9 Menu Makanan Sahur untuk Orang Diet yang Mudah Dibuat

Jika ingin diet sukses saat berpuasa maka harus diketahui terlebih dahulu menu makan sahur untuk orang diet berikut ini. Karena dengan mengetahui cara turunkan berat badan di bulan puasa yang terbaik akan memberikan hasil yang optimal. Untuk itu sangat disarankan bisa mengetahui beragam menu makanan sahur untuk orang diet.

ads

Karena ada banyak sekali pilihan menu makanan sahur sehat yang bisa dipilih dan dikombinasikan. Setelah mengetahui menu makanan sahur untuk orang diet maka pola makan bisa dijaga dengan baik dan bisa membuat tubuh lebih sehat.

Komponen Penting Menu Makanan Sahur Untuk Orang Diet

Penting untuk mengkonsumsi makanan sehat selama bulan Ramadhan, dan menghindari makanan yang tidak memiliki manfaat gizi misalnya makanan cepat saji. Batasi hal-hal seperti kafein dan karbohidrat olahan atau olahan seperti gula dan tepung putih seperti menu buka puasa yang sehat.

  • Karbohidrat Serat Tinggi: Sangat penting untuk makan makanan yang kaya karbohidrat, terutama serat, untuk mengisi tenaga Anda dan menjaga Anda dari rasa lapar atau lemah sepanjang hari. Contohnya : buah-buahan, sayuran, dan gandum utuh.
  • Protein: Protein adalah makanan lain yang akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Menambah komponen kaya protein dapat membantu menopang energi Anda sepanjang hari. Contohnya : telur, daging, dan keju seperti menu diet saat puasa ramadhan.
  • Air: Air dan cairan lainnya mungkin merupakan komponen terpenting dari sahur. Anggap saja sebagai kesempatan terakhir Anda untuk mendapatkan 8-10 gelas air yang dibutuhkan per hari sebelum matahari terbit, dan minumlah. Cairan seperti air, jus, dan bahkan susu dapat membantu memenuhi persyaratan ini, tetapi berhati-hatilah untuk membatasi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, karena minuman ini dapat benar-benar membuat Anda dehidrasi.

Untuk melengkapinya, berikut beberapa menu yang dianjurkan bagi anda yang membutuhkan inspirasi menu diet saat sahur :

1. Roti Bakar

Menu sahur yang mudah dan praktis seperti tips diet setelah berpuasa ramadhan ini sangat sering dijadikan menu untuk pelengkap sahur dan memberikan tenaga. Agar diet menjadi lebih sehat maka gunakanlah roti tawar gandum bukan roti tawar biasa karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks.

Untuk isi dari roti panggang ini bisa menggunakan keju maupun telur ayam. Selain lezat juga sangat baik saat berdiet kala puasa karena mengandung banyak protein. Untuk penutupan sahur bisa menggunakan air putih maupun segelas susu hangat seperti yang disarankan di menu buka puasa DEBM.

2. Oatmeal

Oatmeal merupakan menu sahur yang sangat bergizi, lezat dan pas untuk yang sedang berdiet. Karena ada banyak sekali kandungan nutrisi yang terkandung di dalam oatmeal bahkan serat yang ada akan membuat kamumerasa kenyang seharian. Jadi sangat cocok bagi yang berdiet kala berpuasa.


3. Buah-Buahan

Agar diet sangat optimal kala berpuasa maka seperti yang ada di dalam menu makanan sahur sehat harus dikonsumsi makanan yang direkomendasikan. Salah satu hal yang snagat direkomendasikan saat melakukan diet adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Beberapa buah yang pas untuk sahur adalah pisang, kurma, apel, pir, strawberry dan pepaya.

4. Smoothie

Jika menginginkan menu sahur yang penuh dengan gizi seimbang tapi tetap raktis? Maka jawabannya adalah menggunakan smoothie. Seperti menu diet puasa, maka kamu bisa menggunakan smoothie ini untuk membuat kenyang dan mengenyangkan selama berpuasa. Jadi tak lagi repot selama berpuasa untuk memasak menu masakan sahur.

5. Telur Orak Arik

Sangat disarankan untuk tetap memenuhi kebutuhan protein selama berpuasa dan ketika melakukan diet seperti menu sahur untuk diet. Karena itu cobalah membuat hidangan sederhana namun mengandung protein yang cupuk yakni telur orak arik.

6. Salad

Jika malas memasak dan membuat menu yang komplit maka selama diet di bulan puasa bisa menggunakan menu salad untuk menu sahur. Karena selain praktis, lezat ini juga mengenyangkan dan memnuhi standar nilai gizi yang cukup untuk berpuasa. Bahkan ini hanya memerlukan buah-buahan segar, sayuran, minyak zaitun dan mayonaise.


7. Alpukat

Seperti cemilan untuk diet DEBM, inspirasi untuk mengkonsumsi lemak sehat seperti buah alpukat saat sahur bisa digunakan. Karena ini akan memudahkan anda untuk mengurangi lemak tubuh dan juga mengandung nutrisi yang kengkap. Bahkan ini bisa dikombinasikan dengan roti gandum beserta scrambled egg atau tlur orak arik di atas.

8. Banana Crepes

Ingin mencoba menu makanan sahur yang sedikit lebih kekinian? Maka cobalah membuat banana crepes saat ingin bersantap sahur. Ini merupakan salah satu menu sahur yang lezat, bergizi dan mudah untuk dibuat. Crepes ini tidak hanya bisa dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang namun bisa menambahkan banyak jenis buah-buahan lainnya yang bergizi dan mengenyangkan.

9. Soup

Soup adalah masakan yang sering dihidangkan saat sahur maupun berbuka. karena memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Bahkan mengkombinasikan sup dengan banyak sayur-sayuran segar akan membuat diet menjadi lebih optimal. Jadi, konsumsilah sup saat sahur maupun berbuka.

Demikianlah9 pilihan menu sahur yang cocok dikonsumsi saat melakukan diet. Hingga bisa menurunkan berat badan, persentase lemak tubuh serta menjadi lebih sehat dan bugar sepanjang hari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Menu
Info Diet

Sudah benarkah diet anda selama ini ? Buah ini terbukti ampuh menurunkan berat badan loh, yuk simak penjelasan lengkapnya di video ini!