Kalian Wajib Tahu 6 Fungsi Massa Otot untuk Mendapat Tubuh Ideal

Pada sebagian orang, tak jarang bukanlah masalah obesitas yang menjadi acuan seseorang memutuskan untuk melakukan diet. Ya, meski factor utama seseorang memilih diet adalah untuk mengatasi berat badan, namun ada beberapa orang lainnya yang menjadikan diet untuk memperindah bagian dan lekukan tubuhnya. Mereka yang menjalani diet dengan tujuan kedua akan sering memerhatikan massa otot yang ada pada tubuhnya.

ads

Nah, jika masih sedikit merasa bingung dan belum mengerti bisa membaca terloebih dahulu mengenai pengertian massa otot. Di sana akan dijelaskan mengenai apa itu massa otot, barulah setelah itu Anda bisa meneruskan untuk lebih mengetahui apa itu fungsi massa otot.

Dalam ilmu fisika, massa bisa diartikan juga dengan berat yang dinyatakan dalam ukuran berupa kilogram (kg). nah, pada pembahasan kali ini pun bisa dikatakan sama dimana massa otot merupakan berat otot yang dinyatakan dengan ukuran dimana terbagi menjadi 3 ukuran secara umum, yaitu ukuran kecil, normal, ataupun besar. Lalu, dimana letak perbedaannya?

Perbedaan ukuran otot tersebut disebabkan oleh aaktivitas yang Anda lakukan sehari-hari, semakin banyak aktivitas yang dilakukan maka massa otot akan berbentuk besar. Begitupun dengan massa otot yang berukuran kecil berarti tandanya Anda sangat sedikit sekali dalam beraktivitas. Nah, jika seimbang, Anda bisa mempunyai massa otot yang ebrukuran normal.

Massa otot cenderung diartikan sebagai ketahanan otot, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai binaragawan, sudah barang tentu sangat memerhatikan massa otot yang Anda miliki. Hal yang perlu Anda ketahui ternyata ada beberapa fungsi massa otot yang sangat bagus bagi kesehatan Anda, loh. Berikut akan dipaparkan mengenai fungsi massa otot:

1. Mempengaruhi tingkat metabolisme tubuh

Jika sebelumnya yang Anda tahu hanya sebatas nutrisi yang dikonsumsi saja dalam massa otot, Anda juga wajib tahu jika massa otot yang Anda miliki pun dapat berpengaruh pada metabolism tubuh.

2. Menghasilkan energy pada tubuh

Mengapa demikian? Sebab energy dihasilkan dari proses pembakaran kalori pada tubuh yang dilakukan karena adanya tingkat metabolisme pada tubuh manusia.

3. Memberi tampilan fisik yang baik

Hal ini tak terelakkan lagi, hampir 90% baik pria maupun wanita mengidamkan tampilan fisik yang baik. Nah, massa otot berperan penting untuk hal tersebut.

4. Mencegah osteoporosis

Massa otot yang baik akan mencegah pengeroposan tulang dimana biasanya akan ditandai dengan kelemahan pada tulang dan bisa mengakibatkan Anda sangat rentan dengan yang namnya patah tulang, apalagi jika usia sudah cukup lanjut.


5. Mencegah Sarcopenia

Massa otot umumnya berfungsi untuk member kekuatan pada tubuh, sehingga bisa aktif bergerak. Sedangkan masalah sarcopenia itu sendiri identik dengan kehilangan kekuatan dan membuat Anda tidak bebas bergerak.

6. Mencegah Obesitas atau Kegemukan

Massa otot yang dipertahankan dengan baik juga dapat membantu mempertahankan tingkat metabolisme tubuh Anda (seperti yang telah dijelaskan pada point pertama), sehingga mencegah Anda dari kenaikan berat badan berlebih.

Demikianlah yang bisa disampaikan mengenai fungsi massa otot yang terangkum dalam 6 point di atas. Untuk mengenal lebih jauh mengenai massa otot, Anda juga bisa membaca beberapa artikel lainnya untuk menambah wawasan Anda mengenai massa otot. Misalnya, ciri massa otot meningkat, cara menambah massa otot dan mengurangi lemak, makanan penambah massa otot, dan fungsi karbohidrat untuk otot.

, , , ,