6 Cara Kerja Diet Mayo yang Baik dan Benar Terbukti Efektif

diet mayoBeberapa tahun belakangan ini, diet mayo adalah salah satu diet yang lagi trend  di kalangan para pelaku diet. Betapa tidak?! Selama diet Mayo, Anda diperbolehkan mengkonsumsi menu makanan apa saja entah itu itu buah untuk diet atau jus untuk diet, asalkan menu-menunya sehat dan bergizi.

ads

Namun, tentu saja ada pantangannya. Peraturan ini tentu saja lebih ringan jika Anda harus repot-repot berpuasa atau berlapar-lapar selama berjam-jam hanya untuk program diet.

Seperti namanya, program diet mayo ini mengambil nama dari Mayo Clinic yang berada di USA. Menu makanan diet mayo yang diterapkan adalah menu makanan tanpa garam yang dicoba selama 2 minggu lamanya. Terbukti, beberapa orang yang telah melakukan jenis diet yang efektif ini secara teratur dapat berkurang badannya hingga mencapai 10 kilogram.

Sungguh pencapaian yang luar biasa, bukan? Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana sebenarnya cara diet Mayo atau cara kerja diet Mayo itu sebenarnya, sepertinya penjelasan di bawah ini mesti dipahami dan dilaksanakan dengan baik agar program diet Anda sukses sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Minum Air Putih yang Banyak

Hal paling penting yang perlu diingat dalam program diet Mayo adalah mengkonsumsi air putih yang banyak. Setidaknya Anda harus meminum minimal 8 gelas air putih setiap hari. Fungsi dari konsumsi air putih yang lumayan banyak ini adalah agar garam-garam dalam tubuh Anda dapat cepat keluar dengan sendirinya.

Jikalau Anda rutin meminum air putih minimal delapan gelas setiap hari selama dua minggu jadwal diet Mayo, maka dapat dipastikan program diet Anda sudah hampir sukses tinggal masalah menu makannya saja. Jangan khawatir dengan jumlah air yang berlebih tersebut, karena tubuh akan tetap mengeluarkannya bersama garam melalui feses atau urin.

  1. Dilarang Mengkonsumsi Makanan “bergaram”

Garam adalah ciri khas diet ini. Anda sangat dilarang mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung garam. Enaknya bila melakukan diet ini adalah Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan sehat apa saja namun tanpa garam. Anda pun tidak perlu berpuasa dan menahan lapar lama demi diet. Cukup dengan mengurangi konsumsi makanan berkarbohidrat serta yang mengandung garam, maka dijamin cara diet alami  Anda ini pun akan menjadi sukses.

Mengapa garam dilarang dalam diet Mayo? Alasannya sangatlah sederhana yakni sifat garam yang dapat menahan air dalam tubuh Anda sehingga tidak bisa keluar. Ketika Anda mengkonsumsi terlalu banyak garam bersamaan dengan air, maka akan ada banyak air yang tidak bisa keluar dari dalam tubuh. Hal itulah yang menyebabkan berat tubuh Anda menjadi semakin bertambah setiap harinya.

Oleh karena itu, jika selama dua minggu tersebut Anda benar-benar tidak mengkonsumsi garam, maka delapan gelas atau lebih air putih yang Anda minum tersebut akan membawa serta seluruh garam yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan air tersebut keluar. Berat badan Anda pun akan perlahan menyusut.


  1. Tidak Boleh Mengkonsumsi Air Es

Pantangan dalam diet Mayo lain yang tidak boleh dilakukan oleh pelaku diet Mayo adalah mengkonsumsi air es atau es. Sebuah portal kesehatan ternama dari Amerika Serikat bernama MayoClinic.org sudah membuktikan selama lebih dari lima belas tahun tentang keberhasilan cara ini.

Mereka melakukan uji program diet dalam berbagai bentuk studi dan penelitian untuk mendapatkan cara kerja diet Mayo yang benar dan tepat. Didapatkanlah bahwa penyebab utama menurunnya berat badan adalah menghindari air es dan es dalam segala bentuk entah itu sebagai es jus atau minuman dingin lainnya.

  1. Jangan Coba-coba Makan Garam

Makan tanpa garam memang tidak enak rasanya. Namun, bukan berarti selama diet Mayo, menu makan Anda menjadi tidak nikmat sama sekali. Anda dapat mencoba cara jitu untuk mengatasi “kekurangan rasa” tersebut dengan menambah rasa alami yang lebih sehat.

Misalnya saja penambah rasa dan serat dari buah-buahan. Hampir semua buah memiliki rasa yang khas sekaligus segar dan nikmat, misalnya saja tomat, apel dan buah-buahan. Seperti yang Anda ketahui bahwa buah-buahan banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan saat diet. Selain itu, mengkonsumsi jus sebagai salah satu cara diet detox buah paling ampuh dalam diet Mayo.

Sementara itu, bila Anda ingin mengkonsumsi sayur-sayuran maka bisa mencoba membuat sayur rebus tanpa garam, maka keberadaan garam tersebut dapat digantikan dengan tomat yang memiliki rasa asam. Anda juga dapat menambah rempah-rempah sehat ke dalamnya seperti cabe, bawang putih, jahe hingga kayu manis.

Selain sayur bening biasa, bagi Anda yang merupakan penggemar jus maka bisa mencoba membuat jus sayur untuk diet. Oleh karena seperti yang Anda tahu jus merupakan salah satu minuman sehat untuk diet Mayo yang bisa jadi dapat mengatasi rasa hambar tanpa garam yang Anda alami.


  1. Usahakan Makan di Rumah atau Bawa Bekal Sendiri

Nah, ini nih tahap paling berat dari diet. Konsisten dan tahan godaan. Banyak orang yang gagal diet karena tergoda oleh ajakan teman untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang menjadi pantangan dalam program dietnya. Begitu juga dengan diet Mayo. Usahakan agar Anda makan di rumah karena faktanya, makanan-makanan yang dijual di luar mengandung garam dan penyedap rasa lainnya yang tentu saja bukanlah makanan sehat untuk diet.

Atau kalau sangat terpaksa karena pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, maka usahakan untuk membawa bekal sendiri dari rumah. Terangkanlah kepada teman-teman kantor Anda bahwa Anda sedang diet, misalnya ketika mereka mengajak Anda makan di luar. Yakinlah, mereka akan mendukung keputusan Anda sepenuhnya.

  1. Olahraga rutin

Banyak orang yang melakukan program diet, namun malas berolahraga. Hal itu tentu saja kurang sehat bagi tubuh Anda. Usahakanlah tetap berolahraga secara teratur setiap harinya. Tidak usah olahraga yang berat-berat. Cukup dengan olahraga ringan misalnya berjalan kaki cepat selama tiga puluh menit setiap pagi, push-up atau berlari keliling kompleks.

Demikianlah keenam cara kerja diet Mayo yang benar. Bagi Anda yang benar-benar berniat melaksanakan program diet ini, maka ikutilah langkah-langkah tersebut diatas dengan tepat. Ingatlah untuk selalu konsisten terhadap visi misi awal Anda yakni menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan apabila Anda melanggar satu saja pantangan penting dan kesalahan dalam diet Mayo, yakni memakan makanan yang mengandung garam maka diet Anda harus diulangi lagi dari hari pertama.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan