5 Cara Menurunkan Berat Badan Wanita Mudah dan Cepat

Berat badan menjadi masalah bagi hampir semua wanita di dunia. Demi mendapatkan penampilan yang baik, wanita menurunkan berat badannya agar menjadi lebih kurus. Selain mengganggu penampilan, berat badan yang berlebihan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

ads

Memilih cara diet cepat kurus bisa menjadi dilema sendiri bagi beberapa wanita. Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi cara menurunkan berat badan wanita yang mudah, murah, dan juga cepat adalah:

  1. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan akan mengalami proses ekstensif di dalam tubuh. Proses ini akan mengurangi jumlah serat dan nutrisi mikro. Selain itu, karbohidrat olahan juga bisa membuat peningkatan kadar gula darah, rasa lapar, dan juga berhubungan dengan peningkatan lemak perut serta berat badan.

Oleh karena itu, kurangilah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan makanan kemasan. Anda lebih baik mengkonsumsi makanan yang sehat untuk diet sebagai sumber karbohidrat, seperti gandum, beras merah, nasi, soba dan jelai.

2. Banyak Melakukan Resistance Training

Melakukan banyak resistance training menjadi cara menurunkan berat badan wanita yang dikenal ampuh. Training ini mampu membangun otot, membakar kalori, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga jenis ini sangat cocok sebagai olahraga untuk diet sehat bagi  wanita yang sudah berusia di atas 50 tahun.

Salah satu resistance training yang dapat anda coba adalah senam aerobik. Manfaat senam aerobik bagi wanita adalah bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar saat istirahat, menjaga kepadatan mineral tulang, dan melindungi anda dari osteoporosis.

3. Minum Lebih Banyak Air Putih

Cara diet dengan air putih merupakan cara menurunkan berat badan wanita yang ampuh dan tidak membutuhkan banyak usaha. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, meminum 500 ml air putih bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar 30% setelah 30-40 menit.

Penelitian lainnya juga membuktikan bahwa meminum lebih banyak air putih sebelum makan bisa menurunkan berat badan dan mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sekitar 13%.

4. Makan Lebih Banyak Protein

Cara menurunkan berat badan wanita berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Anda dapat mengkonsumsi daging, ayam, bebek, ikan, telur, susu dan kacang-kacangan. Protein merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat diet.

Penelitian menyebutkan bahwa makanan yang tinggi protein bisa membuat anda mengurangi nafsu makan, meningkatkan perasaan kenyang, dan menjadi cara mempercepat metabolisme tubuh yang tepat.


5. Atur Jadwal Tidur

Studi menunjukan bahwa tidur yang cukup sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Bahkan, tidur yang cukup sama pentingnya dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Tidur yang kurang berisiko meningkatkan berat badan anda.

Selain itu, hormon yang berperan dalam meningkatkan rasa lapar juga akan diproduksi lebih banyak. Penelitian lainnya menunjukan cara diet yang baik bagi wanita adalah tidur selama 7 jam setiap malamnya. Tidur yang cukup dengan kualitas tidur yang baik dapat menurunkan berat badan sebanyak 33%.

Ketika anda sudah memutuskan untuk menurunkan berat badan dan menjalani diet, pilihlah cara diet yang benar. Kekurangan gizi, stress fisik dan mental, serta gagal menurunkan berat badan merupakan bahaya diet yang salah.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan