Gak Makan Nasi Bikin Kurus. Benarkah ? Temukan Faktanya Di Sini!

Apakah benar gak makan nasi bikin kurus ? ternyata jawabannya kurang tepat. Penyebab Obesitas atau kegemukan bukan hanya karena mengkonsumsi nasi. Jadi tidak tepat jika ditarik kesimpulan bahwa orang yang tidak makan nasi akan atau pasti kurus. Masih belum percaya ? mari baca artikel ini sampai habis. Karena kami akan memberikan fakta mengenai nasi dan hubungannya dengan diet hingga tuntas.

ads

Nasi Menyebabkan Kegemukan

Menurut sebagian orang nasi merupakan penyebab utama kegemukan. Karena itu pelaku diet biasanya mengurangi konsumsi nasi untuk menurunkan berat badan. Beberapa orang menghindari nasi dengan cara mengurangi porsi nasi saat makan ataupun mengganti makanannya dengan Makanan Penganti Nasi. Bahkan beberapa orang lainnya melakukan Cara Diet Tanpa Makan Nasi Putih sama sekali untuk menguruskan badan.

Nasi putih memang menjadi salah satu makanan yang paling sering dipantang saat melakukan diet karena mengandung tinggi karbohidrat. Karena itu banyak orang mengira gak makan nasi bikin kurus badan. Padahal hal itu kurang tepat. Karena masalahnya bukan terdapat pada kandungan karbohidratnya melainkan kandungan indeks glikemik (Glycemic index atau GI) pada nasi putih.

Kandungan GI pada nasi putih mencapai angka 72. Itu termasuk dalam aktegori tinggi. Karena batas maksimal nilai GI adalah 70 dan nilai GI dikatakan rendah jika berada pada angka dibawah 60. Indeks glikemik merupakan satuan untuk ukuran kecepatan makanan diserap dan dibuah menjadi gula darah. Semakin tinggi nilai GI maka semakin cepat kenaikan gula darah setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Sementara itu gula darah yang naik dengan tiba-tiba akan membuat tubuh terasa lemas dan ngantuk.

Akibatnya seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan GI tinggi akan lebih cepat ingin beristirahat atau tidur setelah makan. Tidur setelah makan merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit obesitas atau kegemukan. Hal itu terjadi karena kalori yang masuk kedalam tubuh setelah makan tidak langsung dibakar menjadi energi untuk beraktivitas. Akibatnya kalori menumpuk di dalam tubuh dan lama kelamaan menjadi lemak dan menyebabkan kegemukan.

Namun tidak berarti gak makan nasi bikin kurus. Selain karena bukan sebagai faktor utama obesitas. Nasi juga sebenarnya aman dikonsumsi jika dalam porsi yang wajar. Porisi yang dianjurkan untuk mengkonsumsi nasi saat melakuakn Cara Diet Yang Baik adalah setengah cup nasi atau 4 hingga 5 sendok makan.

Terkadang juga bukan nasinya yang membuat anda gemuk namun makanan pendamping nasi atau lauknya yang menyebabkan bobot tubuh anda cepat bertambah. Karena itu anda harus pintar memilih menu lauk sebagai pendamping nasi seperti Menu Makanan Diet Tanpa Minyak.

Minyak pada makanan yang digoreng biasanya memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi. Kolesterol ini tidak hanya dapat menyebabkan penyakit obesitas namun juga penyakit lainnya seperti diabetes dan masalah jantung. Karena itu Bahaya Gorengan Untuk Diet harus anda hindari.


Bahaya Diet Tanpa Nasi

Efek Samping Diet Tidak Makan Nasi juga cukup banyak. Karena itu kesimpulan atau ungkapan gak makan nasi bikin kurus itu tidak sepenuhnya benar. Karena dengan tidak mengkonsumsi nasi maka kemungkinan besar tubuh akan kekurangan karbohidrat. Padahal karbohidrat memiliki fungsi yang sangat penting untuk tubuh. Karbohidrat merupakan zat penghasil energi utama untuk tubuh.

Energi yang dihasilkan akan digunakan untuk menjalankan proses metabolisme tubuh, begerak, hingga bernafas. Jika karbohidrat tidak tersedia dengan cukup maka tubuh akan mencari zat lain untuk diubah menjadi energi. Seperti yang dilakukan saat melakukan Cara Diet Ketogenik. Namun hal itu biasanya akan menimbulkan masalah kesehatan yang baru.


Gak makan nasi bikin kurus juga tidak dapat terjadi pada semua orang.  Karena konsumsi nasi dengan porsi dan waktu yang tepat justru akan membuat tubuh anda sehat. Tubuh yang sehat dengan sendirinya akan membantu membuat berat badan menjadi ideal. Anda juga dapat memilih nasi merah yang mengandung GI rendah yaitu 55. Cara Memasak Nasi Merah Untuk Diet juga tergolong mudah dan aman dikonsumsi.

Selain memiliki nilai GI yang rendah nasi merah juga memiliki kandungan karbohidrat rendah. Dengan begitu anda tetap dapat mengkonsumsi nasi untuk menguruskan badan. Tubuh yang kurus memang menjadi dambaan hampir semua wanita dan bahkan pria. Namun Cara Diet Ketat dengan menghilangkan sumber salah satu nutrisi penting untuk tubuh seperti karbohidrat justru dapat membahayakan tubuh anda.

Karena itu beberapa pakar kesehatan juga tidak setuju dengan kesimpulan gak makan nasi bikin kurus. Pasalnya nasi mengandung banyak manfaat untuk tubuh dan menjadi makanan pokok hampir semua negara di Asia. Beberapa negara di Eropa juga sesekali memilih menu nasi untuk makanannya. Buktinya dengan mengkonsumsi nasi, banyak masyarakat Asia termasuk Indonesia memiliki tubuh yang langsing dan berat badan ideal. Namun memang tetap dengan porsi dan waktu makan yang tepat.

, ,




Oleh :
Kategori : Info Diet