaklah minum air putih untuk mengecilkan betismu.

24. Naik Gunung

Olahraga yang satu ini sangatlah unik dan menarik. Karena naik gunung bukan hanya sebatas olahraga saja, namun lebih ke wisata atau liburan. Dan dibalik foto- foto yang menakjubkan, ternyata naik gunung mampu mengecilkan betis secara efektif.

25. Latihan Gerak Betis

Untuk mengecilkan ukuran betismu kamu bisa melakukan gerakan yang satu ini. Duduklah bersantai di lantai dengan posisi seimbang. Kemudian angkat kedua kakimu secara perlahan da jaga pernafasanmu. Tahan ketika bagian kaki sudah lebih tinggi dari kepala. buat bagian punggung jadi lebih rendah. Hitung selama 15 detik dan lakukan berulang- ulang. Maka betismu akan kecil.

Artikel terkait:

Itu tadi merupakan Cara Mengecilkan Betis yang bisa kamu lakukan dirumah atau pun di gym. Sungguh mudah bukan ?. Kamu dapat melakukannya setiap hari kapanpun kamu mau atau pun disaat waktumu sedang senggang. Dijamin betismu memiliki ukuran yang kecil serta kencang dan indah. Selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!