3 Cara Membuat Yoghurt Untuk Diet Sehat Dan Mudah

Sebagian besar orang kini sudah mulai meninggalkan Cara Diet Ketat yang cenderung memiliki efek samping untuk kesehatan. Berbagai macam Bahaya Diet Yang Salah juga mengintai anda jika melakukan diet ketat yang berlebihan. Karena itu kini beberapa Cara Diet Ampuh tanpa efek samping lebih dipilih kebanyakan orang termasuk masyarakat Indonesia untuk melangsingkan tubuh. Salah satu Cara Diet Alami yang banyak dilakukan adalah dengan bantuan mengkonsumsi makanan tertentu yang memiliki kemampuan untuk melangsingkan tubuh.

ads

Beberapa penelitian kini juga sudah membuktikan beberapa makanan enak dapat membantu diet anda seperti Khasiat Coklat Untuk Diet, khasiat susu untuk diet, dan khasiat Buah Untuk Diet. Karena itu kini banyak bermunculan cara diet enak, seperti Cara Diet Dengan Cokelat, Cara Diet Dengan Buah Buahan, dan Cara Diet Dengan Yoghurt. Untuk anda yang tertarik melakukan cara diet dengan yoghurt, kami akan memberikan resep atau  cara membaut yoghurt untuk diet yang sehat dan mudah tentunya.

Resep Membuat Yoghurt

Tidak semua yoghurt dapat dimanfaatkan untuk diet. Di super market juga belum banyak yang menjual yoghurt khusus untuk diet. Kalau ada pun biasanya harganya tergolong lebih mahal dibandingkan yoghurt biasa.

Oleh karena itu kami akan membarikan cara membuat yoghurt khusus untuk diet yang dapat anda buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana namun dapat membantu melangsingkan tubuh anda. Selain terbukti dapat melangsingkan tubuh, yoghurt buatan sendiri juga lebih terjamin kebersihannya. Berikut cara membuat yoghurt untuk diet:

Bahan-bahan:

  1. 1 liter susu murni rendah lemak (tanpa perasa dan usahakan beli langsung pada peternak susu sapi atau tidak menggunakan susu kemasan).
  2. 50 ml atau 2 sdm bibit yoghurt (anda bisa beli di toko perlengkapan membuat kue)

Cara buat:

  1. Panaskan susu murni dengan menggunakan api kecil agar susu tidak cepat mendidih. Karena jika mendidih maka akan meningkatkan resiko rusaknya protein yang terdapat di dalam susu tersebut. Untuk menjaga susu tidak mendidih anda juga diharuskan terus mengaduk susu dengan spatula kayu selama 30 menit.
  2. Setelah itu angkat susu dan dinginkan dengan cara dipindahkan ke wadah yang lebih besar. Tunggu susu sampai terasa hangat atau tidak panas.
  3. Jika dirasa sudah tidak terlalu panas atau hangat kuku maka anda bisa langsung memasukkan bibit yoghurt ke dalam susu.
  4. Setelah itu aduk hingga bibit yoghurt tercampur merata dengan susu. Anda juga harus memastikan spatula yang dipakai untuk mengaduk dalam keadaan steril atau benar-benar bersih. Jika tidak yakin, anda bisa menyiran spatula dengan air panas sebelum digunakan untuk mengaduk sebagai proses sterilisasi.
  5. Setelah tercampur rata, simpan susu dengan campuran bibit yoghurt tadi di wadah tertutup. Setelah itu gunakan serbet atau lap untuk melapisi bagian luar wadah agar tercipta kondisi gelap.
  6. Tunggu hingga 20-24 jam atau sampai bakteri fermentasi hidup. Tanda bakteri hidup adalah munculnya lapisan kekuningan dan sedikit kental diatas permukaan susu.
  7. Lalu aduk menggunakan alat yang steril seperti sebelumnya
  8. Jika sudah maka yoghurt siap dinikmati sebagai makanan diet anda.

Cara membuat yoghurt untuk diet juga dapat anda tambahkan beberapa potongan buah segar seperti mangga atau apel. Potongan buah segar itu dapat dicampurkan setelah yoghurt siap konsumsi atau sudah jadi. Khasiat Apel Untuk Diet juga tergolong banyak. Salah satunya adalah mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan saat diet.


Perbedaan Yoghurt Diet

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tidak semua yoghurt dapat dimanfaatkan untuk diet. Itu karena kandungan setiap yoghurt berbeda-beda. Jadi anda harus pintar-pintar memilih yoghurt yang baik untuk deit. Berikut beberpa perbedaan yoghurt yang perlu anda ketahui :

  1. Meski hampir semua yoghurt memiliki rasa yang asam, namun tidak semua yoghurt rendah lemak. Padahal bagi yang sedang melakukan diet harus menghindari mengkonsumsi lemak secara belebihan. Lemak pada yoghurt tergantung pada susu yang digunakan. Karena itu cara membaut yoghurt untuk diet harus menggunakan susu rendah lemak.
  2. Jika anda seseorang yang sedang melakukan diet dengan mengkonsumsi yoghurt, maka anda harus memperhatikan keterangan yang terdapat di kemasan yoghurt yang anda beli. Terutama keterangan rasa yoghurt. Jika tertulis ‘yoghurt strawberry’ maka kemungkinan besar yoghurt itu ditambahkan buah strawberry yang memang baik untuk diet. namun jika tertulis ‘yoghurt rasa strawberry maka ada baiknya anda menghindari membeli yoghurt itu karena kemungkinan yoghurt itu hanya ditambahkan perasa bukan buah segar.
  3. Walaupun anda melakukan diet dengan mengkonsumsi yoghurt anda juga tetap harus memperhatikan dosis yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi yoghurt setiap harinya. Dalam sehari anda cukup mengkonsumsi 200-400 ml yoghurt. Cara membuat yoghurt sendiri juga lebih dianjurkan dibandingkan yoghurt kemasan yang dibeli di supermarket.

Itulah tiga perbedaan yoghurt yang banyak dijual di pasaran dan yang baik untuk diet. Anda bisa mengikuti cara membuat yoghurt untuk diet diatas dan menyimpan sebagian hasil fermentasi yang berwarna kuning sebagai starter. Sehingga jika anda ingin membaut yoghurt lagi anda tidak perlu melakukan cara membaut yoghurt dari awal.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!