10 Cara Diet Jeruk Nipis sebelum Tidur Ampuh Bakar Lemak

Diet Jeruk Nipis

ads

Jeruk nipis sudah terkenal ampuh dalam merontokkan lemak membandel, sering juga kita temukan dalam sabun cuci atau deterjen. Khasiat jeruk nipis dan vitamin C nya yang tinggi akan mengikat lemak dalam tubuh sehingga efektif untuk cara diet alami anda.

Tidak hanya bermanfaat dalam menurunkan berat badan, tapi juga berfungsi sebagai antioksidan, detoksifikasi tubuh, melancarkan pencernaan, hingga mencegah kanker.

Cobalah mengkonsumsi air jeruk nipis setiap malam, efektif dalam membakar lemak walaupun tidak beraktivitas. Mengkonsumsi air jeruk nipis setiap hari mungkin akan berefek samping seperti nyeri di perut, karena kandungan asam nya yang tinggi. Anda dapat menambahkan madu atau kayu manis untuk menambah rasa manis.

Cara diet jeruk nipis sebelum tidur perlu dilakukan secara rutin untuk mendapat hasil maksimal lebih cepat. Kandungan vitamin C nya mampu menyerap kalsium dalam lemak, juga menambah energi dan imun tubuh. Asam folatnya melancarkan metabolisme dan pencernaan, serta kandungan potasiumnya akan menurunkan kadar lemak, sehingga cocok sebagai program diet untuk obesitas. Agar anda dapat merasakan khasiat maksimal jeruk nipis untuk diet ampuh, harus mencoba cara – cara berikut :

      1. Konsumsi dengan Menggunakan Air Hangat

Membuat ramuan jeruk nipis untuk diet sebaiknya dicampur dengan air hangat. Manfaat air putih hangat untuk diet lebih ampuh membakar lemak dibanding air es. Minum campuran air jeruk nipis dengan air hangat selain menghangatkan tubuh, juga berperan penting dalam melancarkan metabolisme tubuh.

Sehingga saat pagi hari, pencernaan akan lancar dan tubuh lebih ringan. Anda juga dapat menambahkan sedikit garam dalam campuran air jeruk hangat ini untuk cita rasa lebih enak. Juga garam bersifat osmosis yang efektif dalam menurunkan berat badan.

      2. Tambahkan Madu untuk Mengurangi Rasa Asam

Jika anda tidak suka rasa asam dan memiliki riwayat penyakit maag, memang mengkonsumsi air jeruk nipis yang kaya akan asam sitrat nya mungkin akan berefek terutama bagi perut. Anda dapat menambahkan gula untuk mengurangi rasa asam, namun gula mengandung glukosa dan kalori tinggi sehingga tidak cocok untuk diet anda.

Anda dapat menggantinya dengan madu atau kayu manis yang juga berfungsi ampuh untuk diet dan memberi energi pada tubuh. Anda juga dapat menambahkan cabai yang ditumbuk kedalam campuran jeruk nipis dan madu yang juga efektif untuk diet anda.

Juga tambahkan daun mint untuk meningkatkan aroma jika diperlukan, dengan cara : Seduh air dengan perasan 4 buah jeruk nipis dan gula batu yang rendah kalori secukupnya. Tambahkan pula daun jeruk nipis yang sudah dicincang dan diamkan hingga dingin. Tambahkan 4 daun mint dan soda tawar secukupnya, masukkan es batu jika ingin lebih segar dan siap dinikmati.

      3. Tambahkan Jahe untuk Menghangatkan Tubuh

Saat malam hari terutama saat cuaca sedang dingin, mengkonsumsi minuman yang hangat – hangat memang sangat baik untuk tubuh. Tambahkan perasan jahe dalam air jeruk nipis hangat dan diminum sebelum tidur, sangat efektif untuk membakar kalori dalam tubuh serta mempercepat metabolisme. Cara diet dengan jeruk nipis ditambah jahe tidak hanya menghangatkan dan merilekskan tubuh, juga membantu memaksimalkan diet anda.


Cara membuatnya yaitu : Siapkan 2-3 buah jeruk nipis yang sudah diperas, dan 1 buah jahe yang ditumbuk halus. Seduh perasan jeruk nipis dan jahe kedalam air mendidih dan tambahkan 4 sdm madu dan kayu manis untuk menambah rasa manis. Saring ramuan tersebut dan siap untuk dinikmati.

      4. Tambahkan dalam Teh Hijau

Teh hijau terpercaya dalam menurunkan berat badan, meskipun terasa lebih pahit namun lebih banyak khasiatnya untuk tubuh. Seduh teh hijau dengan air mendidih, dan tambahkan perasan 2-3 buah jeruk nipis untuk menghilangkan rasa pahit. Tambahkan gula rendah kalori atau madu untuk menambah rasa manis. Sangat cocok dikonsumsi sebagai cara diet jeruk nipis sebelum tidur anda.

      5. Campurkan dengan Makanan

Tidak hanya sebagai minuman, air perasan jeruk nipis juga dapat anda tambahkan ke dalam menu makanan sehat untuk diet sehari – hari untuk menambah cita rasa.

Rasa asam pada jeruk nipis dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, namun juga rendah kalori. Sehingga anda dapat menikmati makanan kesukaan seperti soto, bakso, ikan, dan daging tanpa takut akan menambah kolesterol dan lemak.

      6. Konsumsi dengan Buah dan Sayur sebagai Jus

Anda juga dapat mengkonsumsi jeruk nipis sebagai jus untuk diet di malam hari dengan ditambah sayur dan buah segar lainnya untuk menambah nutrisi. Anda dapat mencampurkan dengan buah apel, pepaya, bayam, selada, wortel, atau ubi untuk menambah vitamin dan mineral.

Kandungan serat pada apel dan ubi akan membuat anda kenyang lebih lama, sehingga tidak kelaparan saat tengah malam. Sedangkan campuran sayur – sayuran untuk diet akan menambah vitamin A, K, dan mineral yang baik untuk detoksifikasi racun dan radikal bebas dalam tubuh serta meningkatkan imun. Konsumsi jus campuran jeruk nipis tiap malam sebelum tidur juga efektif sebagai pengganti makan malam anda.

Cara membuatnya juga mudah yaitu : Siapkan 2 wortel yang sudah dikupas dan dibersihkan. Tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis dengan gula rendah kalori atau madu ke dalam blender. Tambahkan pula sedikit susu kental manis dan air secukupnya. Blender bersama hingga menjadi halus dan siap dinikmati. Selain wortel, anda juga dapat menggunakan 1 buah pepaya atau apel sebagai campuran jus buah untuk diet sehat.

      7. Konsumsi sebagai Infused Water

Jika anda terlalu lelah dan malas untuk memeras air jeruk nipis atau membuat jus, anda dapat mencoba cara diet dengan infused water jeruk nipis yaitu dengan memotong buah jeruk nipis dan memasukkannya dalam air. Infused water jeruk nipis ini dapat disimpan lama dalam botol di pendingin sehingga dapat diminum kapan saja saat diinginkan.

Karena semakin larut buah tersebut dalam air, maka khasiatnya akan lebih terasa. Minum segelas dimalam hari sebelum tidur untuk khasiat jeruk nipis dalam diet anda. Anda dapat menambahkan beberapa buah lain seperti mentimun atau strawberry yang dipotong kecil – kecil dan dicampur dengan infused water jeruk nipis untuk rasa lebih segar dan kaya nutrisi.

      8. Konsumsi sebagai Asinan

Jeruk nipis juga dapat dikonsumsi sebagai asinan loh. Asinan enak dimakan sebagai salad dan makanan penutup saat makan malam. Salah satu asinan yang dapat anda coba seperti asinan rambutan, pepaya atau mentimun. Caranya membuatnya :

Pertama siapkan 8-10 buah rambutan sesuai kebutuhan. Kupas dan keluarkan bijinya. Ambil 4-5 buah cabai rawit yang dihaluskan, kemudian campurkan dengan jeruk nipis yang sudah diiris tipis – tipis. Tambahkan sedikit air dan aduk asinan secara merata. Asinan dapat disimpan dalam lemari pendingin untuk dikonsumsi lebih lama. Dapat juga menambahkan campuran jeruk nipis dan cabai dengan irisan mentimun atau potongan pepaya dan buah lainnya untuk salad buah untuk diet anda.


      9. Konsumsi dengan Susu

Susu memang kaya akan nutrisi dan kalsium yang baik untuk kesehatan, terutama diminum hangat – hangat sebelum tidur. Seduh susu rendah lemak dengan air hangat dan tambahkan perasan 2 buah jeruk nipis, kemudian aduk hingga merata dan susu asam manis Siap Dinikmati.

      10. Gunakan sebagai Obat Luar

Jeruk nipis tidak hanya ampuh untuk melunturkan lemak saat dikonsumsi, tapi juga bisa untuk obat luar. Campurkan perasan jeruk nipis dengan minyak kayu putih secukupnya dan oleskan diperut secara rutin saat akan hendak tidur.  Khasiat minyak kayu putih yang menghangatkan dan jeruk nipis, sangat efektif untuk mengecilkan perut anda. 

Cara diet jeruk nipis sebelum tidur perlu anda coba untuk membantu cara diet cepat anda. Karena khasiat jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat tidak hanya bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya langsung. Anda dapat membuat berbagai variasi resep makanan dan minuman dengan jeruk nipis agar lebih lezat dan mengurangi efek asam berlebih bagi perut anda.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Panduan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!