Inilah 7 Makanan yang Kalorinya Rendah dan Tetap Mengenyangkan

Kalori merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan saat diet ataupun tidak sedang diet. fungsi kalori di dalam tubuh salah satunya adalah memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan proses metabolisme. Bagi anda yang sedang menjalani diet, anda diharuskan untuk mengonsumsi makanan yang kalorinya rendah.

ads

Hal ini  ditujukan agar tubuh anda tidak terlalu banyak memproduksi lemak sehingga berat badan anda bisa turun. Apa saja makanan yang kalorinya rendah yang baik untuk anda konsumsi? Berikut ini 7 rekomendasi makanan yang kalorinya rendah.

  1. Oat

Makanan ini merupakan salah satu makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Oat memiliki kalori yang rendah, namun tinggi protein dan serat. Dua zat gizi inilah yang bisa membantu anda tetap kenyang dengan mengonsumsi Oat. Satu porsi oat (sekitar 40 gram) hanya mengandung 180 kalori, 5.5 gram protein, dan 3.8 gram serat.

2. Sup

Bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat makanan sehat, namun tetap ingin makan enak, maka sup bisa menjadi pilihan yang tepat. Sup sayuran terdiri dari berbagai macam sayuran sehat yang sudah pasti rendah kalori. Suatu penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi sup sebelum makan bisa menurunkan asupan kalori yang anda konsumsi pada saat makan siang sebanyak 20%.

3. Berry

Makanan rendah kalori dan karbohidrat yang juga banyak direkomendasikan adalah buah jenis berry-berryan. Anda bisa memilih mengonsumsi strawberry, raspberry, blueberry, atau buah berry lainnya. Buah-buahan ini mengandung kalori yang rendah, namun memiliki kandungan zat gizi lainnya yang cukup tinggi. Ada banyak kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan baik di dalam semua buah berry.

4. Telur

Mengonsumsi telur dapat menjadi cara mengatasi kekurangan kalori saat diet yang tidak akan membuat anda semakin gemuk. Satu buah telur ayam besar memiliki 72 kalori, 6 gram protein, dan berbagai vitamin serta mineral penting lainnya. Porsi kalori yang disediakan telur cukup untuk kebutuhan kalori anda pada pagi hari.

Keuntungan lainnya yang akan anda dapatkan dengan mengonsumsi telur di pagi hari adalah anda bisa menahan rasa lapar lebih lama dan meningkatkan rasa kenyang.

5. Ikan

Salah satu cara diet yang baik adalah dengan tetap mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang. Oleh karena itu, saat diet anda harus memasukan ikan ke dalam menu diet anda. Ikan yang kaya protein dan lemak baik akan membuat tubuh dan jantung anda lebih sehat. Ikan juga mengandung kalori yang rendah, yaitu hanya sekitar 70 kalori per 3 ons ikan.


6. Kentang

Ada berbagai bahaya kekurangan kalori saat diet. Namun, kelebihan kalori juga bukan hal yang baik. Kentang akan membantu anda untuk tetap menjaga jumlah kalori di dalam tubuh anda. Satu buah kentang berukuran medium mengandung 161 kalori dan 4 gram protein. Kentang juga mengandung beberapa jenis serat.

7. Semangka

Makanan yang kalorinya rendah yang juga harus anda pertimbangkan adalah semangka. Buah ini hanya mengandung 46 kalori dan mengandung banyak vitamin lainnya, seperti vitamin A dan C.

Jadi, sebelum anda memutuskan untuk mengonsumsi makanan saat diet, ada baiknya anda mempelajari cara menghitung kalori makanan untuk diet. Jika anda mengetahui jumlah kalori di dalam suatu makanan, maka anda tidak akan mengalami berbagai akibat kelebihan kalori karena salah mengonsumsi makanan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan