5 Khasiat Lidah Buaya untuk Diet Pembersih Lemak

aloe veraLidah buaya merupakan tanaman ajaib yang sering digunakan untuk obat dan perawatan kecantikan pada wajah dan tubuh, namun ternyata khasiat dalam lidah buaya juga berperan aktif dalam menurunkan berat badan. Cara diet yang lagi trend dan mudah dalam mengonsumsi lidah buaya adalah dengan menjadikannya jus lidah buaya. Beberapa khasiat lidah buaya untuk diet pembersih lemak ampuh yang perlu ladies ketahui, diantaranya:

ads
  1. Sebagai antioksidan alami

Untuk perawatan kulit, lidah buaya sering digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dan bakteri penyebab jerawat. Jika dikonsumsi sebagai makanan sehat untuk diet, kandungan enzim aloin dalam lidah buaya berfungsi sebagai detoksifikasi yang akan membantu membuang racun akibat radikal bebas dari dalam tubuh. Polisakarida dan antioksidannya yang tinggi akan mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan berat badan.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Lidah buaya sering digunakan sebagai bahan utama obat – obatan khususnya untuk obat melancarkan BAB dan membersihkan saluran pencernaan. Konsumsi lidah buaya tiap hari maka penyakit sembelit dan susah BAB akan berangsur – angsur membaik. Lidah buaya akan melancarkan kembali fungsi usus besar dan membersihkan racun dan lemak dari dalam tubuh.

Sangat cocok untuk melancarkan cara diet alami yang ladies lakukan karena lidah buaya mengandung protein dan kolagen yang tinggi sehingga memerlukan energi besar untuk mencernanya. Pengeluaran energi tersebut dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Khasiat lidah buaya untuk diet pembersih lemak ampuh sangat baik dilakukan khususnya bagi ladies yang melakukan program diet untuk obesitas.

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Selain melancarkan sistem pencernaan, kandungan vitamin C dalam lidah buaya juga akan meningkatkan metabolisme tubuh, mengurangi masalah pada usus, dan menstabilkan indeks massa tubuh. Pembakaran kalori dan lemak akan terjadi lebih cepat dan menurunkan berat badan menjadi lebih mudah.

  1. Kenyang lebih lama

Kadar glukosa dalam darah dari makanan yang ladies konsumsi, dapat diturunkan dengan mengonsumsi lidah buaya dan kandungan karbohidrat dari makanan akan diserap secara perlahan sehingga perut akan kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Sehingga cocok untuk cara diet untuk penderita diabetes karena membantu kerja insulin untuk menyerap glukosa dalam tubuh.

  1. Memberi tambahan energi

Lidah buaya memiliki kandungan protein dan vitamin B yang tinggi berfungsi untuk memperbaiki kerusakan pada jaringan – jaringan tubuh dan memberi tambahan energi untuk beraktivitas sepanjang hari, sehingga sangat cocok untuk cara diet cepat yang ladies lakukan.

Lidah buaya merupakan daun yang memiliki banyak kandungan gelnya dan kurang enak dimakan secara langsung. Bau dari daunnya pun menyengat sehingga banyak yang kurang menyukainya. Untuk itu, cara mengonsumsi lidah buaya yang enak dan mudah adalah dengan menghaluskannya menjadi jus. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu :


  • Potong beberapa daun lidah buaya, yang kemudian iris kulitnya.
  • Ambil gel yang ada didalam daun
  • Blender hingga halus dan saring jusnya
  • Untuk rasa yang lebih enak, ladies dapat mencampurkan jus lidah buaya dengan perasan jeruk nipis atau madu untuk memberi rasa manis pada jus.
  • Ladies dapat juga menambahkan buah untuk diet secukupnya seperti nanas, strawberry, lemon atau mentimun dengan jus lidah buaya untuk variasi rasa lebih lezat.

Saat ini ladies dapat menemukan olahan lidah buaya yang dapat dikonsumsi dengan lezat seperti smoothie lidah buaya, es krim lidah buaya, dll. Walau cara diet dengan lidah buaya masih kurang diminati karena rasanya, segala nutrisi yang dibutuhkan untuk diet dapat dengan mudah ladies temukan dalam lidah buaya ini. Cukup konsumsi jus lidah buaya setiap hari sebanyak 60 – 180 gram yaitu 15 menit sebelum makan dan lakukan selama 1-2 minggu untuk hasil lebih maksimal.

Namun untuk mengonsumsi lidah buaya ini, ladies perlu memperhatikan efek samping yang mungkin dapat ledies rasakan, seperti : menimbulkan kram dan diare pada perut karena khasiat lidah buaya sebagai pencahar alami yang sangat ampuh, menurunkan tekanan darah yang dapat membuat tubuh cepat lelah, dan untuk beberapa orang lidah buaya dapat menimbulkan reaksi alergi dan gatal – gatal.

Sehingga untuk mengonsumsi khasiat lidah buaya untuk diet pembersih lemak ampuh, ladies perlu memperhatikan pola konsumsi teratur atau berkonsultasi dengan dokter untuk cara diet yang benar. Imbangi juga dengan asupan diet rendah lemak dan olahraga rutin 3 – 5 hari dalam seminggu.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Sudah benar diet anda selama ini ? Info apa itu diet sehat dari DR. Dr. Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK wajib anda ketahui. Agar diet anda sukses!