7 Menu Vegetarian Pemula di Jamin Enak dan Sehat

Dari beberapa cara menjalani hidup sehat, menjadi vegetarian masih menjadi pilihan utama sejak dulu. Vegetarian merupakan sebutan untuk orang yang hanya menkonsumsi makanan nabati tanpa mengkonsumsi makanan dan produk hewani. Menurut beberapa penelitian, pola hidup dengan pola makan seperti itu sangat baik karena mampu mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya seperti kanker, stroke, diabetes, obesitas, dan penyakit lainnya.

ads

Karena itu juga kini vegetarian menjadi salah satu pilihan Cara Diet Alami untuk melangsingkan tubuh tanpa efek samping. Pengertian Diet Vegetarian adalah metode diet untuk menguruskan badan dengan mengikuti pola makan termasuk jenis dan porsi makan orang vegetarian.  Cara Diet Vegetarian mirip dengan orang-orang vegetarian lainnya. Namun biasanya jumlah kalori setiap makanan harus dihitung terlebih dahulu agar sesuai dengan kebutuhan saat diet.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori saat diet dapat dilakukan dengan mudah. Setelah mengetahui kalori yang dibutuhkan, anda bisa memilih jenis dan Menu Makan Diet Vegetarian yang memiliki jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan kalori setiap harinya. Untuk anda yang baru ingin melakukan diet vegetarian atau menjadi vegetarian, kami akan memberikan beberapa jenis makanan atau menu vegetarian pemula yang juga dapat menjadi pilihan saat diet.

Menu Vegetarian Untuk Pemula

  1. Mengganti camilan manis dengan buah segar

Salah satu hal yang menjadi masalah kebanyak orang saat merubah pola makanannya adalah merubah kebiasaan mengkonsumsi camilan. Untuk itu kami memberikan alternative makanan camilan sehat yang dapat anda konsumsi saat mencoba menjadi vegetarian. Makanan sehat itu adalah buah-buahan. Buah meengandung banyak manfaat untuk tubuh dan memberikan rasa kenyang pada perut sehingga keinginan anda untuk mengkonsumsi camilan lain akan ikut berkurang.

Anda bisa membawa satu buah apel di dalam tas sebagai camilan saat rasa lapar tiba di luar jam makan. Selain apel buah lain yang mudah dibawa dan dapat langsung dikonsumsi lainnya seperti, pear, jeruk, dan pisang juga bisa menjadi pilihan tepat untuk mengganti camilan anda dengan makanan vegetarian. Selain sebagai makanan vegetarian Buah Untuk Diet juga memiliki banyak manfaat.

  1. Mengganti sumber protein dari daging merah dengan kacang-kacangan

Salah satu hal yang paling membedakan antara vegetarian dengan yang bukan vegetarian adalah tidak mengkonsumsi daging merah. Daging merah merupakan daging yang berasal dari hewan ternak besar seperti sapi dan kambing. Daging-daging itu biasanya dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.

Namun jika anda menjadi vegetarian anda harus membiasakan mengganti makanan tinggi protein itu dengan makanan tinggi protein lainnya seperti kacang kedelai dan kacang polong. Menu vegetarian pemula itu cukup mudah ditemui diberbagai supermarket atau pun pasar tradisional. Manfaat kacang kedelai bisa anda dapatkan dari makanan olahan berbahan dasar kedelai seperti tempe, tahu, dan kecap.


  1. Perbanyak konsumsi sayuran

Menu vegetarian pemula selanjutnya adalah sayuran. Anda bisa memulai membiasakan mengkonsumsi sayuran dengan memilih menu berbahan dasar sayuran saat makan diluar. Anda juga bisa mengurangi porsi nasi putih dan menggantinya dengan sayuran baik berbentuk lalapan ataupun sayur matang. Sayuran Untuk Diet juga sangat baik karena mengandung banyak serat dan vitamin yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Sedangkan saat di rumah anda juga bisa menyimpan atau menyetok sayuran segar di dalam kulkas. Anda dapat memilih sayuran organic yang lebih sehat dan memiliki waktu simpan lebih lama. Sayuran tersebut dapat menjadi Menu Dan Resep Masakan Vegetarian untuk diet yang enak dan mudah dibuat.

  1. Konsumsi umbi-umbian

Umbi-umbian seperti kentang, singkong, dan ubi cilembu merupakan Makanan Pengganti Nasi yang baik saat diet. Makanan itu juga bisa menjadi menu vegetarian pemula. Umbi-umbian cenderung mudah ditemui dan harganya relative murah. Cara memasak umbi-umbian juga sangat sederhana yaitu hanya direbus atau dikukus.

  1. Gandum

Pilihan menu vegetarian pemula selanjutnya adalah gandum. Anda bisa menikmati gandum yang sudah diolah menjadi roti ataupun kue lainnya. Khasiat Roti Gandum Untuk Diet juga sangat banyak salah satunya adalah tinggi serat dan mampu mengikat lemak di dalam tubuh.


  1. Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang kaya akan lemak baik untuk tubuh. Penggemar alpukat belakangan ini semakin meningkat. Walaupun bukan buah asli Indonesia, masyarakat Indonesia banyak sekali yang menggemari buah berdaging lembut ini. Biasanya alpukat dikonsumsi sebagai minuman segar dengan campuran es dan susu kental manis.

Namun hal itu justru dapat menurunkan khasiat alpukat untuk diet. Karenanya alpukat paling baik dikonsumsi langsung tanpa penambahan bahan makanan lain sepeti susu, coklat ataupun gula.

  1. Jamur sebagai pengganti daging

Selain kacang-kacangan, jamur juga baik dikonsumsi sebaagi menu vegetarian pemula. Jamur dapat diolah menjadi berbagai masakan seperti masakan berbahan dasar daging. Jamur juga memiliki kestur yang mirip dengan daging. Beberapa restoran vegetarian juga mengganti menu masakan daging dengan menu masakan jamur yang nikmat dan tetap sehat.

Itulah tujuh menu untuk menjadi vegetarian pemula. Anda bisa memilih satu atau dua dari menu diatas sebagai makanan utama setiap hari. Semua makanan itu juga cocok dijadikan makanan saat diet vegetarian.

, , ,
Oleh :
Kategori : Menu
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!