4 Cara Melakukan Jumping Jacks untuk Membakar Lemak Tubuh

Cara Melakukan Jumping jacksJumping jacks merupakan salah satu jenis olahraga yang di sukai oleh para pelajar hingga para karyawan. Ini karena olahraga satu ini mudah sekali di lakukan baik itu di rumah ataupun di tempat umum.

ads

Meski Anda hanya melakukannya sebentar namun Anda tetap bisa mendapat manfaat yang banyak dari olahraga satu ini.

Bahkan jumping jacks bisa di bilang sebagai salah satu jenis olahraga yang cocok sekali untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang namun tetap ingin memiliki tubuh sehat.

Untuk cara melakukan jumping jacks sendiri bisa di bilang sangat mudah dan sangat cocok di gunakan bersama dengan musik. Adapun cara melakukan jumping jacks adalah:

1. Berdiri tegak seperti posisi siap saat baris

Langkah pertama untuk melakukan jumping jacks adalah dengan berdiri tegak seperti bersikap siap saat Anda sedang baris pada zaman dahulu. Posisikan kaki rapat lalu kedua tangan di samping badan dengan jatuh lurus. Gunakan cara sit up yang baik dan benar berikut ini sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari olahraga sit up yang Anda lakukan.

Saat mulai posisi tegak ini maka pandangan lurus ke depan dan tegakkan dagu Anda. Namun meski dalam posisi siap Anda tidak perlu merasa tegang dan usahakan Anda tetap rileks agar selama olahraga nantinya Anda tidak mudah lelah dan tidak pusing karena terlalu serius. Inilah manfaat senam perut yang bisa Anda dapatkan jika melakukannya secara rutin.

2. Buka lebar kaki dan angkat kedua tangan

Setelah badan pada posisi tegap maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka lebar kedua kaki Anda. Namun untuk permulaan ada baiknya lebar kaki sesuai dengan lebar bahu agar nantinya selangkangan Anda tidak akan sakit sebab baru pertama melakukan jumping jacks ini. Beberapa jenis-jenis sit up ini lah yang harus Anda pahami agar tidak salah gerakannya.

Namun jika Anda sudah yakin untuk melakukan jumping jacks secara maksimal maka Anda bisa membuka kaki Anda lebar-lebar atau lebih lebar dari ukuran bahu Anda. Setelah memposisikan kaki dengan benar maka selanjutnya angkat tangan Anda ke atas kepala.

3. Melakukan pemanasan terlebih dahulu

Sebelum melakukan olahraga yang berat Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan ini bertujuan untuk menghindari terjadinya kram otot selama olahraga berlangsung nantinya. Atau bisa di bilang juga pemanasan sendiri memang sangat penting di lakukan sebelum berolahraga. Meskipun sebentar ternyata manfaat plank 1 menit sangatlah bagus untuk tubuh Anda. 


Jika Anda melewatkan sesi pemanasan ini maka bukan saja hasil jumping jacks Anda tidak maksimal namun Anda juga bisa menderita cidera otot yang cukup parah seperti anggota tubuh terkilir hingga bagian anggota tubuh yang memar.

Untuk pemanasan sebelum jumping jacks Anda bisa melakukan pemanasan yang sederhana saja yang terpenting badan panas. Waspadai efek samping pilates yang sangat tidak baik untuk tubuh. 

4. Mulai melakukan jumping jacks

Setelah melakukan pemanasan dan Anda sudah merasakan panas di dalam tubuh maka selanjutnya Anda bisa memulai untuk melakukan jumping jacks. Seperti namanya olahraga jumping jacks adalah olahraga dengan gerakan melompat. Sehingga langkah awal melakukan olahraga ini adalah dengan berlompat ke atas dari posisi tubuh yang berdiri tegap.

Lompatan yang Anda lakukan tidaklah harus tinggi namun cukup dengan melompat biasa saja atau sekitar tujuh centi meter dari tanah. Saat melakukan lompatan usahakan badan dan kaki tidak menekuk dan tetap lurus sehingga Anda tetap dalam aturan jumping jacks yang benar. Inilah manfaat yoga untuk diet yang sangat menyehatkan bagi tubuh Anda. 

5. Angkat tangan sembari melompat dan lebarkan kaki

Anda pasti sudah pernah bertepuk tangan bukan? Nah, cara melakukan jumping jacks selanjutnya adalah melompat sembari bertepuk tangan namun hanya satu kali tepukan saja.

Dan tepuk tangan yang di lakukan saat olahraga jumping jacks ini tidak di lakukan di depan badan Anda namun di atas kepala Anda. Meski bisa di gunakan untuk menurunkan berat badan namun Anda tetap harus mewaspadai efek samping yoga ini. 

Lakukan lompatan dengan melebarkan kaki dan tepukan di atas kepala Anda. Setiap satu kali lompatan berarti satu kali tepukan dan satu kali kaki melebar. Lakukan hal ini secara berulang selama sepuluh hingga lima belas menit. Beberapa bahaya plank berikut ini haruslah Anda ketahui dan wajib Anda waspadai sebab bisa sangat berbahaya untuk tubuh Anda. 

6. Lakukan pendaratan dengan benar

Tidak hanya selama proses melakukan jumping jacks saja yang penting namun proses turun dari lompatan yang sedang Anda lakukan juga tidak kalah penting. Sebab jika posisi Anda salah saat mendarat maka Anda bisa terkena cidera yang serius seperti kram otot hingga salah satu bagian tubuh Anda yang terkilir.

Pendaratan yang benar saat melakukan jumping jacks adalah dengan merapatkan kedua kaki dengan posisi yang sejajar. Ketika sudah di posisi pendaratan kedua tangan Anda juga letakkan di samping badan Anda dan rileks kan. Ternyata ini lah manfaat plank untuk kesehatan tubuh Anda dan juga untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal.

  • Jumlah Kalori yang Terbakar Ketika Menggunakan Jumping Jacks

Berbeda olahraga maka berbeda pula jumlah kalori yang akan terbakar di dalam tubuh Anda. Karena tingkat kesulitan dan jumlah tenaga yang akan Anda keluarkan pun berbeda maka tingkat kalori yang hilang dari tubuh juga bisa berbeda antar satu olahraga dengan olahraga yang lainnya. Inilah manfaat pilates bagi wanita yang harus Anda ketahui.

Jika Anda memutuskan menggunakan olahraga jumping jacks untuk membakar kalori Anda maka sebaiknya Anda melakukan jumping jacks dengan minimal 100 kali setiap jumping jacks. Karena dengan 100 kali melakukan olahraga ini maka kalori di dalam tubuh bisa terbakar dengan cepat. Perbedaan pilates dengan yoga ini haruslah Anda ketahui.

Degan melakukan 100 kali jumping jacks maka kalori di dalam tubuh yang bisa terbakar adalah sebesar 2.6 per menit. Jadi Anda bayangkan saja jika setiap hari setidaknya Anda melakukan jumping jacks selama lima belas menit hingga setengah jam maka berapa kalori saja yang akan terbakar. Beberapa manfaat olahraga pilates yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Namun jika Anda tidak bisa melakukan seratus kali jumping jacks maka Anda bisa melakukan olahraga ini cukup 10 menit saja setiap hari. Meski hanya di lakukan sebentar namun nyatanya jumping jacks selama sepuluh menit bisa membakar hingga kurang lebih 100 kalori dalam tubuh. Ingin suami tambah sayang? Maka gunakan manfaat pilates kegel ini.

Nah itu tadi beberapa cara melakukan jumping jacks yang benar dan bisa dengan mudah Anda tirukan serta lakukan di rumah Anda sendiri. Jumping jacks juga sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan proses diet.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan