10 Tips Diet Dengan Puasa Agar Hasilnya Maksimal

Diet merupakan salah satu cara untuk mengatur pola makan. Baik porsi, jenis makanan, serta kandungannya. Dalam bahasa Yunani, diet berarti cara hidup. Namun di Indonesia banyak Fakta Dan Mitos Diet yang berkembang tidak sesuai dengan artinya. Alasan Orang Melakukan Diet di Indonesia lebih sering adalah hanya untuk melangsingkan tubuh. Karena itu banyak sekali orang yang melakukan Kesalahan Dalam Diet dengan Cara Diet Ketat. Bahkan demi tubuh yang langsing banyak orang melakukan Macam-Macam Diet Yang Salah sehingga membahayakan kesehatan tubuh mereka.

ads

Salah satu Cara Diet Aman adalah dengan puasa. Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Puasa juga tergolong Cara Diet Ampuh tanpa efek samping. Jika anda tertarik melakukan cara diet ini, maka anda harus membaca artikel ini sampai habis. Karena kami akan memberikan beberapa tips diet dengan puasa sehingga hasilnya maksimal.

Tips Puasa Untuk Menurunkan Badan

  1. Minum air putih yang banyak

Air putih tidak mengandung kalori namun mengandung banyak mineral yang baik untuk tubuh. Bahkan air putih alami mengandung mineral alami yang berasal dari alam yang tidak dapat di produksi oleh tubuh namun sangat ditubuhkan tubuh.

Khasiat Air Putih Untuk Diet juga dapat membantu mengisi lambung sehingga perut tidak mudah lapar. Anda bisa minum air putih sebanyak 4 gelas pada waktu sahur dan 4 gelas pada waktu buka, serta 4 gelas pada saat sebelum tidur.

  1. Lakukan aktivitas

Jika anda malas-malasan saat puasa maka rasa lapar akan lebih mudah terasa. Karena itu anda harus melakukan aktivitas untuk menghindari rasa lapar itu. Anda juga bisa melakukan beberapa Cara Menahan Lapar Tanpa Makan sama sekali yang sudah pernah kami tulis sebelumnya.

  1. Olahraga sore hari

Tips diet dengan puasa selanjutnya adalah olahraga di sore hari. Olahraga memang baik untuk membakar kalori saat diet. Namun saat melakukan diet dengan puasa ada baiknya anda menghindari olahraga pada pagi hari. Anda bisa mengganti waktu olahraga anda pada sore hari atau menjelang adzan magrib. Hal itu dilakukan untuk menhindari kekurangan tenaga saat menjalani olahraga di waktu puasa.

  1. Pilih makanan

Setelah puasa biasanya anda cenderung ingin mengkonsumsi makanan yang enak saat buka puasa. Padahal makanan enak kebanyakan mengandung karbohidrat, kolesterol, lemak, dan gula yang tinggi yang dapat menggagalkan diet anda.

Untuk itu anda harus memilih makanan yang tepat untuk memenuhi Nutrisi Yang Dibutuhkan Saat Diet dengan puasa. Beberapa makanan tersebut yaitu daging tanpa lemak, buah, dan sayuran. Buah untuk diet dan sayuran untuk diet juga sangat baik di konsumsi saat diet.

  1. Perhatikan cara masaknya

Selain memilih jenis makanan yang baik dimakan saat diet. Tips diet dengan puasa selanjutnya adalah memperhatikan cara memasak makanan tersebut. Anda bisa memilih makanan yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, ditumis, ataupun dipanggang. Diet Makanan Rebus dan kukus juga dapat membantu anda terhindar dari minyak dan kolesterol jahat.


  1. Perbanyak makan kurma

Kurma adalah salah satu buah yang mengandung gizi lengkap. Walaupun memiliki rasa manis, buah kurma segar tetap aman dikonsumsi saat diet. Khasiat Kurma Untuk Diet salah satunya adalah membantu memperlancar sistem pencernaan anda.

  1. Hindari produk olahan

Puasa bisanya membuat badan anda lemas karena tidak memiliki cukup energy untuk beraktivitas. Bahkan beberapa orang cenderung memilih mengkonsumsi makanan instan atau produk olahan siap saji untuk menu buka puasanya karena malas memasak. Padahal hal itu harus dihindari jika anda memang niat untuk melakukan diet dengan puasa.

Makanan instan dan produk olahan cenderung mengandung bahan pengawet dan komposisi nutrisi yang tidak lengkap. Sehingga tidak akan memenuhi kebutuhan nutrisi anda setelah puasa. Anda sebenarnya bisa memilih cara memasak sederhana yang tidak membutuhkan banyak energy seperti mengukus dan merebus masakan.


  1. Kurangi gula

Tips diet dengan puasa selanjutnya adalah dengan mengurangi minuman atau makanan yang mengandung gula tinggi.

  1. Pilih karbohidrat kompleks

Untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama, anda bisa juga mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Beberapa makanan tersebut seperti oatmeal, nasi merah, dan roti gandum.

  1. Konsumsi suplemen diet

Jika perlu anda juga boleh mengkonsumsi suplemen diet untuk menambah stamina saat berpuasa. Namun anda harus memilih suplemen yang terbuat dari bahan bahan alami sehingga tidak memiliki efek samping untuk kesehatan tubuh.

Itulah sepuluh tips diet dengan puasa yang bisa anda ikuti saat menurunkan berat badan. Jika anda tidak kuat puasa terus menerus selama diet, anda bisa memilih puasa senin kamis atau cara puasa daud yaitu satu hari puasa dan satu hari tidak puasa yang dilakukan hingga beberapa minggu. Selamat mencoba.

, , ,




Oleh :
Kategori : Info Diet