Suka Ngemil, Tapi Takut Gendut? Yuk, Kenali 9 Jajanan Untuk Diet Ini!

Ingin miliki bentuk tubuh ideal? Tentu saja bentuk tubuh ideal tak bisa didapatkan dengan mudah. Bagi yang memiliki bentuk tubuh yang kurus, banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan. Begitu pula bagi yang memiliki berat badan berlebih.

ads

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencapai berat badan ideal. Salah satunya adalah dengan diet. Diet menjadi pilihan utama banyak orang yang mendambakan berat badan ideal. Namun, diet acap kali tak berjalan mulus lantaran kebiasaan buruk yang sulit dihindari, salah satunya adalah ngemil.

Siapa sih yang tidak suka dengan kudapan manis atau jajanan asin yang sebenarnya dapat mengganggu berlangsungnya diet. Padahal, bisa jadi jajanan yang dipilih termasuk pantangan makanan dan minuman saat diet. Meski tahu bahwa jajan sembarangan dapat merusak diet, nyatanya masih banyak yang tak mampu menahan godaan berbagai kudapan nikmat tinggi kalori.

Banyak yang masih saja hobi ngemil di malam hari, terutama kaum hawa yang acap kali kesulitan dalam mengontrol diri, apalagi pada makanan manis yang menggiurkan. Nah, tak perlu khawatir, sebenarnya banyak sekali jajanan yang bisa dikonsumsi kala diet loh! Jajanan apa saja sih itu? Yuk, simak berbagai jajanan untuk diet berikut!

1. Dark Chocolate

Siapa bilang diet ngak boleh makan coklat? Bagi pecinta coklat, dark chocolate tetap bisa dikonsumsi meskipun sedang menjalani prosedur diet. Mengapa bisa begitu? Meskipun memiliki kandungan lemak yang tinggi sama seperti coklat pada umumnya, namun dark chocolate memiliki banyak keistimewaan.

Salah satunya adalah kandungan stearic acid dalam mentega coklat murninya yang mampu memperlambat proses pencernaan. Perlambatan ini membuat tubuh butuh banyak energi, sehingga kalori berlebih pun dapat terbuang. Proses pencernaan yang lama juga membuat tubuh menjadi tidak mudah lapar.

Membuat kenyang lebih lama, dark chocolate juga mampu mengurangi hasrat makan makanan yang manis, asin, dan berlemak. Sehingga sangat cocok bagi pelaku diet. Konsumsi dark chocolate dalam jangka panjang juga dapat mengurangi kolesterol jahat loh. Wah, banyak sekali ya ternyata khasiat coklat untuk diet!

2. Kacang Almond

Jajanan untuk diet berikutnya adalah kacang almond. Punya tekstur crunchy dan rasa yang gurih, tak heran jika kacang menjadi camilan favorit banyak orang, terutama kacang almond. Meski tergolong mahal dan susah didapat, nyatanya kacang almond banyak diminati loh.

Hal ini tentu tak lepas dari kenikmatan dan juga berbagai manfaat yang dimilikinya. Bagi pelaku diet, kacang almond bisa menjadi pilihan jajanan untuk diet yang sangat recomended. Sama seperti dark chocolate, kacang almond juga memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Namun, di balik kandungan lemaknya yang tinggi, kacang ini juga mengandung zat yang mampu membatasi penyerapan lemak oleh tubuh. Sehingga, lemak yang tidak terserap akan dibuang bersama kotoran. Sehingga tak perlu khawatir lemak menumpuk karena konsumsi kacang almond.

Berkat khasiat kacang almond untuk diet tersebut, kacang almond biasanya digunakan sebagai taburan menu sarapan dengan oatmeal. Jika almond sulit didapatkan, kacang mede juga bisa menjadi alternatif camilan. 


3. Popcorn

Suka nonton film di malam hari? Nonton film rasanya kurang lengkap tanda mengudap popcorn. Tapi, banyak sekali yang khawatir akan gendut karena makan popcorn saat nonton film apalagi di malam hari. Padahal, popcorn tidak akan membuat gendut selama popcorn yang dikonsumsi adalah popcorn murni tanpa tambahan mentega atau saus manis yang lain.

Popcorn murni memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga cocok bagi pelaku diet yang suka ngemil saat nonton film. Tak perlu khawatir, dalam satu mangkuk popcorn hanya sekitar 30 kalori yang terserap oleh tubuh. Angka yang cukup rendah jika dibandingkan dengan camilan-camilan lainnya.

4. Oatmeal

Jajanan untuk diet yang satu ini adalah yang paling favorit di kalangan pelaku diet, Yup, oatmeal! Oatmeal biasanya dihidangkan untuk sarapan, namun kini oatmeal juga tersedia untuk camilan. Terbuat dari oat, jajanan ini mengandung serat yang tinggi, sehingga sangat baik bagi pencernaan dan membuat kenyang lebih lama.

Punya kandungan kalori yang tidak terlalu tinggi, cara membuat oatmeal dengan buah juga bisa menjadi pilihan loh. Plain oatmeal memiliki kandungan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan oatmeal yang memiliki rasa tertentu. Selain buah, bubuk kayu manis juga dapat meningkatkan cita rasa oatmeal.

5. Energy Bar

Pernah mengonsumsi energy bar? Saat ini sudah banyak produk energy bar yang beredar di pasaran. Jajanan untuk diet ini sangat cocok menjadi alternatif  snack manis kemasan dengan kadar kalori tinggi yang tentu mampu merusak prosedur diet. Mayoritas energy bar yang dijual di pasaran hanya mengandung kalori 90-130 kalori saja tiap kemasan.

Kandungan kalori yang rendah ini karena energy bar dibuat dari bahan-bahan pilihan, seperti oat dan buah kering. Jajanan ini tak hanya nikmat dimakan sebagai camilan, tapi juga bisa dikonsumsi ketika melewatkan sarapan karena kandungan seratnya yang tinggi, sehingga cocok untuk mengganjal perut agar tidak kelaparan. Dijual dalam kemasan praktis, jajanan ini mudah untuk dibawa maupun dikonsumsi dimanapun dan kapanpun.

6. Yoghurt

Suka dengan yoghurt? Yoghurt kini menjadi olahan susu paling diminati selain keju. Dalam menjalani prosedur diet, yoghurt juga boleh dikonsumsi loh. Eits, tapi pastikan untuk mengonsumsi plain yoghurt saja. Plain yoghurt biasanya mengandung kurang dari 120 kalori per cupnya. Selain rendah kalori, manfaat yoghurt yang lain adalah untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan.

Tak susah dicari, plain yoghurt banyak tersedia di minimarket terdekat. Harganya pun tergolong terjangkau. Punya rasa yang tawar, plain yoghurt cocok juga loh dipadukan dengan buah-buahan kering atau bubuk kayu manis, karena khasiat kayu manis untuk diet juga beragam. Tapi, jangan coba-coba untuk menambahkannya dengan sirup manis ya!

7. Gelato

Berbahagialah para pecinta es krim, karena salah satu jajanan untuk diet yang recomended adalah es krim gelato. Berbeda dengan es krim pada umumnya yang punya kandungan lemak tinggi, gelato hanya memiliki separuhnya saja. Hal ini dikarenakan gelato tidak ditambahkan krim di dalamnya.

Buah-buahan yang terdapat di dalamnya semakin menambah cita rasa dan kandungan vitamin yang beragam. Sehingga membuat gelato menjadi jajanan sehat yang cocok untuk para pelaku diet.

8. Buah-buahan Kering

Buah-buahan kering juga menjadi jajanan untuk diet yang paling direkomendasikan loh. Buah-buahan kering memiliki kadar air dan gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan buah segar. Kandungan gula yang lebih rendah inilah yang mampu mengurangi risiko kegemukan karena gula alami yang berasal dari buah.

Walau kehilangan air dan gula, buah kering masih punya segudang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah-buahan kering mengandung vitamin dan serat yang sangat berguna pada proses pencernaan.

Kandungan serat tinggi pada buah-buahan kering mampu menunda lapar, sehingga cocok bagi para pelaku diet yang mulai mengurangi porsi makan besar. Selain sebagai camilan, buah-buahan kering juga bisa dihidangkan bersama oatmeal atau sereal untuk teman sarapan. Bagi pecinta yoghurt, buah-buahan kering nikmat juga loh sebagai topping.

9. Nori

Jajanan untuk diet paling recomended berikutnya adalah nori. Nori kerap digunakan sebagai pembungkus sushi atau bahan pembuat sup. Namun, nori alias rumput laut juga bisa menjadi camilan praktis yang mudah dibawa kemana saja.

Tersedia dalam bentuk lembar segi empat, jajanan ini bisa ditemukan di minimarket terdekat. Tak perlu khawatir gemuk, nori mengandung alginate yang merupakan serat penghambat lemak. Serat ini berfungsi mencegah enzim yang bertugas untuk memecah lemak.

Sehingga, lemak yang tidak dicerna akan lewat begitu saja dan dikeluarkan bersama kotoran. Tentu ini membuat hanya sedikit saja lemak yang disimpan oleh tubuh sebagai cadangan energi. Tak hanya kaya menghambat pemecahan lemak, khasiat rumput laut untuk diet juga banyak loh! Misalnya saja untuk mengontrol nafsu makan dan menghindari sembelit.


Nah, itu tadi adalah berbagai jajanan untuk diet yang cocok untuk mengatasi kebiasaan ngemil. Melalui berbagai jajanan di atas, tak hanya dapat menuruti hasrat untuk ngemil, namun banyak juga manfaat yang didapatkan bagi tubuh Bahkan berbagai jajanan sehat mampu menunjang jalannya prosedur diet agar bentuk tubuh ideal dapat segera terwujud.

Namun, jangan lupa untuk membatasi konsumsi jajanan ya! Karena konsumsi jajanan apapun jika berlebihan tetap tidak baik bagi tubuh. Pastikan untuk mengatur porsi jajanan dan jangan malas untuk menghitung kebutuhan kalori yang masuk ke tubuh agar diet tetap terkontrol.

Selain berbagai jajanan di atas, jus buah dan sayur juga sangat baik untuk diet. Kandungan serat pada buah dan sayur mampu melancarkan pencernaan dan membuat kenyang lebih lama. Ada baiknya untuk mengonsumsi jus sebelum makan agar serat mampu berfungsi secara maksimal.

Selain konsumsi makanan dan minuman sehat, jangan lupa untuk terus mengatur pola makan diet. Makan yang tidak teratur juga mampu membuat berat badan menjadi tidak stabil loh! Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak melewatkan makan, karena itu justru mengganggu ritme pencernaan dalam tubuh dan merusak diet.

Selain itu, pastikan untuk melakukan olahraga yang bisa menguruskan badan. Tak perlu olahraga yang berat dan membutuhkan banyak waktu, jogging di pagi atau sore hari selama 15 menit sudah cukup kok, asal dilakukan secara teratur. Bagi yang sulit meluangkan waktu karena padatnya jadwal, push up atau sit up sebanyak 30 kali bisa juga menjadi alternatif olahraga yang bisa dilakukan dimana saja ketika ada waktu luang.

Sekian informasi mengenai jajanan untuk diet dan sedikit tips diet sehat yang bisa disampaikan. Semoga berhasil dalam menjalani diet!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan